Sabtu, 03 Mei 2014

Satu gigi palsu dipakai berdua?

Baru saja aku menutup warungku. 2 pasien terakhir masuk bersama-sama. Keduanya bermaksud membuat gigi palsu. Bagiku hal ini membuat kerjaku lebih efisien. Aku cukup menjelaskan satu kali untuk dua orang, karena kasusnya sama. Ada yang menarik pada kedua pasien ini, lebih tepat disebut 'menggelikan ' sebetulnya.


Seperti biasa, aku mencetak rahang pasien pertama untuk mendapat bentuk negatif rahangnya. Cetakan itu bila dicor dengan gips akan menghasilkan duplikat rahang, sehingga pembuatan gigi palsu dapat dilakukan dengan tepat sesuai dengan bentuk dan ruang yang ada. Ini adalah prosedur normal pembuatan gigi palsu. Setelah selesai, aku melakukan hal yang sama pada pasien kedua. Saat itulah percakapan berikut terjadi :

P : "Kok dicetak juga, Dok? Memangnya tiap orang rahangnya beda-beda?"
A : "Ya, berbeda-beda. Bukan hanya rahangnya beda, gigi yang hilang kan juga beda tempat dan jumlahnya."
P : "O, gitu ya."
A : "Kalau semua sama, pasti di supermarket dijual gigi palsu. Yang memerlukannya bisa beli dan langsung pakai setelah bayar di kasir."

Bagiku hal ini menggelikan. Tapi, setelah dipikir-pikir, mungkin soal gigi palsu yang bisa dipakai secara fleksibel oleh siapa saja, merupakan hal yang biasa bagi masyarakat. Karena itu lalu muncul lawakan tentang seorang nenek yang menunggui suaminya makan bukan karena dia begitu mencintai suaminya, tapi karena gigi palsunya sedang dipakai suaminya. Sang nenek mendapat kesempatan kedua untuk makan setelah suaminya.

Bahkan untuk orang yang tidak bergigi sama sekalipun seperti kakek dan nenek di atas, sebetulnya bentuk rahangnya tidak ada yang sama. Bentuk lengkung rahang tiap orang sudah berbeda, kemudian ketinggian sisa tulang dibawah gusi juga berbeda. Jadi tidak ada 1 gigi palsupun yang bisa digunakan bersama-sama oleh 2 orang.

1 komentar:

  1. hahahahaha >_<*guling-guling sakit perut* kalo mang bisa gigi palsu buat bersama, enak dunk, bisa sekalian irit biaya ke drg.

    BalasHapus

Bersabarlah. Pertanyaanmu tidak akan muncul sekarang. Tidak perlu mengetik ulang pertanyaanmu. Kalau saya tidak sibuk, dalam beberapa jam pertanyaanmu berikut jawabannya akan muncul. Kalau saya sibuk atau cuti, mungkin perlu waktu sekitar 7 hingga 10 hari. Silakan beri tanda centang di kotak di depan "Beri tahu saya". Kalau IDmu jelas, akan ada email notifikasi saat komentarmu dan jawaban saya muncul.