Sabtu, 03 Mei 2014

Bila terpaksa harus menggunakan gigi palsu

Ditulis oleh Melinda
Jarang sekali orang yang berkeinginan menggunakan gigi palsu. Tetapi bila gigi asli terpaksa dicabut, baik karena sudah berlubang besar atau sudah membusuk, gigi palsu harus diterima sebagai bagian dari mulut. Hal ini untuk menghindari resiko yang akan terjadi mengikuti hilangnya gigi, seperti penampilan yang tidak menarik, bergesernya gigi-gigi lain mengisi ruangan bekas pencabutan, perubahan fungsi kunyah, fungsi bicara, dan lain-lain. Di bawah ini tulisan seputar apa, mengapa dan bagaimana gigi palsu.

Gigi palsu biasanya terdiri atas beberapa gigi yang melekat pada pelat terbuat dari akrilik berwarna merah muda seperti gusi dan kawat atau rangka logam. Kawat atau rangka logam ini berguna untuk melekatkan gigi palsu pada gigi asli yang masih ada. Gigi palsu yang baik aan menggantikan semua fungsi gigi asli yang digantikannya, mulai dari segi estetika hingga segi pengunyahan. Karena itu gigi palsu yang baik akan terlihat dan beraa di possi yang baik seperti gigi aslinya. Tidak bergeser saat diguakn dan tidak mudah lepas.

Perkembangan teknologi saat ini juga mampu menghasilkan gigi palsu yang dibuat tanpa rangka logam atau kawat, sehingga perlekatannya hanya pada gusi saja. Tentu saja hal ini membuat gigi palsu makin baik secara estetik dan tentu saja harganya lebih mahal daripada yang menggunakan kawat.

Pada beberapa minggu pertama penggunaan, gigi palsu akan terasa mengganggu di dalam mulut. Rongga mulut sedikit demi sedikit akan terbiasa. Demikian juga halnya dalam hal memasang dan melepaskan gigi palsu yang memerlukan latihan yang menjadikannya terbiasa. Gigi palsu yang baik dapat dipasang dengan cara yang relatif mudah. Yang harus diingat, pemasangan tidak boleh dilakukan dengan cara paksa, misalnya dengan cara menggigitkannya ke rahang antagonisnya. Hal ini akan membuat kawat bengkok atau patah.

Tidak selalu langsung enak dipakai

Untuk pertama kali, biasanya dokter gigi akan menganjurkan penggunaan gigi palsu sepanjang waktu. Memang hal ini membuat ketidaknyamanan untuk sementara, tapi ini adalah cara paling mudah untuk mengetahui daerah gigi palsu yang memerlukan penyesuaian. Bila gigi palsu terlalu banyak menekan pada satu tempat, daerah tersebut akan terasa sakit. Dokter gigi akan melakukan penyesuaian sampai gigi palsu nyaman digunakan. Bila sudah enak dipakai, gigi palsu tidak boleh dipakai sepanjang waktu, tapi harus dilepas pada malam hari

Pemulihan fungsi kunyah

Gigi palsu yang baik akan membuat pengalaman makan menjadi lebih menyenangkan daripada tanpa gigi. Sebagai langkah awal, cobalah makan makanan yang lunak yang sudah dipotong kecil. Kunyah dengan menggunakan kedua sisi mulut agar gigitan seimbang. Hindari makanan yang sangat keras apalagi alot.

Pemulihan fungsi bicara

Ompong beberapa gigi membuat cara bicara yang kurang jelas. Penggunaan gigi palsu akan menolong memperbaiki cara bicara. Pada awalnya, kemungkinan ada kesulitan dalam pengucapan beberapa huruf. Bila hal ini terjadi, perlu latihan dengan cara membaca keras-keras, lalu mengulangi kata-kata yang sulit diucapkan dengan jelas. Seiring berjalannya waktu, anda akan terbiasa untuk bicara jelas dengan gigi palsu dalam mulut.

Perawatan gigi palsu

Sama seperti gigi asli, gigi palsu juga harus disikat tiap hari untuk membersihkannya dari sisa makanan dan plak. Hal ini untuk mencegah munculnya bercak-bercak yang bersifat menetap. Hindari penggunaan sikat yang berbulu keras karena akan merusak gigi palsu. Sabun cuci tangan atau sabun cuci cair yang lembut boleh digunakan untuk membersihkan gigi palsu, sedangkan pasta gigi sebaiknya dihindari karena terlalu abrasif. Bersihkan seluruh permukaan gigi palsu dengan cara menyikatnya dengan lembut agar tidak merusak pelat atau membengkokkan kawatnya. Gigi palsu dapat berubah bentuk jika tidak dijaga kelembabannya. Karena itu, pada malam hari gigi palsu harus direndam dalam air.

Perawatan mulut

Tidak hanya gigi palsu, rongga mulut juga memerlukan perawatan khusus. Menyikat gigi dua kali sehari dan penggunaan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi akan mencegah terjadinya karies dan penyakit jaringan penyanggah gigi. Gigi yang menjadi tempat bersandarnya kawat gigi palsu harus diperhatikan khusus. Karena plak yang terjebak di balik kawat akan meningkatkan risiko karies gigi.

Seiring berjalannya waktu, kecekatan gigi palsu dapat berkurang karena secara alamiah terjadi perubahan di dalam mulut berupa penyusutan tulang rahang dan gusi. Gigi palsu yang kendor akan menimbulkan berapa masalah, seperti rasa sakit atau infeksi pada jaringan lunak. Karena itu gigi palsu perlu disesuaikan lagi. Kalau perubahan tidak terlalu banyak, dapat dilakukan dengan menambah ketinggian pelat atau memperkecil sayap gigi palsu. Bila perubahan terlalu banyak, kemungkinan harus dibuatkan gigi palsu yang baru.

Bila hal ini terjadi, jangan sekali-kali mencoba untuk merekatkannya kembali dengan menggunakan lem jenis apapun. Penggunaan lem akan merusak bahan gigi palsu sehingga kemungkinan kecekatan palsu berubah. Hal ini akan menimbulkan iritasi dan rasa sakit. Selain itu bahan kimia yang terkandung dalam lem dapat meracuni tubuh. Bila gigi palsu patah, pecah, cuil atau ada gigi yang terlepas, segera ke dokter gigi. Dalam beberapa kasus, dokter gigi dapat melakukan penyesuaian atau perbaikan, bahkan mungkin dalam hari yang sama. Dalam kasus yang sulit, perbaikan harus dilakukan di laboratorium khusus gigi, sehingga memerlukan waktu lebih dari satu hari. 




Ada pertanyaan? Silakan baca dulu sebelum bertanya di kolom komentar. Ada banyak pembaca lain yang mengalami masalah yang mirip denganmu dan sudah saya jawab pertanyaannya. Demi efisiensi tenaga dan waktu, pertanyaan-pertanyaan dengan masalah yang mirip tidak akan saya jawab lagi.

212 komentar:

  1. kalo gigi palsunya longgar mesti diapain?? n klo pake lem, lem apa namanya? n cara menggunakannya, mksa tlg jwbannya??

    BalasHapus
  2. Paling ideal, buat ulang... hehe... Kalau gigi palsu masih baik kontaknya dengan rahang antagonisnya, plat bisa diperbaiki (rebasing). Bisa juga dengan lem khusus, namun merepotkan karena setiap hari lem harus dibersihkan dan diulaskan lagi. Biaya juga jadi lebih mahal karena harus membeli lem terus yang harganya cukup mahal. Lem hanya dijual di supplier bahan dan obat kedokteran gigi, tidak dijual bebas.

    BalasHapus
  3. bu dokter, biaya untuk implan gigi palsu berapa ?

    hasfi_new@ymail.com

    BalasHapus
  4. Bu dokter, gigi saya lepas pada bagian depan satu buah. pada saat saya mau pasang gigi palsu tapi bukan pada dokter dia bilang dibuang yang dua buah karna gigi tsb agak keluar, jadi sekarang saya memakai tiga buah gigi palsu pada bagian depan. yang ingin saya tanyakan apa bisa bekas gigi yang dua buah tersebut dipasang kembali dgn cara dilem pada bekas potong gigi tsb. terima kasih dok

    BalasHapus
  5. Hingga saat ini, belum ada teknologi yang dapat mengembalikan gigi yang sudah patah / dicabut ke tempatnya semula. Belum ada bahan perekat yang dapat diadaptasi oleh tubuh manusia.

    Kalau boleh mengomentari gigimu saat ini, sisa gigi yang dipotong sebaiknya dicabut, jangan ditimpa oleh gigi palsu karena daerah itu menjadi tempat bersarang kuman-kuman dan kotoran. Bisa menyebabkan infeksi gusi dan bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti jantung, misalnya

    BalasHapus
  6. Bu dokter, mohon info biaya cabut gigi yang tinggal akarnya saja serta biaya pasang gigi palsu,
    mohon diemailkan ke vedya_1119@rocketmail.com
    atas bantuannya saya sampaikan terima kasih,

    BalasHapus
  7. Bu Dokter,

    Sudah hampir 1 minggu saya memakai gigi palsu lepasan untuk menggantikan dua gigi depan saya yang telah dicabut. Tapi Doker, saya masih merasa kesulitan makan dan bicara (pada beberapa pelafalan kata).

    Saya telah mencoba makan dengan tetap memakai gigi palsu, tapi terasa sakit sehingga setiap kali makan (makan apa pun) saya lepas gigi palsu tersebut. Ini yang jadi masalah, setiap kali makan (terutama jika makan siang di kantor), saya mengisolasi diri dari orang lain (kecuali istri & anak saya) agar tak ketahuan ompong..hehehe...

    Untuk masalah bicara, sebisa mungkin saya kurangi percakapan dengan orang lain. Suara saya terasa janggal pada pelafalan huruf tertentu. Yang jadi masalah serius adalah ketika berbicara pada forum-forum rapat, pelatihan, seminar, dan sejenisnya. Lebih-lebih ketika mengimami salat jamaah/mengaji Al-Qur'an. Suara saya jadi kurang fasih dibanding sebelum memakai gigi palsu (kalau salat/mengaji di rumah, saya lepas gigi palsu tersebut dan suara saya agak lebih baik kefasihannya). Saya jadi kurang percaya diri ketika berhadapan dengan publik.

    Kira-kira sampai berapa lama proses adaptasi mulut saya dengan gigi palsu ini dalam dua aktivitas di atas (makan & bicara)?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Lama proses adaptasi terhadap gigi palsu berbeda-beda bagi tiap orang, antara 2 hari hingga 2 bulan atau lebih. Selain faktor fisik yang berubah (ada benda asing dalam mulut), proses adaptasi juga ditentukan oleh faktor psikis. Faktor psikis berpengaruh paling besar.

    Kalau gigi palsu membuat gusi terasa sakit saat dipakai (bicara maupun makan), berarti gigi palsu belum sempurna. Sebaiknya kembali ke dokter gigi anda agar bisa diperbaiki. Jangan ragu untuk kembali dan kembali lagi ke dokter gigi yang membuatkan gigi palsu sampai gigi palsu terasa enak dipakai. Ini adalah hak pasien.

    BalasHapus
  9. Ibu dokter mo konsultasi nich...
    gigiku berantakan nich, ada 3 gigi graham yg patah, 2 gigi graham di bagian atas patah dan 1 di bagian bawah sehingga menyisakan sebagian gigi tanggal. ibu Dokter sebaiknya bagaimana dgn kasus gigi saya.. Pingin pake gigi palsu tp gigi palsunya pingin yg gak ribet tuh gigi palsu apa? trus gmn dgn sisa gigi patah itu mestinya di apain?

    BalasHapus
  10. Gigi palsu yang dijelaskan di atas memang sedikit agak ribet pada awalnya, tapi seiring dengan berjalannya waktu akan terbiasa. Selain gigi palsu jenis ini, gigi yang sudah tanggal dapat direstorasi dengan jembatan crown. Crown merupakan restorasi yang bersifat cekat di gigi. Jadi gigi-gigi tetangga daerah bekas gigi yang telah dicabut akan diasah sebelum dipasang crown. Selengkapnya dapat dibaca di http://wardogi.blogspot.com/2008/02/gigi-dicrown.html

    Selain itu ada bentuk restorasi lain, yang tidak perlu mengorbankan gigi tetangga sebagai pegangan (tiang jembatan), yaitu dengan implan. Sisa tulang di daerah yang tidak bergigi dipasangkan semacam tiang penyangga. Di atas tiang ini dipasangkan crown.

    Mengenai gigimu yang patah, aku tidak dapat memastikan apa yang dapat dilakukan, karena aku tidak tahu seberapa besar dan bagaimana kondisi sisa gigi. Aku perlu melihat langsung, kalau perlu ditambah pembuatan foto rontgen.

    BalasHapus
  11. Saya seorang pelajar yg sering mengikuti kegiatan outbound.. Karena satu alasan, salah satu gigi depan saya harus menggunakan gigi palsu.. hingga kini, saya masih pikir2 untuk menggunakan gigi palsu krn saya anggp kurang praktis..
    apa ada solusi lain selain gigi palsu?
    Berapa biaya yg ditawarkn?
    Selain itu, misalnya gigi palsu tidak dilepas selama 2-5 hr apa efek samping yang akan terjadi..
    Mohon Jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pelajar yang sering outbond,
      selain gigi palsu lepasan, ada lagi gigi palsu yang "dilekatkan" pada gigi-gigi tetangganya. Jadi gigi-gigi tetangga diasah untuk pembuatan crown (http://wardogi.blogspot.com/2008/02/gigi-dicrown.html) dan dijadikan sebagai pegangan gigi palsu pada tempat yang ompong. Ini disebut jembatan, karena konstruksinya yang mirip jembatan.

