Jumat, 22 September 2017

Perdarahan setelah pencabutan gigi

ditulis oleh Melinda
 
Pencabutan gigi umumnya akan meninggalkan luka yang akan sembuh sendiri tanpa pengobatan. Seperti luka di lutut karena jatuh, perdarahan akan berhenti sendiri karena pembuluh darah yang   terpotong adalah pembuluh darah yang halus. Dokter gigi biasanya memberikan tampon untuk digigitkan selama 1 jam di atas luka bekas pencabutan. Tampon ini bermanfaat untuk memberikan tekanan pada pembuluh darah agar membantu penutupan sehingga berhenti mengeluarkan darah.

Dalam beberapa kasus ada pencabutan yang meninggalkan luka dengan perdarahan yang berkepanjangan. Misalnya ada infeksi pada jaringan lunak di sekitar gigi. Atau tertinggalnya jaringan granulasi di ujung akar akibat infeksi gigi kronis. Atau ada serpihan tulang tajam yang menusuk gusi. Atau akar gigi yang sangat panjang sehingga ujungnya menyentuh pembuluh darah dan pencabutan menakibatkan pembuluh darah pecah. Atau ujung akar geraham atas menembus ruang sinus. Atau....masih banyak hal lain. 

Perdarahan yang berlangsung lama dapat diprediksi oleh dokter gigi begitu pencabutan selesai. Karena itu akan ada tindakan yang dilakukan oleh dokter gigi dengan penjahitan atau pengangkatan serpihan tulang, pemberian tampon ekstra atau pemberian obat. 

Proses penghentian perdarahan dimulai dengan pembentukan beku darah pada lubang bekas gigi. Beku darah ini  akan menutup luka pada pembuluh darah sehingga tidak mengeluarkan darah lagi. Karena itu ada larangan berkumur, menghisap-hisap daerah pencabutan dan meludah dengan keras karena akan menyebabkan beku darah lepas.

Perdarahan yang tidak berhenti lebih dari 4 jam bukanlah hal wajar.  Segeralah kembali ke dokter gigi yang mencabut gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Bila drg suah tidak ada di tempat, carilah klinik lain atau rumah sakit. Ingatlah, perdarahan yang berkepanjangan akan menimbulkan gumpalan darah yang besar juga di atas luka pencabutan. Gumpalan darah yang besar sudah pasti baunya tidak enak dan menimbulkan rasa mual, tapi membantu menghambat aliran darah. Jadi biarkan saja gumpalan darah pada tempatnya sebelum bertemu dokter gigi.

Dalam tulisan-tulisan saya sebelumnya, banyak pembaca yang mengeluhkan perdarahan yang tidak berhenti hingga berjam-jam bahkan sampai melewati hari berikutnya. Adalah tidak bijaksana mencari jawaban di internet untuk perdarahan berkepanjangan. 

Silakan baca dulu sebelum bertanya di kolom komentar. Ada banyak pembaca lain yang mengalami masalah yang mirip denganmu dan sudah saya jawab pertanyaannya. Demi efisiensi tenaga dan waktu, pertanyaan-pertanyaan dengan masalah yang mirip tidak akan saya jawab lagi. Kalau tulisan ini dan komentar-komentar di bawah ini belum menjawab pertanyaan Anda, masih ada beberapa tulisan lain di warung ini yang berhubungan dengan pencabutan :  

4 komentar:

  1. Selamat malam dok? Dok apa dokter masih aktif menulis di blog ini? Karena saya lihat postingan terakhir dokter di tahun 2017 .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak aktif lagi karena tidak sempat. Kalau ada waktu, hanya sempat membalas komentar pembaca saja

      Hapus
  2. Dok, saya baru cabut gigi kiri bawah kemarin siang dan lubang lumayan besar , hari ini saya liat ada putih2 diatas gusiny apaakah ituu makanan yg nyangkut??? Karena saya sempat makan nasi kmrin dan gmn cara bersihinny
    Apakah boleh sikat gigi di sekitar gusi tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benda putih itu bisa jaringan gusi yang sudah mati, atau kotoran, atau makanan. Tidak perlu dikorek2 karena akan menimbulkan luka baru. Katena sudah 1 hari, boleh dikumur-kumur. Kalau benda putih itu kotoran, akan lepas dengan kumur2. Kalau jaringan gusi mati, dalam.beberapa hari akan lepas sendiri. Sikat gigi boleh dilakukan secara lembut di daerah itu.

      Hapus

Bersabarlah. Pertanyaanmu tidak akan muncul sekarang. Tidak perlu mengetik ulang pertanyaanmu. Kalau saya tidak sibuk, dalam beberapa jam pertanyaanmu berikut jawabannya akan muncul. Kalau saya sibuk atau cuti, mungkin perlu waktu sekitar 7 hingga 10 hari. Silakan beri tanda centang di kotak di depan "Beri tahu saya". Kalau IDmu jelas, akan ada email notifikasi saat komentarmu dan jawaban saya muncul.