Sabtu, 03 Mei 2014

Gigi goyang, haruskah dicabut?

Ditulis oleh Melinda

Tadi sore ada seorang laki-laki datang ke warungku dengan maksud ingin mencabut giginya yang sudah goyang. Kulihat gigi yang dimaksud masih bagus, tidak ada lubang sama sekali. Tidak tega rasanya kalau aku harus mencabutnya. Kucoba untuk memberinya pengertian untuk mempertahankan giginya. Ternyata sebetulnya dia juga tidak menginginkan giginya dicabut. Kutawarkan untuk "mengencangkan" kembali giginya. Dia setuju. Tidak sampai 30 menit, giginya sudah kembali "kencang". Dia merasa senang. Komentarnya, "Untung tadi saya gak ke puskesmas. Pasti sudah dicabut." Aku merasa puas, berhasil memberikan sesuatu yang lebih baik daripada yang diharapkan seorang pasien.

Yang tadi aku lakukan adalah melakukan fibre splinting, yaitu mengikat gigi yang goyang ke gigi-gigi tetangganya yang tidak goyang. Aku membuat alur pada ketiga gigi yang akan diikat untuk meletakkan polyethylene fibre di dalamnya. Fibre ini terbuat dari bahan yang sangat kuat, sehingga selain melekatkan gigi yang goyang ke gigi-gigi tetangganya, fibre ini akan meneruskan beban yang kunya yang diterima gigi yang goyang tersebut ke gigi-gigi tetangganya. Dengan membagi beban ini, dukungan tulang penyanggah gigi yang sudah berkurang, tidak akan berkurang lagi, kondisi gigi tidak akan bertambah parah.

Memang harga yang harus dibayar untuk mengikat gigi lebih mahal 3-4 kali lipat daripada mencabutnya. Tapi kalau mau lebih lanjut hitung menghitung, setelah pencabutan gigi harus dibuatkan gigi palsu untuk mengisi ruangan yang bekas pencabutan. Hasilnya, biaya yang dikeluarkan akhirnya menjadi lebih tinggi dibandingkan kalau gigi dipertahankan. Belum lagi waktu yang harus disediakan untuk bolak-balik ke dokter gigi.

Ada beberapa orang yang tidak menganggap penting pembuatan gigi palsu dengan berbagai alasan. Ini tidak membuat harga mengikat gigi lebih murah daripada mencabut. Karena tanpa gigi pengganti, cara mengunyah akan berubah. Secara perlahan-lahan gigi-gigi akan beradaptasi dengan membentuk susunan yang baru. Hal yang umum terjadi adalah bergesernya gigi-gigi tetangga dan gigi antagonis ke arah ruangan yang kosong bekas pencabutan. Selain itu, sisi rahang yang tidak lengkap giginya biasanya tidak dipergunakan untuk mengunyah, akibatnya akan terjadi penumpukan karang gigi yang dapat mengakibatkan gigi-gigi lainnya goyang juga. Bila gigi yang ompong adalah gigi belakang, ada kecenderungan orang memindahkan pengunyahan ke gigi depan. Gigi depan hanya memiliki 1 akar, karena itu tidak cukup kuat untuk menanggung beban pengunyahan. Bila dipakai untuk mengunyah dalam periode yang panjang akan mengakibatkan gigi-gigi depan goyang juga. Kalau ini semua terjadi, akibatnya makin banyak lagi gigi yang harus dicabut.

Mencabut gigi goyang menyelesaikan masalah dengan lebih murah? Masa sih ?


Ada masalah dengan pencabutan gigi? Jawabannya memang tidak ada di sini. Mungkin ada di artikel-artikel saya yang lain ini :
Setelah pencabutan gigi  
Masalah yang kadang-kadang muncul setelah pencabutan gigi
Penyembuhan luka bekas pencabutan gigi
Si bungsu yang sering bermasalah 
Silakan baca dulu sebelum bertanya di kolom komentar. Ada banyak pembaca lain yang mengalami masalah yang mirip denganmu dan sudah saya jawab pertanyaannya. Demi efisiensi tenaga dan waktu, pertanyaan-pertanyaan dengan masalah yang mirip tidak akan saya jawab lagi.