      Ada lagi gigi implan, tanpa perlu mengasah gigi tetangganya. Gigi ditanam pada gusi bekas pencabutan.

      Mengenai gigi palsu yang tidak dibuka 2-5 hari, akan menyebabkan plak menumpuk di antara gigi palsu dan gusi yang ditutupi gigi palsu. Plak adalah kumpulan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut, iritasi gusi bahkan radang gusi dan jaringan di bawah gusi. Bila hanya sekali tidak dibuka, mungkin efeknya hanya sedikit dan bersifat sementara (hilang setelah dibersihkan). Bila berulang-ulang, dapat menyebabkan kelainan yang bersifat menetap

      Hapus
  12. Ibu Dokter, Ada beberapa pertanyaan nich mengenai gigi yg saya alami, gigi belakang atas saya ompong 2 biji dan dan bagian bawah 1 biji hingga menyisakan akar dan gigi runcing. Gigi ompong td aq biarin hingga bertahun-tahun dan tdk pernah merasa kesakitan ..
    Pertanyaanya :
    1. Apakah ada efek sampingnya gak nanti di usia tua jika dibiarin begitu saja..?
    2. Apakah akar gigi tersebut harus dicabut ?
    3. Jika diperlukan pake gigi palsu yg gampang dan tdk ribet yg kayak gmn?
    4. Untuk gigi implant berapa ya...

    Mohon penjelasan dan solusinya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih...

    sign_art82@yahoo.com

    BalasHapus
  13. Sign Art,
    Sisa akar gigi yang tertinggal merupakan benda busuk. Kalau kondisi tubuh sedang turun, bisa menimbulkan abses (pembengkakan berisi nanah). Bukan tidak mungkin abses yang terlambat ditangani akan menyebar ke tempat lain, misalnya jantung.
    Kalau dibiarkan sampai tua? Makin berbahaya. Makin menua seseorang, daya tahan tubuhnya makin lemah, berarti makin besar kemungkinan pembentukan abses dan penyebarannya. Karena itu sebaiknya dicabut sebelum menjadi tua.

    Mengenai gigi palsu, yang paling praktis adalah implan, karena perawatannya sama seperti gigi biasa. Mengenai harga, memang mahal (sekitar 10-20 juta).
    Sebetulnya gigi palsu biasa gampang dan tidak ribet bila sudah terbiasa. Hanya memerlukan waktu ekstra 1 menit setiap kali menyikat gigi. Lama-lama akan terbiasa

    BalasHapus
  14. saya mau tanya bu dokter. bgini, gigi saya di bagian dpn uda ompong 2. yg mau sy tanyakan yg mana lebih baik, pasang gigi palsu yg bisa dibuka buka atau gigi implant. brapa biaya gigi implant kalo 2 buah yg dipasang. trima kasih bu dokter

    BalasHapus
  15. Maaf tidak bisa menjawab. Baik sifatnya relatif, tergantung mau menilai dari mana. Anda bisa menimbang-nimbang sendiri, mana yang terbaik untuk Anda. Penjelasan tentang gigi palsu lepasan atau gigi implant dapat dibaca dari diskusi di atas.

    BalasHapus
  16. saya mau nanya dok...kalo awal masang gigi palsu jenisnya yg bisa di buka pasang, lantas kalo dari jenis pertama, bisa gak suatu saat di ganti ke jenis implant?

    BalasHapus
  17. Bifi,
    bila gigi palsu lepasan dibuat dengan baik dan dapat digunakan dengan nyaman dan mampu mempertahankan sisa tulang penyangga gigi, kemungkinan besar nantinya dapat diganti dengan implant. Implant dapat dipasang bila keadaan tulang di daerah tak bergigi cukup ketebalannya dan tidak ada peradangan.

    BalasHapus
  18. Dok, gigi seri saya patah sewaktu kecil dulu, patah didepan( gigi seri) sebelah kiri, sekarang saya memakai gigi palsu yg bongkar pasang, yg ada tapaknya itu( saya gak tahu namanya )..kondisi gigi saya masih baik dan, cuma tapaknya yg menyambung ke gigi agak patah, krn giginya masih bagus, rasanya sayang untuk buat lg, krn saya udah 4 kali buat ulang, apa ada ya dok yg menjual lem untuk menyambung gigi dan tapaknya?? maaf dok istilah sy rada aneh..terimakasih jawabannya... mhn di balas ke email sy saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umm Maryam,
      gigi yang patah bisa disambung lagi dengan platnya kalau plat masih cekat. Anda bisa membawanya ke dokter gigi untuk direparasi. Biayanya lebih murah dibanding membuat baru. Tidak ada lem untuk menempelkan bahan akrilik (bahan gigi dan platnya) yang aman bagi manusia. jangan menggunakan bahan-bahan yang umum di pasaran, seperti "power glue' misalnya. Karena nanti akan meracuni anda, karena gigi palsu akan dipakai di dalam mulut.

      Hapus
  19. ggi Seri Saya Ptah Krna suatu HAl, Truz Sya Gunakan Gigi Palsu, G Brapa Lama, ggi Plsu Itu Longgar, Shingga Mudah Lpas.,., Jdi Gmna Ne dok, Hruz Kah sya mmbuat Gigi pAlsu yg Baru, atau da Alternatif Lain,,
    Thankz

    BalasHapus
  20. Maksud Anda, gigi palsu itu dipasang di atas sisa gigi yang patah? Waduh... ini merupakan pemasangan gigi palsu yang asal, tidak mempertimbangkan kesehatan, kebersihan dan kelestarian rongga mulut. Gigi palsu yang dipasang di atas gusi yang masih ada sisa gigi bisa menyebabkan infeksi pada gusi, karena sisi gigi merupakan benda busuk. Infeksi pada gusi akan menyebabkan berbagai gejala, salahsatunya adala perubahan bentuk gusi. Itulah sebabnya gigi palsu Anda menjadi longgar. Sebaiknya Anda membuat gigi palsu yang baru, tapi sebelumnya sisa gigi harus dicabut dulu.

    BalasHapus
  21. DOK ,klu gigi palsu dr bahan ortolux bagus ato tdak y ?? tlg bls ke emain saya drascaldom_muzzydoll@yahoo.com

    BalasHapus
  22. gigi palsu umumnya dibuat dari bahan akrilik, karena sifatnya ringan. Ortholux adalah salah satu produk gigi palsu yang umum dipakai drg di Indonesia, karena pilihan warnanya luas, bentuknya bagus dengan ukuran proporsional dan kekuatannya baik.

    BalasHapus
  23. gimana solusinya dok, kalo misalnya gigi depan saya ompong dua dan saat ini di gusi bagian depan saya masih ada benih yg trtumpuk dan bertindihan di dalamnya. dan saya brniat untuk memasang gigi palsu.mana yang lbih baik gigi palsu permanen atau yang lepasan??

    BalasHapus
  24. Bila benih gigi tidak mengganggu dan tidak ada kecenderungan untuk tumbuh keluar, bisa langsung dibuatkan gigi palsu tanpa harus mengeluarkan benih gigi tersebut.

    Saya pribadi lebih menganjurkan membuat gigi palsu lepasan bila gigi-gigi tetangganya masih bagus. Karena kalau yang permanen, gigi tetangga harus diasah untuk pegangan. Jadi harus dibuat rangkaian gigi palsu yang terdiri dari 4 unit (2 untuk yang ompong, 2 untuk yang pegangan). Tapi, keputusan ada di tangan pemilik gigi. Kadang-kadang ada orang yang lebih mementingkan kenyamanan dan ketidakrepotan mengurus gigi palsu lepasan dibandingkan keutuhan gigi yang masih sehat.

    BalasHapus
  25. Bagaimana bila tulang gigi sudah menyusut karena gigi sudah tanggal dalam waktu lama. Kabarnya ada cara untuk mempertebal tulang sehingga menjadi pondasi untuk melakukan implan. Bisa dijelaskan caranya? Thanks

    BalasHapus
  26. Maksudnya, tulang penyangga gigi yang susut? Idealnya, gigi palsu (apapun jenisnya, termasuk implan) dipasang pada tulang yang masih bagus ketebalannya. Jadi terbalik, bukannya implan akan mempertebal tulang, tetapi implan memerlukan ketebalan tulang yang cukup.

    Untuk mempertebal tulang, caranya dengan "mencangkok" yaitu menanamkan bahan tulang asli atau sintetis di sekitar tulang yang tersisa untuk merangsang pertumbuhan tulang sehingga menjadi lebih tebal.

    BalasHapus
  27. Selamat malam bu,

    saya mau tanya, saya ada masalah pada 2 gigi geraham saya,,

    yang satu letak di bagian atas kanan, yang retak dan penuh tambalan, sehingga kalau makan agak sakit dan nyeri karena bergoyang ketika makan,

    yang kedua juga mengalami retakan, namun tidak nyeri dan masi bisa dipakai walau tidak enak lagi ..

    saya hendak pakai gigi palsu, awalnya saya ingin memakai gigi palsu permanen yang lebih bagus, namun saya takut kendala harga yg mahal karena saya mahasiswa,,

    saya mau bertanya, kalau sementara saya pakai gigi palsu geraham yang tidak permanen, apakah akan merusak gigi sampingnya ?..

    sembari menunggu saya ada dana untuk pasng gigi palsu permanen ?..

    kemudian, apabila saya memasang gigi palsu permanen, apakah bisa nantinya untuk pasang kawat gigi ?

    dan bolehkan saya minta daftar harga gigi palsu dan lokasi ibu ke email saya di :

    rikz_freakz@yahoo.com

    saya kesulitan dengan gigi saya sekarang..
    terima kasih

    BalasHapus
  28. Gigi-gigimu kedengarannya parah juga ya.
    Gigi palsu yang permanen belum tentu lebih bagus daripada gigi palsu yang lepasan. Ini tergantung kasusnya. Masing-masing ada kebaikan dan keburukannya dan pertimbangannya ada di tangan pemilik mulut.

    Rahang yang sudah ada gigi palsu permanennya masih dapat dipasang kawat.

    BalasHapus
  29. bu Dokter yg bae hati..
    saya uda 4 tahun pakai gigi palsu lepasan untuk seri atas, skarang warnanya uda mulai beda dgn gigi yg lain, rencana saya mo ganti tp masi bingung apa ganti baru dgn tipe lepasan lagi, atau dgn tipe yg lain.
    saya pernah konsul dgn drg saya, ada tawaran untuk ganti denga tipe bridge, atau implan
    tp saya blum konsul ttg biaya2 dan kelebihan atau kekukarangnya
    mohon infonya

    trims banyak

    mawar_noya@yahoo.com

    BalasHapus
  30. Bu Mawar,
    supaya tidak bingung lagi, saya jelaskan sepintas tentang pengertian, kelebihan dan kebaikan masing2 gigi palsu ya. Semua gigi palsu mempunyai kebaikan yang sama, yaitu mampu menggantikan fungsi estetik, fungsi bicara, fungsi kunyah dan fungsi mempertahankan bentuk wajah. Kekurangan semua gigi palsu yaitu merupakan benda asing, jadi memerlukan proses adaptasi. Selain itu, tidak dapat diperlakukan seperti gigi asli misalnya untuk mengunyah makanan keras.

    Gigi palsu lepasan.
    Kebaikan :
    - relatif paling murah harganya
    - kalau ada masalah di kemudian hari, tinggal membuat gigi palsu baru.
    Kekurangan : perlu waktu ekstra untuk membersihkan dan merawat bila tidak dipakai.

    Gigi palsu cekat (bridge)
    Kebaikan : tidak merepotkan karena terus berada di dalam mulut
    Kekurangan :
    - harga relatif mahal
    - gigi tetangga harus diasah karena akan dipasangkan crown yang berfungsi sebagai pegangan gigi palsu. Bila kondisi gigi masih baik, sayang bila dikorbankan.
    - bila ada masalah di kemudian hari, sulit untuk membukanya kembali tanpa merusaknya.

    Implan
    Kebaikan : Hampir mendekati gigi asli
    Kekurangan :
    - Dapat menimbulkan reaksi penolakan oleh tubuh (kecil persentasenya)
    - Harganya mahal (jutaan)

    Mengenai biaya, sebaiknya tanyakan dulu kepada drg yang akan mengerjakannya.

    BalasHapus
  31. dok,saya mau tanya,,kelemahan dan kelebihan dari gigi palsu itu sendiri apa ya?
    lalu kira2 berapa lama gigi palsu itu bertahan?
    saya mau pasang gigi palsu pada 2 graham saya,tapi masih sedikit takut akan rasa sakit yang d timbulkan oleh gigi palsu tersebut.
    dan apa ya obat atau cara untuk mengencngkan kembali gigi yang goyang agar kuat kembali..
    terimakasih :)

    Note..tolong di kirim ke email saya ya dok ranie_frihastini@yahoo.com

    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  32. Kelemahan dan kelebihan gigi palsu sudah saya tulis di atas. Kalau buatannya baik dan difungsikan dengan benar, bisa bertahan hingga 10 tahun atau lebih. Gigi palsu yang benar tidak menimbulkan rasa sakit. Gigi goyang yang disebabkan oleh kerusakan jaringan penyangga gigi, tidak dapat diobati sehingga kencang lagi. Tapi dapat diatasi dengan cara 'mengikatnya' pada gigi tetangganya. Silakan baca di http://wardogi.blogspot.com/2008/02/gigi-goyang-haruskah-dicabut.html

    BalasHapus
  33. Salam, saya umur 50 th, ada masalah dengan gigi palsu saya ( semua gigi bagian atas tercabut, masih tersisa 2 gigi saja ) yaitu mudah lepas karena gigi penyangga disebelahnya lepas.saya trauma untuk pemasangan gigi palsu karena saya ada kelainan di rongga mulut yaitu selalu muntah bila ada sesuatu alat yg masuk ke mulut, adakah cara untuk pembuatan dan pemasangan gigi palsu yg dapat mengatasi masalah saya tersebut, mohon bantuan penyelesaianya...saya sangat tersiksa dg. Gigi palsu saya yg mudah terlepas..karena saya sering berbicara didepan orang ramai....atas bantuannya diucapkan terima. Mohon sarannya dihantar ke email saya : didiksur@gmail.com

    BalasHapus
  34. Kelihatannya kasus Bapak memang sulit. Bapak bisa pergi ke rumah sakit gigi dan mulut yang didirikan oleh lembaga-lembaga pendidikan. Misalnya FKG Trisakti, UI dll. Di sana, kasus-kasus sulit akan tertangani dengan baik

    BalasHapus
  35. Klo mau konsultasi pribadi ke ibu, nemuin kemana ya? Kebetulan saya di tangerang. Minta alamat email donk.. thx

    BalasHapus
  36. bisa konsultasi lewat email : melindadrg@yahoo.co.id

    BalasHapus
  37. Hallo bu dokter...
    Blog ini sangat membantu saya...

