Sabtu, 03 Mei 2014

Mencabut gigi napi dengan kasus narkoba


Dalam kunjunganku ke Nusa Kambangan beberapa hari yang lalu, aku mendapat tugas melayani di LP Besi. Ada sedikit kekuatiran di hatiku ketika mengetahui tugas ini. Pelayanan yang paling memungkinkan dilakukan untuk bakti sosial seperti ini adalah pencabutan gigi. Agak sulit melakukan penambalan, karena tidak ada peralatan untuk membersihkan lubang gigi dari jaringan busuk dan membuat lubang cukup steril sebelum dilakukan penambalan. Kekuatiranku melakukan pencabutan pada napi-napi di LP Besi disebabkan karena mereka merupakan napi dengan kasus narkoba. Aku kuatir obat bius yang disuntikkan sebelum pencabutan tidak efektif karena pengaruh obat-obatan yang pernah dipakai para napi sebelum masuk LP Batu ini.


Ternyata kekuatiranku tidak berdasar. Hampir semua pencabutan dapat dilakukan di bawah efek obat bius yang baik. Setelah dipikir lebih jauh, aku menemukan alasan mengapa obat bius dapat bereaksi efektif. Ada beberapa hal :
1. Napi yang sudah masuk LP Besi, tidak semuanya merupakan pemakai narkoba. Ada pengedar, juga pemilik ladang ganja. Untuk 2 jenis yang terakhir, tentu saja tidak ada masalah dalam efek obat bius.
2. Untuk napi mantan pemakai narkoba, sudah pasti LP Besi bukan merupakan satu-satunya LP yang pernah dihuninya. Sebelum masuk Nusa Kambangan, pasti mereka sudah dibina di LP lain. Jadi sudah cukup panjang waktu yang dilewati para napi sejak terakhir kali berkontak dengan narkoba.
Yah... memang kekuatiranku ternyata memang berlebihan.

Yang menarik, ternyata banyak napi yang takut disuntik! Tidak jarang diantaranya memiliki tatoo yang cukup banyak di sekujur tubuhnya yang untuk membuatnya diperlukan banyak sekali tusukan. Menggelikan juga bila terjadi pada napi dengan kasus pengguna narkoba jenis suntikan. Ternyata suntikan dokter gigi merupakan hal yang sangat menakutkan mereka dibanding suntikan narkoba maupun tusukan jarum tatoo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bersabarlah. Pertanyaanmu tidak akan muncul sekarang. Tidak perlu mengetik ulang pertanyaanmu. Kalau saya tidak sibuk, dalam beberapa jam pertanyaanmu berikut jawabannya akan muncul. Kalau saya sibuk atau cuti, mungkin perlu waktu sekitar 7 hingga 10 hari. Silakan beri tanda centang di kotak di depan "Beri tahu saya". Kalau IDmu jelas, akan ada email notifikasi saat komentarmu dan jawaban saya muncul.