    Sebelumnya saya mau menceritakan ttg gigi saya...
    dulu gigi depan saya berlubang dan menjadi keropos karena saya tidak menambalnya..terus patah karena saya mengunyah makanan yg berbahan keras..dan waktu itu saya lagi liburan kebelanda...melihat sodara saya giginya patah dan di lem pake gigi palsu..tp patahnya tidak terlalu banyak...karena saya kepengen mencobanya..jadi saya ke dokter gigi dibelanda utk melihat kondisi gigi saya. dan mereka melihat gigi saya udah patah parah dan saya sampai sekarang tidak tahu apakah mereka mengelemin gigi palsu ke saya..apa implan..karena sampe skrg giginya awet bu dan kuat..2002-2011..

    saya mau bertanya sama ibu..apakah perawatan spt itu udah ada di indonesia? karena saya skrg mengalamin kedua kalinya gigi keropos dan patah di gigi lain...apakah perlu di cabut atau di lem bu?

    semoga ibu dokter menjawab pertanyaan saya.. :)
    email saya bu :
    satudarahmaluku@ymail.com

    Terimakasih ibu Dokter :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gekkie,
      saya tidak tahu yang dimaksud dengan lem gigi itu apa. Apakah gigi yang patah direkatkan kembali ke sisa gigi dengan lem gigi itu? Atau sisa gigi ditutup dengan lem gigi itu?

      Saya menduga, yang dimaksud lem gigi itu adalah bahan tambalan gigi yang terbuat dari composite. Caranya dengan menutup sisa gigi yang ada, kemudian dibentuk seperti gigi asli. Warnanya pun sama dengan gigi asli. Bahan tambalan seperti ini sudah ada di Indonesia.

      Mengenai gigimu yang keropos dan patah, sebaiknya memang ditambal kalau sisa giginya masih memungkinkan. Artinya sisa gigi masih cukup besar untuk ditambal.

      Hapus
  38. bu dokter saya mau tanya, satu gigi depan atas saya pakai gigi palsu. sedangkan gigi bawah saya renggang. rencananya saya mau pakai kawat gigi untuk merapikan gigi bawah saya, tapi katanya gigi atas juga harus dipakaikan kawat gigi (sepasang) agar posisi gigi atas dan bawah nya benar. yang ingin saya tanyakan, gigi atas saya ada yg pakai gigi palsu, apakah hal ini tidak menyulitkan nantinya? mohon penjelasannya. terima kasih.

    BalasHapus
  39. Anonim,
    perawatan ortodonti (merapikan susunan gigi) dilakukan dengan melakukan pengamatan, perhitungan yang cermat sebelumnya. Apakah harus kedua rahang yang dirawat atau cukup satu, tergantung hasil pengamatan dan perhitungan tersebut, jadi tidak bisa hanya dengan melihat gigi sepintas. Begitu pula tentang gigi palsu yang sudah ada, apakah mengganggu atau tidak.
    Agar pengamatan dan perhitungan dapat dilakukan, drg spesialis orthodonti akan mencetak kedua rahang dan meminta pembuatan foto rontgen. Setelah itu rencana perawatan dibuat dan dikonsultasikan lagi dengan pasien. Kalau pasien setuju, baru perawatan dilakukan.

    Jadi, maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaanmu ya.

    BalasHapus
  40. dok saya mau tanya?
    gigi depan saya patah dan patahnya dipertengahan gusi saya dok dan itu udah 6th yang lalu dok?
    rencananya sih saya mau sambung dok !
    menurut dokter keadaan gigi saya itu tidak akan merepotkan jika disambung trus di asah sebelahnya trus di lem untuk kedepanya?

    BalasHapus
  41. Maaf, saya tidak bisa menentukan dapat atau tidak, karena untuk menegakkan diagnosa tidak cukup dengan penjelasan subyektif, tapi diperlukan juga pemeriksaan obyektif (klinis). Sebaiknya anda ke drg saja untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

    BalasHapus
  42. apa penjaketan gigi itu sama dengan menambal gigi??
    mohon penjelasan nya ya dok...

    BalasHapus
  43. Penjaketan gigi berbeda dengan menambal gigi. Gigi yang dijaket tidak terlihat lagi giginya, sedangkan gigi yang ditambal masih terlihat giginya. Jaket merupakan usaha merestorasi gigi yang kerusakannya sudah luas, sedangkan tambalan merupakan usaha mengawetkan gigi yang berlubang agar tidak bertambah luas kerusakannya.

    Ulasan lebih lengkap dapat dibaca di http://wardogi.blogspot.com/2008/02/gigi-dicrown.html

    BalasHapus
  44. dok...saya minta rekomendasi tempat di daerah bogor untuk implant gigi palsu,thanks.

    BalasHapus
  45. BU DOKTER SAYA MAU TANYA GIGI SERI SAYA YANG SEBELAH KANAN PATAH DAN SUDAH BUSUK JUGA KAYANYA DAN YANG SEBELAH KIRINYA JUGA PATAH TAPI SEDIKIT SAYA SEKARANG PAKE GIGI PALSU YANG DITUKANG GIGI JADI TAKUT SOALNYA GIGINYA SUDAH HITAM RENCANA MAU SAYA CABUT AJA KIRA-KIRA BERAPA PERKIRAAN BIAYA YANG DIBUTUHKAN UNTUK CABUT SAMA PASANG GIGI PALSU BARU DOK LALU APA ADA EFEK SAMPING SAAT GIGI DICABUT PLIS DOK GIGI SAYA JELEK BANGET SOALNYA JADI MINDER KALAU LAGI NGOBROL GIGINYA ANEH YANG DARI TUKANG GIGI TOLONG DI JAWAB YA DOK VIA EMAIL JUGA BOLEH utye_wae@yahoo.com TRIMS DOK

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya tanyakan pada drg yang akan merawat gigimu

      Hapus
  46. Ibu dokter, saya sangat takut ke dokter gigi.hehehehe. Tapi sekarang saya akan memberanikan. Diri ke dokter gigi karena kondisi 2 Geraham kiri sudah hancur sedikit demi sedikit bahkan bolong( saya cabut sendiri). Posisinya yg paling ujung gigi geraham kosong (dicabut), kemudian ada 1 gigi setelahnya, kemudian gigi patah(yg hancur sisa sedikit) nah sebelah kanan juga kondisinya sama jadi total 4 geraham bawah saya mengenaskan. (Kosong, gigi, kosong) Satu problem lagi, geraham atas kanan satu bolong yg menimbulkan sakit bahkan ketika saya minum air putih biasa. Saya dulu suka ngunyah beras.kebiasaan buruk(sekarang sdh tdk lagi.gigi sy sdh berantakan). Saya bingung dok, harus diapakan kondisi 5 gigi saya karena skrg makan jd tdk seenak dulu. Saya kesulitan mengunyah makanan. Tolong bantu suggest apa yg harus saya lakukan thdp gigi saya agar makan menjadi aktivitas yg menyenangkan.

    BalasHapus
  47. Cuma ada satu sugesti saya : pergi ke drg untuk mendapatkan perawatan seluruh gigimu yang bermasalah. Setelah beres, makan akan menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan!

    BalasHapus
  48. bu dokter,,
    tolong kasih saya saran yah??
    gigi palsu saya kamarin-kemarin ini patah jadi 2 (bukan giginya tapi penyangganya yang warna pink) kalo di lem lagi bisa ga??

    makasiih bu dokter.. ^__^

    BalasHapus
  49. Bisa, Zahra. Tapi bukan dilem biasa, bahannya sama dengan bahan platnya.

    BalasHapus
  50. Bu saya mau tanya,saya pasang 1 gigi palsu di depan sudah sekitar 6 bulan,saya gatau nama jenis gigi palsu ini apa. Tapi tiba-tiba gigi ini copot dan hanya tersisa sebuah besi untuk merekatkannya saja. Bagaimana solusi untuk mengembalikannya/merekatkannya lagi tanpa harus ke dokter gigi dok? terimakasih.

    BalasHapus
  51. nama lem buat sambungi gigi palsunya apaan y klo boleh saya tau ?

    BalasHapus
  52. Namanya akrilik, ini adalah bahan pembuat plat gigi palsu. Cara melekatkannya tidak sesedarhana merekatkan kertas dengan sekedar mengulaskan lem. Perlu dikerjakan di laboratorium dengan tekhnik khusus. SEbaiknya kalau gigi palsu patah dibawa ke drg untuk dismbung kembali.

    BalasHapus
  53. Anonim, saya menduga unsur akrilik pada gigi palsumu sudah pecah / terkikis sehingga gigi lepas dan menyisakan plat logam. untuk memasang kembali gigi yang lepas perlu memakai akrilik lagi. Tidak bisa dikerjakan sendiri. Pertama, akrilik dijual dalam jumlah besar, jadi kalau mau menempelkan sendiri malah jadi mahal dan sisa akrilik malah akan terbuang percuma. Kedua, perlu teknik khusus dan untuk mempelajarinya perlu waktu yang lama dan latihan berulang-ulang untuk menghasilkan hasil yang baik. Lagi-lagi pemborosan biaya. Ketiga, perlu perlengkapan pembantu untuk mengerjakan reparasi gigi palsu. Lagi-lagi kalau mau mengerjakan sendiri, alat-alat ini tidak akan terpakai lagi.

    Kecuali Anda berminat untuk terjun ke dunia laboratorium gigi, bahan dan peralatan ini bisa menjadi investasi.

    BalasHapus
  54. bu dokter, saya hari ini baru pasang gigi palsu depan atas 1 buah.
    sesuai jabaran ibu diatas, memang terasa janggal, utk bicara jg terasa cadel & sewaktu mkn lebih susah.. tukang gigi yg bikin kasi saran jgn dilepas utk 2-3 hari kedepan. yang mau saya tanyakan, setelah 2-3 hari itu apakah aman dilepas sewaktu tidur ? saya takutkan nanti bisa renggang dirongganya..
    lalu apakah memang lebih baik dibersihkan terpisah tiap pagi ? jgn disikat dgn odol biasa ?
    terakhir, jika memang harus dicopot tiap mlm, apakah musti saya pakai lem jika mau pasang kembali tiap pagi ?

    thx :)

    BalasHapus
  55. Saya tidak tahu seperti apa disain, teknik pencetakan rahang dan pembuatan gigi palsu yang dibuat oleh tukang gigi. Jadi saya tidak bisa memberi komentar tentang larangan melepas gigi palsu dalam 2-3 hari pertama. Gigi palsu yang dibuat dengan teknik pencetakan, proses pembuatan serta disain yang benar, HARUS dibuka pada malam hari sejak hari pertama pemasangan untuk memberi kesempatan jaringan lunak gusi "bernafas (bukan dalam arti sebenarnya, maksudnya supaya gusi tidak terus berkontak dengan benda asing) Gigi palsu (apalagi hanya terdiri dari 1 gigi_ yang benar tidak memerlukan lem agar tetap berkontak dengan gusi. Lem hanya digunakan untuk gigi palsu yang sudah tidak mungkin dibuat dengan sempurna karena kurangnya dukungan sisa gusi yang ada sehingga tidak bisa "duduk" dengan stabil di sisa gusi. Pembersihan gigi palsu dilakukan pada saat menyikat gigi (tidak hanya pagi hari)dengan cara mengeluarkannya terlebih dahulu dari mulut.

    BalasHapus
  56. Terima kasih atas penjelasannya :D

    BalasHapus
  57. Tanya dok...
    Gigi saya sudah 16 tahun yang lalu patah.
    Kira-kira ketika saya masih kelah 6 SD.

    Apabila saya ingin memperbaiki gigi ini..
    Apakah masih bisa??
    Karena dari segi estetika..sangat tidak baik untuk dilihat..
    dan mengurangi senyum manis saya..

    mohon sarannya ya dok..
    terima kasih

    BalasHapus
  58. Kalau gigi tersebut masih memiliki mahkota, kemungkinan besar masih dapat dipertahankan. Tergantung besar sisa gigi, konservasi gigi dapat dilakukan dengan menambal, memasang inlay atau crown, mungkin juga dengan pasak.
    Saran saya, pergilah ke drg untuk mendapatkan perawatannya.

    BalasHapus
  59. mau tanya bu dokter....
    1 gigi seri saya di bagian belakangnya sudah bolong,tapi depannya masih keliatan utuh,karena tdinya berdempetan dengan gigi sebelahnya yang agak kebelakang dan sekarang gigi itupun/yang ke2 menjadi tinggal sebelah,tinggal nunggu waktu ompong,gimana mengganti gigi-gigi tsb mengingat gigi seri saya besar dan gigi ke3 adalah gigi taring/gingsul,dengan berbiaya murah dan bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya tidak bisa menentukan apa yang paling tepat untuk gigi-gigimu tanpa melihatnya langsung. Gigi-gigi itu mungkin masih bisa dirawat dan dipertahankan, tapi mungkin juga harus dicabut dan diganti gigi palsu. Semuanya tergantung hasil pemeriksaan klinis dan mungkin juga radiologis (foto rontgen).
      Jadi tindakan yang paling tepat adalah pergi ke drg. Tidak semua drg mahal kok. Ada puskesmas yang mendapat subsidi penuh dari pemerintah. Ada balai-balai pengobatan yang didanai oleh organisasi-organisasi sosial atau keagamaan. Soal mutu perawatan, sama saja.

      Hapus
  60. Bu dokter maaf mau tanya aku baru memakai gigi palsu yang bisa dilepas pakai, apakah gigi palsu ini harus selalu dilepas dan dibersihkan setiap habis makan atau ngemil sambil kumur di mulut agar gigi asli lebih terawat? Apakah bisa kalau lepas dan bersihkan gigi palsunya setiap hari 1 kali waktu malam sekaligus gosok gigi, apakah cara ini bisa merusak gigi asli terima kasih atas perhatiannya
    salam Dedy, Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi palsu sebaiknya dibersihkan setiap kali gigi asli dibersihkan. Cara membersihkannya dengan melepaskannya dari mulut, jadi dibersihkan terpisah dari gigi asli.

      Hapus
    2. Bu dokter saya mau nanya pemasangan gigi implan..
      1.apa efeknya?
      2.apakah bisa dibuka atau permanen?
      3.harga satu giginya kira2 berapa?

      Hapus
    3. Efek pemasangan implan hanya ada 2 :
      1. implan diterima oleh tubuh, berarti dapat menggantikan fungsi gigi asli.
      2. implan ditolak oleh tubuh. Tandanya akan terlihat dalam waktu 2 minggu, yaitu goyang. Biasanya disertai peradangan yang dapat disembuhkan dengan obat-obatan

      Implan bersifat permanen dan tidak bisa dicabut lagi tanpa merusak tulang di sekitar implan.

      Harga implan di Indonesia berkisar dari belasan hingga beberapa puluh juta rupiah, tergantung bahan implannya.

      Hapus
  61. Bu saya mau tanya
    saya kan abis kecelakaan dari motor
    gigi depan saya yg di atas ada 2 lepas
    dan gigi depan saya yg di bawah ada 2 naik ke atas dan gigi itu kuat tidak goyang sama sekali
    kata dokter gigi di bawah harus di cabut dua-dua nya,,
    agar bisa di pasang gigi palsu yg depan di atas .
    yang ingin saya tanyakan bisa kah gigi bawah saya yang naik keatas itu
    bisa di tekan ke bawah,,atau apa ada cara lain nya..supaya sejajar dengan gigi bawah lain nya..
    Kalau bisa Jawaban ny kirim di email saya
    fadli_ramadhan005@yahoo.com
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fadli, kalau tidak ada bagian yang patah pada rahang bawah dan kejadian kecelakaan belum terlalu lama, kedua gigi yang naik ke atas bisa dikembalikan ke posisinya. Untuk memastikannya harus dibuat foto rontgen dulu.

      Hapus
  62. gigi saya lubang besar,,sebaiknya dicabut ganti gigi palsu pa di crown ya??Jadi bingung....
    Awalnya drg saya juga nawarin untuk di crown. Karena saya tdk mengerti apa itu di crown, saya minta untuk ganti gigi palsu aja dan drg saya saranin gigi palsu lepasan,,tp klo liat artikel gigi palsu lepasan kayaknya ribet ya,,harus bongkar pasang terus,,pdhl ada rencana saya mau pake behel karena gigi bawah saya renggang akbat sdh dicabut tapi ga segera pasang gigi palsu. Kalau mnurut bu drg sebaiknya gigi saya diapakan ya?? soalnya sdh berapa kali tambal, gigi aslinya kalah dan istilah jawanya 'mrotoli' sedikit demi sedikit.
    Tlog dijawab via email juga ya di ophi25@yahoo.co.id
    Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya tidak terlalu ribet mengurus gigi palsu lepasan, apalagi kalau hanya terdiri dari 1 elemen gigi. Hanya perlu waktu beberapa hari untuk membiasakan diri. Kalau tidak mau ribet dengan perawatan gigi palsu lepasan, memang crown merupakan pilihan yang tepat. Kalau drg-mu menawarkan crown, berarti gigimu masih bisa dipertahankan, tidak perlu dicabut. Silakan memilih sendiri, crown atau gigi palsu lepasan

      Hapus
  63. SALAM BU DOKTER..
    Gigi depan saya 3 buah ompong akibat kecelakaan 5 tahun lalu,,,saat ini menggunakan gigi tiruan biasa,,berapa perkiraan biaya pemasangan implan untuk gigi saya yang hilang? apa harus memakai 3 buah implan?..
    trima kasih atas perhatiannya ibu dokter..
    wassalam
    email : Darussalam.usman@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun gigi pengganti yang dipilih, ya harus 3 gigi sesuai dengan jumlah gigi yang hilang

      Hapus
  64. bu dokter, klo seandainya seluruh gigi ibu saya hrs digantai dengan gigi palsu, karena ompong...bisa tdk? trus biayanya brp ya?thanks
    nita_risma@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ompongnya belum lama, bisa diganti gigi palsu.

      Hapus
  65. Bi dokter, saya gigi sambungan saya lepas dan ingin d tempel kmbali smentra krna saya masi blum ada waktu untuk menggantinya lagi, apa ada lem yang tidak merusak gigi ya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya tidak mengerti maksud "gigi sambungan". Kalau maksudnya gigi palsu yang patah, tidak ada lem yang bisa dipakai. Meskipun lem tidak merusak gigi, tapi akan merusak jaringan lunak di dalam mulut (gusi, mukosa mulut, lidah, langit-langit). Satu-satunya jalan hanya dengan mereparasi gigi palsu tersebut ke drg. Gigi palsu itu tidak akan dilem, tapi disambung dengan bahan yang sama dengan bahan gigi palsu. Bukan dengan merekatkan kedua sisi yang patah, tapi mengganti sebagian plat gigi palsu dan memasakknya agar bersatu dengan plat yang lama.

      Hapus
  66. IBU DOKTER,.saya mau tanya..gigi saya ompong 6 biji di bagian depan..
    aku mau pasang, tapi aku mau pasang takut nanti efek sapingnya berbahaya pa gk ibu dokter,,mohon penyelasan nya,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek samping penggunaan gigi palsu : mungkin ada tepi gigi palsu yang menusuk gusi, gigi palsu longgar, kontak gigi atas dan bawah terasa mengganjal atau sebaliknya, tidak ada kontak. Ini semua bisa diperbaiki oleh drg. Jadi kalau ada efek seperti itu, kembalilah ke drg sampai gigi palsu benar-benar pas. Ada efek samping lain yang merupakan reaksi pemakai gigi palsu : rasa tidak nyaman karena ada benda asing di dalam mulut atau rasa mual karena merasa gigi palsu terasa tidak enak (padahal tidak ada rasanya). Ini semua tergantung daya adaptasi pemakai gigi palsu. Biasanya setelah 1-2 minggu akan terbiasa. 1 efek samping lagi : reaksi alergi terhadap bahan gigi palsu berupa kemerahan / gatal pada gusi yang tertutup plat gigi palsu. Kalau seperti ini, berarti gigi palsu harus diganti dengan bahan lain. Ini adalah kasus yang jarang terjadi. Jadi sebetulnya tidak ada efek samping yang berbahaya.

      Hapus
  67. Dok, gigi seri atas saya patah 1 buah. Lalu sekarang saya memakai gigi palsu lepas pakai.
    Tetapi sebenarnya gigi atas saya kurang 1buah yaitu gigi taring saya dikarenakan tak ada ruang. Tempat gigi seri saya yg patah tsb adalah tempat untk gigi taring saya yg belum tumbuh. Kira2 ada kemungkinan tumbuhkah gigi taring saya? Dan apakah dengan menggunakan gigi palsu akan mencegah tumbuhnya gigi tsb? Umur saya 18thn dok. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengetahuinya, perlu dibuat foto rontgen. Dari foto akan diketàhui, apakah ada benih gigi taring atau tidak dan posisinya dalam rahang serta hubungannya dengan gigi-gigi lainnya. Kalau tidak ad penghalang, gigi akan tumbuh. Gigi palsu bukan penghalang pertumbuhan gigi.

      Hapus
  68. met pagi dok..
    aku baru saja pakai gigi palsu, untuk gigi seri sebelah kiri selama 2 hari . tapi kenapa ya gigi seri sebelah kanan ku jadi sakit , saat mengunyah dll. tapi ketika aku melepas gigi palsu tersebut. rasa sakitnya hilang. apa penyebabnya dok?
    please help

    anggraeniyana@rocketmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sakit pada gigi di sebelah gigi palsu pada saat berfungsi bisa disebabkan karena gigi palsu yang terlalu kencang atau hal lain. Karena gigi palsu masih baru, sebaiknya segera kembali ke dokter gigi. Kalau penyebabnya gigi palsu, bisa segera dikoreksi. Kalau hal lain, bisa segera diatasi.

      Hapus
  69. Dok,klu msh ad sisa gigi trus dberi gigi palsu blh tdk???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eko, bila masih ada sisa gigi di gusi, harus dicabut dulu. Tidak boleh dibiarkan karena sisa gigi adalah sumber infeksi. Bila tertutup gigi palsu, bakteri akan berkembang biak dan menimbulkan berbagai masalah baru dalam mulut, mulai dari bau mulut, pembengkakan hingga penyebaran infeksi ke bagin tubuh lin. Selain itu, tekanan gigi palsu pada sisa gigi juga akan menimbulkan rasa sakit.

      Hapus
  70. Dokter, utk penderita ginggivitis bagusnya gigi palsu jenis apa, krn gigi saya ompong 4, dan utk perkiraan biayanya berapa ya dok?. Prakter dokter dimana ya bisa diemail telp dan alamatnya ke propertivictory@gmail.com

    BalasHapus
  71. Gingivitis bukan penyakit yang menetap sehingga ada istilah penderita gingivitis. Gingivitis bisa disembuhkan dan harus disembuhkan dulu sebelum membuat gigi palsu. Setelah sembuh, gigi palsu jenis apa saja bisa dibuat, disesuaikan dengan keinginan. Saya praktek di Tangerang.

    BalasHapus
  72. Dok apakah jika 1 gigi atas bagian depan rusak.apakah yg perlu dicabut itu hanya yg rusak atau 4 gigi seri yg harus dicabut???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada prinsipnya, gigi asli selalu lebih baik daripada gigi asli. Jadi sedapat mungkin gigi asli dipertahankan. Kalau kerusakan belum terlalu luas, gigi tidak perlu dicabut. Apalagi kalau giginya tidak rusak.

      Hapus
  73. Dok..saya mau tanya, kalo menurut dktr gigi tiruan jenis valplast kelebihan dan kekurangannya apa? Benarkah warnanya mudah berubah juga menyebabkan mulut mudah berbau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelebihan gigi tiruan jenis valplast adalah kelenturannya sehingga terasa lebih nyaman saat berada di dalam mulut dibanandingkan yang terbuat dari akrilik. Harganya juga lebih murah dibandingkan dengan gigi tiruan cekat sepeti crown atau implan, misalnya. Kekurangannya, tetap ada rasa tidak enak karena bagian sayap gigi tiuan yang meluas ke gusi.

      Mengenai warna, tergantung bahan elemen giginya. Karena yang terbuat dari valplast adalah bagian sayapnya, bukan elemen gigi. Kalau terbuat dari porselen, tidak mudah berubah warna. Kalau dari akrilik, mudah berubah warna.

      Mulut akan berbau kalau gigi tiruan tidak dijaga kebersihannya.Gigi tiruan harus dibersihkan pada saat gigi asli disikat. Cara membersihkannya dengan membuka gigi tiruan sebelumnya. Jadi dibersihkan di luar mulut.

      Hapus
  74. Begini dok. Saya kan pake gigi palsu didepan satu. Gigi saya berantakan, jd saya rencanya mau pasang kawat gigi. Trus ada yg bilang, kalo saya mau pasang kawat saya harus melepas gigi palsu. Bagaimana mnurut anda dok? Bisa tidak gigi palsunya gak usah dilepas? Kan saya malu dok kalo nnti pake behel tp ompong depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suryani,karena saya tidak melihat kondisi gigimu, saya tidak bisa mengatakan apakah gigi palsu harus dilepas atau tidak saat perawatan ortho gigi-gigimu. Tapi perlu dipahami, perawatan ortho tidaklah sesederhana yang terlihat, sekedar memasang bracket dan kawat pada gigi. Ada proses panjang yang harus direncanakan dengan mempertimbangkan gigi-gigi yang ada, susunannya, posisinya, ruangan dalam mulut. Jadi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan drg yang kamu pilih untuk merawatnya.

      Hapus
  75. Saya mau tanya. Gigi atas bgn dpn saya, sudah dr 2008 dipasang gigi palsu yg sarung, ga bs lepas, jd d dlmnya ada gigi asli. itu 4 gigi berderetan. Nah sejak 2 hr lalu gigi saya yg d dlm gigi palsu itu sakit, kayanya cuma 1 gigi. Ngilu dan nyut2an, sudah minum ponstan tp ga ngaruh.

    Saya rencana mau periksa k dktr, tp prakteknya cm senin, dan dokternya jg lg sakit. Maksud saya... bahaya ga ya dok klo menunggu terlalu lama? Soalnya saya kalo ngunyah kan gigi dpn atas pasti nyentuh gigi bwh, rasanya sakit bgt. Seolah ada bengkak d dlm gigi palsu. Kalo periksa kemungkinan besar, berarti harus bikin gigi palsu ulang ya dok? Soalnya sakitnya d dlm gigi palsu. Dan gigi palsu saya berderetan, satu nyawa 4 gigi. kalo saya mau bikin gigi palsu yg ga bs dicopot, dan 4 gigi ini dicabut aja. Apa blh sekali cabut lgs 4 gigi? Lalu kalo lgs cabut, apa bs dibuatkan gigi sementara? Atau hrs ompong bbrp hr br bs dibuatkan gigi sementara. Maaf pertanyaannya byk. Mohon dijawab ya... makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sakit pada salah satu gigi yang disarung kemungkinan disebabkan oleh peradangan pada jaringan pulpa di bagian tengah gigi yang berisi syaraf dan pembuluh darah. Untuk memastikan, memang harus ke drg untuk diperiksa lebih teliti.

      Kalau memang peradangan pulpa pada salah satu gigi, gigi palsu tidak perlu dilepas dan gigi tidak perlu dicabut. Pulpa dapat dirawat dengan melubangi selubung gigi. Rasa sakit ini memang tidak dapat diatasi dengan ponstan. Mudah-mudahan segera dapat bertemu dengn drg.

      Hapus
  76. dok sy mau tanya nih sy udh lma pakai gigi palsu dn udh brp kli sy tkr,nah ini yg terakhir sdh lma sy tdk tkr,trs gigi palsu nya wrn nya jd htm gtu smpi ke gigi nya,itu apa penyebab nya dok,trs yg mau sy tanya kn lg nih dlm berapa bln ni langit2 mulut sy jd skt smpi ke hidung stp hri terasa nyeri langit2 sy kyk benjolan gtu kyk rahang keras,sy udh periksa ke dokter gigi kta nya benjoln itu tk apa2 krn ktanya sebagian org mmg ada seperti itu,yg sy mau tanyakn knp langit2 mulut sy sllu skt ya dok apa itu pengaruh gigi palsu sy ya dok krn stp mau tdr sy lepasin gipal sy pas bangun tdr skt nya hlng tp pas sy pkai lg udh kira2 brp jam skt lg dok kyk nya tersiksa bgt dok,mhn balasan nya ya dk maaf trllu pnjng tulisan nya mksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benjolan pada langit-langit adalah hal normal. Rasa sakit saat gigi palsu digunakan kemungkinan karena ukuran sudah tidak pas lagi. Jadi harus dibuat yang baru lagi. Warna hitam pada gigi palsu adalah kotoran bercampur jamur yang melekat dan sulit dibersihkan. Ada tablet khusus untuk membersihkan kotoran seperti ini secara kimiawi. Dapat dibeli di apotik.

      Hapus
  77. Dok saya ingin bertanya maksimal sampai umur berapa gigi itu bisa tumbuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam keadaan normal, gigi terakhir, yaitu gigi geraham ketiga akan tumbuh pada usia 17-18 tahun. Tapi, jaman sekarang, ada kecenderungan ukuran rahang mengecil dibandingkan generasi-generasi sebelum ini, sementara jumlah gigi tidak berubah. Jadi, seringkali tidak ada tempat bagi geraham ketiga untuk tumbuh. Akibatnya, meskipun gigi sudah terbentuk, tapi tidak bisa atau sulit keluar ke dalam rongga mulut. Bila setelah usia 18 masih ada pertumbuhan, bisa saja gigi terakhir baru keluar di awal usia 20an. Bukan hal aneh juga, jika pada usia 50 tahun gigi itu baru bisa keluar, setelah ada ruangan akibat pencabutan gigi yang sudah tumbuh lebih dahulu.

      Jadi tidak ada batas maksimal umur bagi pertumbuhan gigi.

      Hapus
  78. Hallo dokter...
    Saya mau nanya dok ttg akar gigi yg tertinggal didalam gusi dan tdk terlihat lagi karena ruang gigi yg ompong tsb sudah tertutup akibat dulu sya pernah pasang behel sudah lama saya merasakan sakit dibagian rahang kiri dan akibat dari sakit itu sampai ba'al pipi saya sebelah kiri mgkin akibat ruang gigi yg ompong tertutup itu saya merasakan sakit saya pernah dirujuk kerumah sakit untuk operasi mahkota gigi yg tertinggal tapi saya belum melakukannya karena saya takut kemahalan biayanya. Smpai saat ini saya masih merasakan ba'al pada pipi kiri sya dan juga sakit pada rahang kiri sy. Apakah berbahaya dok jika dibiarkan saja tidak dicabut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo juga Anonim!
      Kasusmu rumit juga ya. Secara teoritis, sisa akar gigi yang tertinggal di dalam rahang merupakan benda asing bagi tubuh. Seringkali terbentuk pertahanan tubuh melawan benda asing ini. Pertahanan tubuh dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kista pada rahang. Kalau kista membesar, berbahaya karena akan merusak rahang.

      Selain itu, dari gejala mati rasa yang muncul, saya menduga sisa akar atau kista kalau memang terbentuk sudah mengenai kanal rahang bawah yang berisi syaraf dan pembuluh darah. Mudah-mudahan saya salah duga.

      Untuk memastikan, harus ada pemeriksaan klinis. Kemungkinan besar juga perlu dibantu dengan pembuatan foto rontgen dan lain-lain. Ini hanya dapat dilakukan kalau Anda bertemu langsung dengan drg.

      Sebaiknya segera memeriksakan ke drg untuk mengetahui perlu atau tidaknya sisa akar gigi itu dikeluarkan.

      Hapus
  79. Terimakasih atas jawabannya dok, kalo foto rontgen kebetulan sudah ada dok tapi sudah lama sekitar 10 bulan yg lalu kbtulan pas waktu pasang behel tdk dirontgen lebih dulu sekitar 2 bulan dibehel barulah saya memaksakan minta rontgen oleh drg yg menangani sya tsb karena saya sllu mengalami sakit gigi yg luar biasa dibagian kiri atas saya nah dari rontgen itulah saya tahu ada gigi yang tertinggal dibekas ompong saya yg tertutup itu. Lalu dokter menyarankan ke rumah sakit untuk mengambil mahkota gigi yg tertinggal itu tapi saya menolak. Jika memang adanya kista dibagian mahkota gigi yg tertinggal itu kemdian membengkak dibagian pipi sehingga terjadinya ba'al tsb apakah diharuskan untuk ke spbm untuk operasi pengangkatan mahkota ? Berbahaya kah dok jika dibiarkan begitu saja? Thanks sekali lagi dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk melihat apakah ada kista, perlu foto rontgen terbaru. Kalau memang ada kista, harus dikeluarkan karena kista punya kecenderungan untuk membesar dan merusak tulang rahang. Harus ke drg SpBM

      Hapus
  80. Bu dokter saya kan pake gigi palsu 2 yg atas,,trus saya juga mau pake behel
    Itu berbahaya gak sih bu
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya penggunaan gigi palsu bisa bersamaan dengan pemasangan behel. Tidak ada bahayanya, Siska.Tapi tidak semua kasus demikian. Harus dilihat posisi gigi palsu dan jenisnya. Sebaiknya tanyakan pada drg yang akan memasang behel.

      Hapus
  81. Yth bu Melinda, saya Putra usia 25 tahun,
    satu gigi seri depan atas saya patah separuh pada saat saya SMP (12 tahun)
    tapi tidak pernah ke dokter gigi & hanya dirawat seadanya. berjalannya waktu gigi saya yg patah itu retak & cuil cuil sampe akhirnya habis (ompong). namun masih ada sisa2 dari gigi ompong tadi di dalam gusi/akar. terbentuk lubang menghitam, tapi dok yg saya herankan, saya tidak pernah merasa nyeri dibagian dalam lubang ompong itu. lantas saya berfikr mugkin syarafnya sudah mati.
    saya pengennya cuma bersihkan sisa2 ompong tadi. baru pake valplast. bisa kan dok?
    oya, pembersihan sisa2 itu apa nanti dicabut semua sampe akar2 giginya (yg ompong)??
    TERIMA KASIH DOK :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk membersihkan sisa-sisa omong itu memang harus dicabut sampai akar-akarnya. Silakan ke drg untuk dicabut.

      Hapus
  82. Malam dokter saya mau tanya kan saya pakai gigi palsu yg di buka pasang di bagian gigi depan bagian atas. Gigi palsu saya yg bagian langit2nya yang warna pinknya dia retak. Ini kalau saya ke dokter nanti mau di ganti yang baru atau di tempel dan kalau di bisa di tempel selesainya hari itu juga ya bisa di tungguin hari itu juga ? Mohon di jawab ya dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila tidak ada bagian gigi palsu yang hilang, gigi palsu masih cekat di rahang dan tidak ada ompong baru, gigi palsu dapat direparasi. Tentang dapat ditunggu atau tidak, tergantung apkah dokter giginya memiliki laboratorium sendiri atau tidak. Kalau punya, saat itu juga dapat dikerjakan.

      Hapus
  83. Dok saya ingin bertanya jika saya memakai gigi palsu lepas pasang bolehkah saya menggunakan behel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kondisinya memang memang mengharuskan demikian, ya boleh saja.

      Hapus
  84. Dok saya mau tanya gigi depan saya kn bolong y d tengAh2 antra gigi knn dan kiri.......tp udah d tambal tp hsilnya klhtn tambalannya,,,jdnya saya gak pede klo senyum,,,mnrt dokter apa gigi depan yg keropos itu perlu d cabut trus pasang gigi palsu,,, apa d perbaiki tambalnnya j?bs gk y dok tmblnnya itu biar gl kciri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedapat mungkin, gigi dipertahankan di dalam mulut. Kalau masih bisa ditambaal, gigi ditambal. Pencabutan dan pembuatan gigi palsu adalah pilihan terakhir. Apalagi untuk gigi depan. Untuk mengetahui apakah gigimu bisa dipertahankan atau tidak, perlu pemeriksaan langsung. Maaf, tidak bisa secara online. Namun, sepertinya gigimu bisa dipertahankan dan ditambal ulang. Bahan tambalan komposit saat ini mempunyai variasi warna yang sangat luas. Kalau warna gigimu adalah warna yang umum, semua drg dapat mengerjakannya. Kalau tidak umum, banyak drg yang tidak mempunyai stok warna lengkap. Jadi sebaiknya cari drg yang memang ahli dalam estetika.

      Hapus
  85. Dok, saya punya masalah pada gigi saya, saya sudah berumur 16th tpi gigi saya tetap gigi pas waktu kecil dan tidak pernah copot atau mengalami pergantian,sehingga gigi saya kecil kecil, pernah yg gigi depan atas 1 copot dan pas tumbuh yg tumbuh malah gigi taring, susunan gigi saya juga jarang-jarang, saya perempuan dok saya merasa merasa malu ketika berbicara karena gigi saya yg aneh, sudah dri kecil saya ke dokter gigi untuk konsultasi dan dokter bilang saya harus tunggu sampai usia 16th baru bisa diimplan, sekarang gigi saya tetap seperti ini dan saya berniat untuk mengganti gigi depan saya dengan gigi palsu, namun bila gigi implan harga nya terlalu mahal pergigi nya, jadi yg mau saya tanyakan apakah sebaiknya saya pakai gigi palsu yg bisa dicopot saja? tpi saya harus cabut gigi dulu dong dok? tolong dok jelaskan mengapa gigi saya bisa begitu
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenai gigi palsu, implant memang mahal. Kalau ini memberatkan, gigi palsu lepasan masih bisa digunakan. Sampai saat ini gigi palsu masih menjadi pilihan utama. Gigi tidak perlu dicabut kalau tidak bermasalah. Kalau gigi depanmu dianggap bermasalah, ya harus dicabut dulu.

      Saya ikut prihatin dengan kondisimu. Kalau hanya memperhatukan tulisanmu semata-mata, saya menduga kondisimu adalah anodontia. Tapi ini belum pasti, karena saya belum melihat dan memeriksa. 2 hal ini sangat penting untuk mendiagnosa. Jadi jangan mengandalkan pendapat saya ini. Begitu juga dengan "gigi taring" yang tumbuh di depan, saya tidak dapat menjelaskan sebelum saya memeriksanya. Sebaiknya kamu ke dokter gigi untuk berkonsultasi.

      Hapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali, Elsa. Jangan lupa, ini hamy dugaan saya berdasarkan ceritamu ya. Bukan berdasarkan pemeriksan langsung. Diperlukan juga pemeriksaan dengan foto rontgen. Jadi belum tentu benar.

      Hapus
  87. Dok dulu saya pernah jatuh ditoilet dan 4 gigi depan saya goyang semua tp 1 gigi ada yg lepas sampe keakarnya tp udah dipasang kembali dg tetap pake gigi aslinya. Sekarang masih ada 3 gigi yg masih goyang dok dan saya bingung ini harus dilepas terus dipasang kembali atau gimana dok karena terkadang gigi depan yg goyang ini terasa nyeri dok dan kalo buat ngegigit makanan jd agak susah. Saya kadang juga kurang pd karena gigi dipasang ulang tidak sama dg gigi yg lainnya. Terima kasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wina, gigi yng lepas saat mengalami benturan memang bisa dipasang kembali. Tapi tidak demikian halnya dengan ketiga gigi yang masih goyang. Tidak mungkin mengeluarkan dan memasangnya kembali. Saya tidak bisa menentukan apa yang bisa dilakukan pada ketiga gigi ini tanpa memeriksanya langsung. Gigi yang goyang bis disebabkan karena giginya patah, bisa juga karena kerusakan penyangga gigi. Sebaiknya Wina ke drg untuk mengetahui tindakan apa yang bisa dilakukan.

      Mengenai gigi yang dipasang ulang, posiainya bisa diperpaiki dengan perawatan ortho (pemasangan behel). Silakan tanyakan kepada drg di tempat prakteknya.

      Hapus
  88. Salam kenal dok,nama saya arifta...
    Mau nanya dok,sya kn pkai gigi palsu 3 di depan,tp wrn nya beda,yg pslu lbh putih wrn nya,apakah ada cara dok untuk menyamakan wrn nya...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arifta, gigi palsu yang sudh jadi tidak bisa diubah warnanya. Jadi harus buat yang baru. Untuk mendapatkan warna yang tepat sama dengan gigi asli, pada saat pencetakan, drg akaan menyocokkan warna gigi dengan shade guide. Bantlah drg saat menyocokkan wàrna itu, dengan ikut membandingkan di cermin. Udahakaan cahaya yang digunakan adalah cahaya matahari. Cahaya lampu akan membuat bias. Selain itu shade guide juga harus dalam keadaan basaah, sama dengan gigi yang dalam keadaan basah juga.

      Hapus
  89. Dok,gigi saya jarang di depan dan kecil... bolehkah saya mencabut kemudian menanam gigi palsu... kira2 2 atau 4 gigi yg ingin saya ganti... karena saya malu dengan keadaan gigi yg jarang dan terlihat seperti gigi anak kecil,apalagi rahang saya yg lebar... padahal umur saya sudah menginjak 18 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu manfaat gigi palsu adalah memulihkan estetika wajah. Jadi kalai gigi yaang kecil itu doanggap bermasalah, bisa saja dicabut dan diganti gigi palsu.

      Selain gigi palsu lepasan, sebenarnya ada solusi lain untuk memgatasi gigi kecil dengan mempertahankan gigi tersebut dan memodifikasinya dengan tamblan komposit. Atau demgan membuat mahkota tiruan dari porselen yang diselubungi pada gigi yang kecil.

      Hapus
  90. ini lagi mikir-mikir pakai gigi palsu,, hr.rr. bingung..

    BalasHapus
  91. Dokter, 10 thn yg lalu saya jatuh dan 2 gigi depan atas patah tp cuma sedikit patahnya ga ada setengahnya tp lama2 yg sebelah kiri berlobang dan gigi saya jadi kelihatan hitam, kalau yg sebelah kanan ga berlobang hanya sedikit patah. dua duanya patanya ga rata tp menyamping bersebelahan dok, akhirnya saya ke dokter gigi dan dokter melakukan penambalan kedua gigi sy tersebut yg sebelumnya dilakukan perawatan slama 1 bln per 1 minggu 2x ke dokter gigi yg akhirnya ditambal dan karena patahnya menyamping makanya dibuat rata seperti bentuk gigi, sy merasa puas dg hasilnya walopun gigi depan sy warna nya agak hitam tp setelah bebrapa thn saya merasa ga percaya ciri dg warna agak hitam digigi depan sy yg sebelah kiri akhirnya sy pergi ke dokter gigi minta supaya warna hitam gigi sy tdk kelihatan, dokter menyarankan pemberian jaket atau tambal didepan gigi. Karena utk pemberian jaket tdk ckp 1 hr sy ambil yg tambal didepan karena bsknya sy sdh hrs keluar kota, stlh ditambal depannya agak lumayan ga klihatan hitam tp agak abu2. 2 thn sdh tambal depan itu digigi saya dan bagian bawah sdh mulai patah jd gigi belakang kelihatan.
    Dokter, apakah pemberian jaket sudah pas untuk kondisi gigi saya? Ataukah ada alternatif laen? Mohon jawabannya. Terima ksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah berkali-kali ditambal, hasilnya tidak memuaskan memang sebaiknya dibuat jacket. Supaya tidak kecewa lagi, baiknya buat yang dari porselen yang warna tidak cepat berubah dan ketahanannya baik terhadap daya kunyah. Ini adalah jawaban yang sangat pragmatis.

      Sebenarnya, tidak selalu penambalan yang mengecewakan berulang-ulang harus diganti dengan jacket. Pewarnaan pada tambalan bisa terjadi karena kekurangtelitian drg dalam bekerja. Bisa karena terkontaminasi air liur, bahan sarung tangan, alat kerja atau lainnya. Memang menambal gigi depan adalah pekerjaan sulit. Tidak banyak drg yang sanggup mengerjakannya dengan sempurna. Tapi ada. Masalahnya adalah bagaimana mencari drg dengan kualifikasi seperti itu. Coba cari klinik gigi estetik. Mudah2an ada di kotamu. Tapi saya juga tidak bisa menjaamin sepenuhnya, gigimu dapat ditambal dengan sempurna.

      Hapus
  92. Dokter, gigi saya kan berantakan nah 1 tahun yang lalu saya mulai pakai kawat gigi. Tapi beberapa hari ini gusi saya yang di gigi seri bagian gigi bawah, naik. Seperti bengkak tapi saya gak merasa sakit.

    Nah itu sakit apa ya dok? Dan bagaimana cara menyembuhkannya?

    Maaf dok kalau pertanyaan saya tidak nyambung sama topik pembahasan...

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembengkakan gusi memandakan adanya peradangan pada gusi. Untuk mengetahui demgan pasti dan tindakan yang dapat dilakukan untuk memgatasinya, perlu pemeriksaan langsung dengan melihat, meraba, dan melalukan beberapa test. Dan pembuatan foto rontgen jika perlu. Karena itu sebaiknya anda segera ke drg yang memasangkan behel untuk diperiksa.

      Hapus
  93. Maaf dok, saya ingin tanya. Gigi geraham saya rata2 di tengah"nya ini hitam" tapi tidak bolong. Apa yang harus saya lakukan dok, apakah ditambal saja? tapi kan gak bolong. Saya bingung dok. makasih dokter:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nidia, warna hitam pada bagian tengah gigi geraham umumnya merupakan tanda bahwa gigi tersebut pernah mengalami proses karies (pembusukan jaringan gigi). Proses karies bisa sudah berhenti, bisa juga masih berlangsung. Kalau sudah berhenti artinya tidak ada masalah. Kalau masih berlangsung, harus dihentikan dengan penambalan gigi.

      Lubang pada gigi, seringkali tidak terdeteksi dini oleh awam. Karena pada gigi geraham, bentuk lubang seperti kerucut dengan puncak pada permukaan gigi. Jadi kecil di luar dan membesar di dalam. Kalau ukuran lubang masih halus seperti ujung jarum, umumnya tidak dapat dilihat sendiri atau dirasakan oleh lidah. Jadi belum tentu gigimu tidak berlubang. Untuk memastikan, sebaiknya anda ke drg untuk diperiksa. Kalau memang sudah berlubang, sebaiknya segera ditambal supaya tidak bertambah besar.

      Hapus
  94. Dokter melinda, saat menulis komen ini saya masih sangat depresi mengingat penyesalan saya.
    saya ibu berusia 33 tahun, dg 2 putra. 2010 lalu saya pasang kawat gigi, karna kasus gigi saya yg gingsul dan agak maju. Dokter pertama yg merawat berhasil mengkoreksi gingsul saya dg melakukan pencabutan 4 premilar di bawah taring atas bawah kiri dan kanan.
    Karna habis space dan tidak mengalami kemajuan saya pindah ke dokter ortho kedua. Tidaj mengalami perubahan bahkan gigi makin maju dikarenakan spase sudah tidak ada tp gigi tetap di tarik. 2 tahun terbuang akhirnya saya pindah lg ke spesial ortho ke 3. Beliau menyarankan utk menggunakan sistem damond agak terjadi pelebaran lengkung, diharapkan gigi saya bisa ditarik mundur. Nah setelah 6 bulan koreksi gigi saya tetep ndak bisa mundur dok. Lalu saya memutuskan utk minta 4 gigi pre molar lg utk di cabut guna memberi space pemunduran gigi depan.
    Beberapa minggu kemudian saya ganti tambalan amalgam ke tambal komposit di beberapa gigi geraham belakang karna yg sisa hanya 3 geraham atas bawah kanan dan kiri. Betapa menyesalnya saya begitu tau kalo geraham belakang banyak yg sudah pada tipis jaringan giginya efek dari pengangkatan amalgam..
    yg saya masih menyesal sampai sekarang. Saya sudah terlanjur cabut di semua pre molar saya yg masih bagus bagus dok.. dan saya menyisakan gigi geraham yang beberapa sudah lubang besar..
    bagaimana saya bisa bangkit dari penyesalan ini ya dok.. soalnya apabila ingat soal cabut gigi waktu itu saya selalu pengen nangis, gak napsu makan dan gak bisa tidur.. sepertinya saya belum siap pake gigi palsu.. sedang dulu gigi bagus bagus saya sengaja saya buang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bu Uun, saya turut prihatin dengan keadaan ibu. Berdasarkan cerita ibu, nampaknya gigi geraham belum ada yang dicabut meskipun kondisinya tidak bagus. Jadi belum perlu gigi palsu. Sekarang yang perlu dilakukan adalah menjaga agar gigi-gigi geraham yang ada tidak bertambah parah sehingga harus dicabut. Caranya adalah dengan perawatan gigi secara rutin demgan cara yang benar pada waktu yang tepat.

      Hapus
  95. Dok aku mau tanya ..
    aku udah pasang gigi palsu hampir dua bulan
    aku pasang 2biji gigi depan..
    yang aku mau tanya apa gigi palsu itu memang nempel ny klihatan di luar gusi ?
    Dan seperti nya agak tinggi posisi gigi dri lubang gusi ??
    apa jngan" pemasangan dri dokter gigi saya yg salah buat gigi nya ??
    Di tunggu jawabanya dok
    thanksa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi palsu yang baik akan terlihat sangat mirip dengan gigi asli, baiknwatna, bentuk dan posisinya. Kalau terlihat tidak baik poaisinya, sebaiknya kembali ke drg yang membuatkan gigi palsu untuk dikoreksi. Gigi palsu yang terdiri atas 2 buah bukanlah kasus yang rumit sehingga sehingga dapat dibuat dengan baik.

      Hapus
  96. buk..saya mAhu nanya..umur saya 18...5 hari yang lalu saya kemalangan motor..3 gigi depan saya tanggal....kira kira berapa lama ya harus saya tunggu sebelum memakai gigi palsu..karna saat ini..mulut saya terasa pedih dan sakit akibat sariawan dan keradangan hasil kemalangan itu....dan dahulunya gigi depan saya terlihat maju kehadapan..apa setelah saya membuat gigi palsu hasil akan menjadi begitu juga??tolong dijawab ya buk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi palsu bisa dibuat setelah luka sembuh. Kalau tidak ada masalah, lukaa akan sembuh dalam waktu 4 hingga 5 minggu. Gigi palsu bisa dibuat dengan penyesuaian sehingga posisi lebih baik daripada semula.

      Hapus
  97. bu dok saya mau tanyak umur saya 16 thn gigi saya patah separuh di depan 2 buah gigi, saya udh pasang gigi palsu trus tiba2 habis pasang gigi palsu terasasakit dan nyeri bu dok, dan langit2 mulut bengkak itu knp dok .
    mohon konsultasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gusi yang masih ada sisa gigi patah tidak boleh dipasangkan gigi palsu. Sisa gigi patah itu kemungkinan besar mengandung kuman-kuman. Gigi palsu yang menutupi sisa gigi akan membuat lingkungan yang sangat nyaman bagi kuman-kuman untuk berkembang biak. Inilah yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan langit-langit. Seharusnya sisa gigi dicabut dulu. Setelah luka sembuh, baru dipasang gigi palsu.

      Hapus
  98. Bu dokter ,kan saya punya masalah terhadap gigi saya , 2 geraham saya sudah tinggal sedikit ,karena sudah bolong selama bertahun", itu bagaimana menurut ibu jika di pasang gigi palsu ,karena saya malu bu meihat 2 gigi geraham saya tinggal dikit . solusinya ya bu
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi geraham yang tinggal sedikit itu harus dicabut dulu, setelah itu baru dipasang gigi palsu. Itu solusinya.

      Hapus
    2. jika ganti dengan gigi palsu ,harus perawatan tiap hari ya bu dokter ? terus kalau boleh tau tarif ganti gigi palsu berapa ya bu dokter?
      terima kasih

      Hapus
    3. oh ya bu dokter saya mau bertanya lagi ,kn gigi saya ada yang mau bolong lagi ya dok , itu bagaimana perawatannya supaya bolongnya tidak terlalu besar ?

      Hapus
    4. Perawatan gigi palsu sama sperti gigi asli. Dilakukan setiap hari aling sedikit 2x setelah makan pagi ansebelum tidur. Waktu dibersihkan, gigi palsi harus dilepas. Malam hari, gigi palsu dilepas dan setelah dibersihkan, direndam dalam air.

      Gigi dengan lubang kècil harus ditambal supaya tidak bertamah besar.

      Hapus
    5. sarannnya ya bu dokter?

      Hapus
    6. dok gigi saya kan yang bolong ada 5 ,masa semuanya harus di cabut ,nanti gigi saya tinggal dikit dong dok ... mohon bantuannya ya bu dokter?

      Hapus
    7. Seperti yang sudah saya jawab di atas, ditambal. Jadi pergilah ke drg untuk menambal gigi yang berlubang kecilsupaya tidak bertambah besar.

      Hapus
  99. Dok gigi 1 depan saya ada dulunya ada copot terus dipasang kembali dg tetap menggunakan gigi aslinya tp waktu pemasangannya itu kayanya terlalu kedalam gusi shg kalo lg ketawa keliatan ompong dan terkadang agak ga pd, yg saya tanyakan apakah gigi yg pemasangannya terlalu kedalam gusi sebaiknya dicabut lalu dipasang ulang biar rata dg gigi lainnya biar tidak keliatan ompong. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi yang terlalu masuk dapat dikembalikan ke posisinya dengan menggunakan kawat ortho [behel]. Tidak dengan mencabut lalu memasang ulang, karena kemungkinan berhasil sedikit mengingat gigi tersebut sudah pernah copot.

      Hapus
    2. Tp gigi saya sudah rata dok, maksud saya gigi yg pemasangannya terlalu kedalam gusi juga keliatan seperti setengah patah. Apa kalo pake behel bakal ngaruh dok

      Hapus
    3. Pengunaan behel bukan cuma untuk meratakan susunan gigi saja tapi juga mengembalikan gigi ke posisi yang benar. Untuk memastikan bisa atau tidaknya, sebaiknya ke drg yang praktek.

      Hapus
  100. apa yang menjadi acuan pemilihan perekat gigi palsu yang bagus dan aman?
    mohon sarannya.

    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling penting adalah zat perekat yang dikandungnya harus merupakan bahan yang tidak berbahaya. Bahan yangvberbhaya biasanya mèmpunai bau yang menusuk begitu kemasannya dibuka, misalnya cyanoacrylate. Kemudian, sifat perlekatannya tidak permanen sehingga gigi palu dapat dibuka lagi setelah menggunakan perekat. Selain itu, bahan perekat tidak boleh bereaksi dengan bahan gigi palsu sehingga menyebabkan perubahan bentuk gigi palsu.

      Hapus
  101. Terima kasih sblmnya Dok sdh bermurah hati membagi info nya...
    saya irvan 27 thn...
    mau tanya dok...saya pernah bikin gigi palsu lepasan di tukang gigi...
    krna gigi taring sy patah krn jatuh dr mtr...trus tukang giginya kikis sampai sisa akarnya (permukaan dasar gigi) utk jadi dasar gigi palsunya...
    apakah betul cara krja sprti demikian Dok?

    pertanyaan kedua Dok...gigi bagian blkg saya ada 2 yg sisa kecil sekali dari permukaan gusi...apakah cara cabut gigi itu harus dgn operasi belah.gusi? krn sisa gigi dri permukaan udah tipis skali...

    ketiga : di gusi saya timbul seperti benjolan kecil...pernah saya tekan saya tekan sampai pecah keluar sperti cairan gitu...tapi timbul lagi...apa itu berbahaya Dok...

    keempat : Dok apakah di gusi yg sudah tidak ada gigi...boleh pasang gigi palsu??? type apa ya Dok???

    Terima kasih atas kemurahan hatinya Dok mau membalas dan meluangkan waktunya...Tuhan memberkati Dok sekeluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Irvan,langaung saya jawab ya pertanyaannya :
      1. Sisa akar gigi harus dicabut sebelum dipasangkan gigi palsu. Jadi tindakan tukang gigi dengan engikis sisa gigi hingga guai adalah salah karena menyisakan sisa gigi yang busuk. Bisa menyebabkan infeksi.

      2. Apakah gigi itu bisa dicabut biasa atau haru dengan operasi hanya bsa ditentukan melalui pmeiksaan langsung. Maaf sya tidak berwenang untuk menjawab karena tidak melihat sendiri.

      3. Benjolan berisi cairan kemungkinan nanah karena ada infeksi. Harus dicari sumber infeksinya dan diobati.

      4. Guai yang udah tidak ada giginya boleh dipasang gigi palsu jenis apa saja.

      Hapus
  102. bu dokter saya mau nanya saya memakai 2 gigi palsu dan setiap hari saya selalu memakai perekat gigi seperti polident untuk mengencangkan gigi saya apa kah perekat gigi seperti polident tersebut bisa berbahaya jika tertelan ? kemudian bagaimana sih cara merawat gigi palsu yang baik itu kebetulan gigi palsu saya bisa dilepas sewaktu-waktu? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahan perekat gigi seperti polident èngandung bahan sodium carboxy methylcellulose yang aman jika tertelan dalam jumlah sedikit. Gigi palsu yang ideal tidak memerlukan perekat agar stabil dalam mulut. Kalau jumlah gigi yang hilang tidak banyak, dapat dibuatkan gigi palsu yngstabil. Jadi sebaiknya buat gigi palsu yang baru yang bih baik agar terhindar dari kemungkinan tertelannya bahan perekat.

      Perawatan gigi palsu yang baik adalah dengan membersihkannya setiap kali menyikt gigi asli. Gigi palsu harus dibuka saat dibersihkan. Gunakan sabun yang lembut untuk membersihkannya. Bila ada noxa yang membandel, tendamlah gigi palsu dalam laruan bakung soda selama 15 menit sebelum mencucinya.

      Hapus
  103. Misi dok mau tnya . Brp lama idealnya pasang gigi palsu setelah pencabutan ?? Lalu apakah setiap pemakaian gigi palsu akan terlihat maaf merongos ?? Soalnya gigi atas depan saya abis saya cabut dok ada 6 buah . Matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idealnya, luka pencabutan sudah menutup rapat tapi belum menimbulkn penyusutan tulang. Waktunya berkisar antara 4 hingga 6 minggu. Idealnya, gigi palsu dibuat sesuai susunan gigi asli sehingga tidak terlihat palsu. Modifikasi dapat dilakukan seandainya gigi asli sebelumnya kurang estetis sehingga gigi palsu trlihat lebih estetis. Jadi kalau gigi palsu terlihat tonggos artinya gigi palsunya tidak baik.

      Hapus
  104. Dok saya mau konsultasi.kan saya memakai gigi palsu didepan satu buah tapi gigi di sebelahnya malah goyang sedikit.kata dokter saya katanya masih kuat gpp gausah di cabut.kalo menurut bu dokter apakah harus di cabut dan mmkai 2 buah gigi palsu di depan atau di splinting fibre dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah giigi goyang setelah menggunakan gigi palsu? Berapa besar kegoyangannya? Maaf, saya belum bisa mnenjawab mana yang lebih baik sebelum mengetahui kondisi sebenarnya. Silakan email saya untuk mendapat jawaban lebih cepat melindadrg@yahoo.co.id

      Hapus
  105. dok... saya mo tanya,gigi depan saya berlubang ditengah di bagian kedua gigi depan,lama2 semakin besar lubangnya kropos hitam,apakah masih bisa diperbaiki...???
    terus waktu smp pernah jatuh dari sepeda,dan ada retak dibagian gigi depan atas...solusinya gmn ...???
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa atau tidak bsa diperbaiki gigi berlubangmu, tergantung besar kerusakan, perlu pemeriksaan klinis. Saya tidak berwenang untuk menjawab ini karena tidak dapt memeriksa gigimu. Begitu juga dengan higi yang patah. Solusiny ada di ruang paktek dokter gigi. Jadi pergilah ke dokter gigi.

      Hapus
  106. Dok, gigi geraham saya mau di cabut 1karena udah rusak parah tinggal akarnya aja. Kalau pasang gigi palsu yang paling cocok yang bagaimana ya, permanen apa lepasan. selain implan lho ya. Mohon masukannya. Makasih ya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi palsu yang paling cocok untuk tiap orang berbeda2 sesuai dengan pilihan masing2. Tiap jenis gigi palsu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing2 dibandingkan gigi palsu lainnya. Jadi gigi palsu yang paling cocok tergantung prioritas masing2 orang.

      Perbedaan secara umum adalah : gigi palsu lepasan harganya lebih muah dibandingkan yang cekat, tapi memerlukan perawatan harian yang sedikit lebih rumit. Gigi palsu cekat lebih awet dalam segi warna dan kekuatan terhadap daya kunyah.

      Hapus
  107. Dok saya mau nanya,gigi seri 2 saya lepas satu,apakah bisa menggunakan behel saja,tidak menggunakan gigi palsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa. Tergantung susunan gigi-gigi yang masuh ada di dalam mulut. Tapi kemingkinan hasilnya juga tidak memenuhi syarat estetika, karena hasilny menjadi yiak simetris.

      Hapus
  108. dok, mau tanya adik saya mur 16 tahun, 2 giginya masih seperti gigi susu. itu biasanya kenapa ya? kok bisa masih gigi susu. dan sekarang baru goyang pas ke dokter gigi harus paksa cabut kedua gigi tersebut. dan gak bisa tumbuh kembali katanya. dan dianjurkan untuk pasang gigi palsu. saya mau nanya apakah tidak ada kemungkinan untuk tumbuh lagi??
    apa memang harus pakai gigi palsu. bisakah kita nunggu dulu barang kali gigi bisa tumbuh? kalau pasang gigi palsu kira-kira kisaran biaya nya berapa untuk gigi palsu yang lepas pasang ajah? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi yang seperti gigi susu itu letaknya di belakang ya? Kemungkinan besar itu bukan gigi susu tapi gigi tetap yang tumbuh paa usia sekitar 6 tahun. Gigi ini seringkali dianggap gigi susu dan ďibiarkan berluang terus karena dihrapkan akan tanggal nantinya.

      Maksudnya drg harus cabut paksa bagaimana? Drg tidak akan memaksa menabut gigi tanpa persetujuan pasien sebelumnya, baik lisan maupun tertulis. Yang sering terjadi justru drg dipaksa mencabut gigi oleh pasien padahal gigi masih bisa dipertahankan.

      Kalau memang gigi tetap pertama ini yang dicabut, berarti memang tidak akan tumbuh penggantinya dan harus dibuatkan gigi palsu. Mengenai harga, silakan tanyakan kepada drg yang akan membuatnya.

      Hapus
  109. dok gigi geraham saya rahang atas bawah kanan kiri udh pda dicabut smua gra" cuman tinggal akar gigi nya aja akhirnya dicabut
    gigi geraham bawah kanan dicabut 1, yg kiri bawah geraham dicabut 2 pluz gigi seri dismpg geraham paz jga dah dicabut gara" kropos
    gigi geraham atas kanan dicabut 1 pluz gigi seri smpg nya juga dicabut 1, yg kiri geraham dah dicabut 1
    banyak bgt dok gigi yg dah pada gak ada dah pda dicabut coz dah tinggal akar gigi semua
    saya kan mw pake behel makanya akar gigi disuruh dicabut smua sama dokternya, tpi berhubung gigi geraham belakang atas bawah kanan kiri banyak yg udh pada ompong, jdi yg dipasangin behel cuma gigi depannya aja
    gigi geraham belkg udh pada gak ada jdi bikin kalo ngunyah makanan jadi krg nyaman n nikmat dok, kira" klo pasang gigi tiruan buat geraham bisa gak ya dok biar bisa ngunyah makanan dgn smestinya ?

    mohon jawaban dn solusinya ya dok makasih banyak dn maaf kalo kepjgan komentarnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi palsu untuk gigi belakang bisa dibuat dan memang seharusnya dibuat untuk mengembalikn fungsi kunyah.

      Kalau boleh tau, pasang behel untuk apa ya? Kalau untuk gaya, hati-hati ya. Karena behel itu bukan untuk gaya tapi untuk meapikan susunan gigi. Pemasangan behel akan merusak jaringan penyangga gigi kalau penggunaannya tidak terkontrol.

      Hapus
    2. iya memang niat pasang behel karena ingin merapikan susunan gigi saya yg gak rapi bgt dok berharap bisa punya gigi yang rapi enak di lihat dan senyum indah juga bisa mengunyah makanan dengan nikmat dan nyaman. tapi ternyata karena sebelumnya selama ini kurang begitu memperhatikan dan merawat gigi pas mw pasang behel jadi gigi geraham yang sudah pada keropos dan hanya tinggal akar nya saja harus dicabut semua, umur saya baru 23 thn menginjak 24thn tpi sgt disygkan sekali gigi geraham atas dan bawah sudah banyak yang tidak ada,jadi yang dirapikan dengan dipasang behel hanya gigi bagian depan. maka dari itu juga setelah perawatan behel ini selesai saya ingin sekali memakai gigi geraham tiruan untuk semua gigi geraham yang sudah tidak ada/ dicabut. benar bisa kan ya dok setelah perawatan behel selesai gigi bagian depan sudah rapi semua setelah itu memasang gigi geraham tiruan? karena saya gak pede sekali baru umur segni gigi geraham banyak yang sudah rusak/ dicabut saya juga ingin bisa mengunyah makanan dengan baik dan nyaman semestinya

      Hapus
  110. Selamat siang dokter,

    Saya baru saja melakukan penindaka pengangkatan tumor pada dagu, yaitu ameloblastoma carsinoma, yang dimana tulanh rahang sayang di potong dan mengakibatkan gigi dan gusi bagian bawah hilang semua, apakah itu saya bisa melakukan pemasangan gigi bantuan atau gigi palsu yang dimana saya sudah tidak mempunyai gusi bawah.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya baru sempat buka blog lagi setelah cuti 2 minggu. Saya ikut prihatin dengan kondisi Bapak. Ikut bersyukur proses pengangkatan tumor telah berhasil dilalui. Saya berharap proses penyembuha dan rehabilitasi juga akan lancar.
      Kalau tumor sudah terangkat semua, perlahan-lahan akan terbentuk jaringan sehat yang baru sehingga rahang akan terbentuk lagi. Setelah rahang terbentuk sempurna, bisa dibuat gigi palsu di atasnya. Kebetulan saya pernah menjumpai kasus seperti ini juga belasan tahun yang lalu. Saat ini beliau sudah seperti orang normal lainnya. Rahangnya sudah kuat dan menggunakan gigi palsu.

      Hapus
  111. Selamat Malam Dokter, usia saya baru 24 tahun, tapi gigi saya sudah banyak yg rusak yaitu gigi geraham atas kiri, gigi geraham bawah satu kiri dan dua kanan sehingga terpaksa harus dicabut, setelah membaca blog ini saya akhirnya memilih untuk menggunakan gigi palsu lepasan dengan harapan di kemudian hari bisa membuat gigi palsu yg lebih baik (implant), namun saya khawatir akan tingkat kenyamanannya, saya sebelumnya ditawari untuk menggunakan gigi palsu bridge namun gigi saya yang lainnya masih sehat sehingga saya merasa sayang bila harus mengganggu gigi sehat saya, yang ingin saya tanyakan menurut dokter sebaiknya saya memakai gigi palsu lepasan atau bridge, mengingat gigi saya yang lepas cukup banyak apakah akan mempengaruhi kenyamanan saya dalam beraktifitas (makan, bicara, dsb) bila saya memilih yang lepasan? terimakasih sebeumnya Dokter Melinda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi palsu dengan jumlah gigi seperti pada kasusmu masih cukup nyaman dipakai untuk makan. Bisa menggunakan jemis fleksibel yang terdiri atas 3 bagian terpisah : atas kiri, bawah kiri dan bawah kanan. Jenis ini akan nyaman dipakai.

      Hapus
  112. dok saya mau nanya saya baru pasang gigi palsu di bagian depan, 2 tpi doktor nya gak ada kasih saran kapan harus lepaskan,
    apa dokter yang saya pasang gigi belom pengalaman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi palsu hars dibuka setap malam sebelum tidur. Setelah dibersihkan dengan sabun lunak dan dibilas, rendam dalam air semalaman. Selain itu, setiap kali menyikat gigi juga harus dibuka untuk diberßihkan secara terpisah dengan gigi asli.

      Hapus
  113. maaf bu dokter .. saya mau konsultasi .. ini saya berumur 14tahun .. dan gigi saya ada 4buah yang caries digigi depan atas .. saya malu saat berbicara dengan temanteman . saya berniat ingin cabut gigi dan pasang gigi baru .
    saya belum tau tentang pemasangan gigi,, dokter apakah cabut gigi dan pasang gigi itu sakit??, atau saat proses itu saya akan dibius ?, dan satu buah gigi harga berkisar berapa ratus atau juta ??, dan bagaimana cara pembersihan gigi yang dpt dilepas??, apakah sakit saat pelepasan gigi untuk pembersihan ??,
    NOTE:tolong balas dokter ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencabutan gigi tetap selalu dilakukan dengan pembiusan sebelumnya. Jadi tidak sakit. Yang terasa sedikit menyakitkan adalah saat disuntik obat bius di gusi sekitar gigi. Sakit sedikit dan hanya beberaa detik.

      Pemasangan gigi palsu tidak sakit. Sebelum pembuatan gigi palsu, ada pencetakan rahang. Pencetakan ini pada beberapa orang senitif menimbulkan rasa mual. Hal ini dapat diatasi dengan cara menarik nafas secara sadar melalui hidung saat bahan cetak masuk ke dalam mulut, jangan lewat mulut.

      Pelepasan gigi palsu saat pembersihan juga tidak sakit.

      Hapus
  114. Gigi depamatas saya patah 3 karena kecelakaan dan depan bawah lepas 2 .
    Sudah dianjurkan untuk pasang implan buat gigi bawah yg lepas . Tapi gigi depan saya atas bawah memang tidak rapi dan sudah lama ingin pasanga kawat gigi . Apakah bisa gigi pernah patah serta di implan di beri behel ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi implan tidak bisa digerakkan / dipindah posisinya dengan behel. Tapi susunan implan dapat diatur sehingga susunannya rapi tidak seperti gigi asli sebelumnya.

      Hapus
  115. Dokter, adakah lem untuk melekatkan crown Gigi yg terlepas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ridak aa. Crown harus dilekatkan dengan semen resin khusus yang aa di ruang praktek drg.

      Hapus
  116. Salam hormat, dok saya mw tanya,saya adi umur 27 thn, kemarin saya pasang gigi palsu lepasan akrilik yg ada kawat penyangga di gigi warna pink, sebelumnya memakai gigi palsu yg di tempel permanen dengan lem ke gigi samping nya...setelah pakai gigi yg lepas pasang tsb cara bicara saya jadi aneh dan cadel jd tidak nyaman..apakah memang demikian akibat memakai gigi palsu jenis tsb? Brp lama mulut akan menyesuaikan sehingga dpt terbiasa?apabila cabut gigi apakah akan menyebabkan gigi samping nya bisa turun dan gusi naik sehingga gigi terlihat memanjang dan gigi bisa goyang? Adakah obat untuk gusi yg naik? Maaf pertanyaan nya byk.
    Terima kasih semoga Tuhan selalu memberikan nikmat sehat untuk ibu dokter dan keluarga,amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang plat akrilik pada gigi palsu membuat bicara menjadi cadel karena berkurangnya ruang gerak lidàh. Penyesuaian biasanya antara 1 minggu hingga 1 bulan.

      Pencabuan gigi dapat menyebabkan penyusutan gusi dan jaringan penyangga gigi tetangganya. Karena itu, daerah yang ompong harus dipasang gigi palsu untuk mempertahankan bentuk gusi.

      Kalau gusi sudah terlanjur menysut, tidak dapat dipulihkan dengan obat.

      Hapus
  117. Sore Dok, saya mau tanya dan minta pendapat dari Dokter..
    Dulu pada saat usia 16 gigi saya pernah berlubang, kemudian oleh dokternya disarankan untuk PSA dan memakai crown (seingat saya di bagian akar juga dipasangi akar pengganti). Hal tersebut tidak mengalami masalah, sampai akhirnya pada bulan Agustus 2015 (usia saya saat ini 23) gigi crown saya lepas, kemudian saya ke dokter gigi dan direkatkan kembali..
    Nah, pada bulaan November 2015 gigi crown saya lepas lagi. Kemudian saya ke dokter dan kata dokternya gigi penyangganya sudah tidak bagus dan sisa gigi penyangga disarankan untuk dicabut serta membuat gigi palsu lagi.
    Yang ingin saya tanyakan,
    Apakah gigi ompong memang harus dibuatkan gigi palsu, Dok?
    Untuk jenis gigi palsu permanen, lebih baik implant, bridge, atau maryland bridge?
    Untuk jenis gigi palsu lepasan, lebih baik yang akrilik, valplast, atau resin flexi?
    Terima kasih atas kesediaan Dokter untuk menjawab :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenai prrlu tidaknya higi palsu, silakan baca tulisan saya di http://wardogi.blogspot.co.id/2014/05/gigi-palsu-perlu-atau-tidak.html?m=1

      Tentang pilihan gigi palsu, saya tidak bisa menentukan tanpa melihat sendiri kondisi mulutmu. Seain itu, keputusan mana yang terbaik, ada di padamu sendiri. Tiap jenis mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Jadi tergantung pada kebutuhanmu.

      Hapus
  118. sore dok saya mau tanya, gigi depan saya yg kanan itu sering sakit dok dan gusinya juga kadang bengkak spt sariawan gitu dok, apakah mungkin ini ada hubungannya dg gigi pasangan, karena dulu saya pernah jatuh lalu gigi tsb saya goyangkan sampai lepas dg akarnya lalu dipasang kembali dg pemasangan gigi yg terlalu kedalam gusi shg terlihat seperti patah, mohon sarannya dok karena saya terkadang terganggu dg kondisi tsb saya
    terima kasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada peraangan pada gigi yang pernah lepas itu. Untuk memastikannya, perlu peeriksaan langsung. Kalau ada peradangn dan masih memungkinan untuk penyembuhan, gigi perlu dirawat. Jadi pergilah ke praktek drg terdekat.

      Hapus
  119. Malm dok.saya pigin tanya dr mana pengalaman yg d dapt dr tukang pasang gigi palsu d pikir jalan dok..dan apkah mereka juga bs d percya tuk pasang gigi palsu..maksih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tukang gigi mendapatkan ilmu membuat gigi palsu bisa dari berbagai sumber. Bisa karena pengalaman yang diwariskan oleh orangtuanya yang tukang gigi juga. Bisa belajar dari teman yang tukang gigi. Bisa belajar dari pengalaman menjadi teknisi di laboratorium gigi. Bisa belajar formal di sekolah tekniker gigi. Dan masih banyak kemungkinan lain.

      Masalahnya, di Indonesia tidak ada peraturan yang mengatur persyaratan menjadi tukang gigi. Tukang gigi bisa buka warung di mana saja mengikuti kebutuhan pasar. Soal mutu pekerjaanya, ditentukan oleh pasar juga.

      Hapus
  120. Pagi dok, ada yang mau saya tanyakan,saya kecelakaan dok gigi depan sblh kiri cuil tinggal separo, kemudian saya ke drg, dilakukan perawatan dan kmdn dipasang kayak jaket buat gigi gitu, tanpa sy sadari ternyata gigi depan sblh kanan mengalami keretakan yang baru ketauan setelah akhir2 ini mulai menghitam trs kadang ngilu ditambah gusi atas timbul kayak jerawat, saya agak takut ke drg kalo gigi depan saya sampai dicabut, banyak orang nakut-nakutin sarafnya ada hubungannya sama mata, apa benar ya dok?mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi yang berubah warna bisa disebabkan karena benturan waktu kecelakaan. Bisa ada keretakan, bisa juga tidak. Jika kondisi akar dan jaringan penyangga gigi masih baik, gigi masih dalat dipertahankan, tidak perlu dicabut. Bila kondisi gigi dan penyangga tidak memungkinkan, berarti ini adalah indikasi pencabutan. Gigi yang dicabut sesuai dengan indikasinya tidaklah berbahaya.

      Syaraf yang mensyarafi gigi berbeda dengan yang mensyarafi mata. Pencabutan gigi tidak berakibat apa-apa pada mata. Sebaliknya justru yang mungkin terjadi. Gusi yang bernanah sehingga mènimbulkan bintil seperti jerawat menandakan aďanya infeksi. Inilah yang berbahaya. Jika tidak segera ditangani atau salah penanganan akan menyebabkan penyebaran infeksi ke tempat lain, termasuk mata.

      Jadi segeralah pergi ke drg.

      Hapus
  121. Malam dokter.. Umur saya 21thn..
    4 gigi atas depan saya dari SD sudah sering ditambal dok. Sampai sekarang 4 gigi saya tsb permukaannya full dengan tambalan.
    Tahun 2014 lalu salah satu gigi saya itu patah setengah (vertikal) yg kemudian ditambal lagi.
    2 minggu yg lalu gigi saya yg pernah patah vertikal itu retak dan goyang dok, dan sore tadi patah. Tapi masih ada sisanya sedikit.
    Saya rencananya mau pakai gigi tiruan lepasan dok tapi saya bingung apakah untuk satu gigi saya yg patah itu saja atau untuk keempat gigi saya mengingat bahwa permukaan giginya sdh full dgn tambalan. Baiknya seperti apa ya dok?
    Dan kalau mau konsultasi dokter apa yg harus saya temui dahulu, dokter gigi umum atau dokter gigi Sp.Pros?
    Terimakasih sebelumnya bu dokter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak dapat menjawab dengan pasti karena saya tidak melihat dan memeriksanya. Saya tidak tahu seberapa besar kerusakan gigi2 lainnya dan seberapa besar yang tersisà. Untuk kepastiannya, memang harus ke drg. Bisa drg umum atau langsung Sp. Pros. Bedanya,drg umum akan melihat masalah gigi lebih umum dan menyeluruh.

      Hapus
  122. Dok saya mau tanya.
    Gigi geraham sebelah taring atas sebelah kanan saya berlubang dan keropos bagian dalamnya.
    Tapi bagian depannya msh bagus.nah pagi tadi ketika bangun tidur saya kaget gigi yg msh bagus itu malah goyang.setelah saya raba dg lidah,ternyata patah dg gigi bagian dalamnya.tidak sakit tp jadi tdk bisa makan.harus dicabutkah dok?karna ini goyang sekali.kalo dicabut saya jadi ompong dong ya dok.walaupun bukan gigi bagian depan tp saya sdh merasa tidak pede.
    Terimakasih dok atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak bisa menjawab dengan pasti, apakah harus dicabut atau bisa dipertahankan. Karena saya tidak melakukan pemeriksaan langsung. K

      alaupun dapat dipertahankan, memerlukan perawatan endodontik. Perawatan endodontik dilakukan dalam beberapa kali kunjungan sebelum akhirnya dibuat restorasi gigi. Restorasi kemungkinan besar berupa crown dengan pasak pada gigi.

      Kalau harus dicabut, bisa dibuat gigi palsu sebagai penggantinya.

      Hapus
  123. Dok.. maaf saya mau bertanya umur saya baru 19tahun tapi gigi saya sudah berantakan apalagi bagian bawah... gigi geraham bawah saya kiri dan kanan sudah habis berlubang dan membuat makan tidak nyanan... mau pergi ke dokter gigi saja malu soalnya padahal umur saya baru 19 tapi semua gigi saya berantakan bahkan bisa di bilang tak layak pakai...
    Apa gigi saya masih bisa di rapihkan dan 2gigi geraham saya bisa di gantikan dengan gigi palsu... apakah gigi palsu memerlukan posisi tertentu untuk menempel, saya ingin mengganti kedua gigi geraham saya tapi takutya tidak bisa karena gigi di sebelahya atau atasnya tidak memadai untuk memasang gigi palssu
    Maaf bila ada kata kata yang salah dan maaf bila mana pertanyaannya sulit di mengrti dok
    Terimakasih

    BalasHapus

Bersabarlah. Pertanyaanmu tidak akan muncul sekarang. Tidak perlu mengetik ulang pertanyaanmu. Kalau saya tidak sibuk, dalam beberapa jam pertanyaanmu berikut jawabannya akan muncul. Kalau saya sibuk atau cuti, mungkin perlu waktu sekitar 7 hingga 10 hari. Silakan beri tanda centang di kotak di depan "Beri tahu saya". Kalau IDmu jelas, akan ada email notifikasi saat komentarmu dan jawaban saya muncul.