284 komentar:

  1. Dok, kalau mengkonsumsi kalsium bisakah menguatkan kembali gigi yang goyang?

    BalasHapus
  2. Wah senang sekali rasanya dok. Saya saat ini sedang mencari solusi untuk mengatasi gigi bergoyang saya yang sudah seminggu. Sayangya saya baru tahu kalo gigi saya goyang seminggu setelah saya merasa sakit. Saat itu tanpa sadar saya iseng memegang gigi yag saket dan menekan gigi tersebut dengan lidah, ternyata ada gerakan lembut, saat itu saya langsung menyadari ternyatta selama ini gigiku goyang. Kemudian saya buka "Mayo Clinic" saya, yaitu buku panduan kesehatan sehari-hari terbitan bahasa Indonesia, kalo ga salah diterbitkan oleh INTISARI, kalo ga salah loh.

    Nah dari buku mayo clinic tersebut saya baca bahwa dalam kondisi tertentu gigi yang tercabut bisa dipasang kembali tanpa perlu mengganti dengan gigi palsu. Dari sini saya berpikir, kalo gigi lepas saja bisa dipasang kembali kenapa gigi yang goyang tidak bisa? Pasti bisa! Begitu asumsi saya. Maka saya cari di internet dan ketemu blog ini.

    Namun saya pingin tahu dok, apakah polyethylene fibre yang anda pasang tersebut nantinya bisa dilepas lagi, kalo tidak apakah akan tertanan dalam gusi atau bagaimana?
    Kemdian, berhubung biaya juga jadi pertimbangan saya, berapa rupiah yang dikeluarkan untuk memasang melakukan fyber splinting tersebut?

    Terima kasih.

    Salam kenal dari superheru.

    BalasHapus
  3. Minta ijin untuk menaruh blok anda dalam link blog saya.

    BalasHapus
  4. Kepada Anonim :
    penggunaan kalsium tidak berpengaruh pada perlekatan kembali gigi yang goyang pada jaringan penyanggahnya, karena ikatan antara gigi dengan jaringan penyanggahnya bukan oleh kalsium tapi jaringan ikat.

    Kepada Superheru :
    Gigi goyang yang saya maksudkan dalam artikel di atas adalah gigi yang goyang karena jaringan penyanggahnya (gusi, tulang di sekitar gigi) sudah rusak. Sedangkan pada kasus anda, kemungkinan gigi goyang karena ada peradangan di ujung akar gigi(bisa juga asumsi saya salah, karena belum melihat sendiri). Peradangan pada ujung akar gigi bisa diobati dan dirawat. Bila peradangan hilang, gigi akan kencang kembali.

    Penggunaan polyethylene fiber untuk mengencangkan gigi goyang dipasang pada gigi, berfungsi sebagai pengikat, bukan pada gusi. Cara pemasangannya sama seperti menambal gigi, jadi kemungkinan lepas tetap ada. Mengenai biaya, biasanya sama seperti biaya penambalan gigi dengan komposit, dikalikan jumlah gigi yang diikat.

    Silakan membuat link dari blog anda. Trimakasih...karena mempermudah orang lain mengunjungi blog saya juga.

    BalasHapus
  5. Dok...
    gigi depan atas (tepat 2 gigi depan/gigi kelinci) agak sedikit goiyang, memang sebenarnya tidak terlalu goyang tapi jika di pegang dengan 2 jari dan sedikit menggoyangkannya, agak terasa akan goyang... saya takut sekali karena selama ini saya tidak pernah sakit gigi ataupun goyang, saya juga merasa ngeri kala membayangkan kalau-kalau gigi tersebut tanggal dan harus di ganti dengan gigi palsu, padahal saya masih sangat muda, masa harus pakai gigi palsu.
    apa yang harus saya lakukan? dan kira-kira menguatkan gigi seperti diatas kisaran biayanya berapa ya dok? terimakasih banyak.

    BalasHapus
  6. Saya tidak bisa mengatakan apakah gigi seperti itu dapat dikencangkan kembali atau tidak, karena diagnosa tidak dapat ditegakkan semata-mata berdasarkan cerita Anda. Harus ada pemeriksaan klinis, kalau perlu pembuatan rontgen foto untuk mengetahui kondisi gigi Anda.

    Kalau memang dapat dikencangkan kembali, biayanya kira-kira sama seperti penambalan gigi biasa. Kalau 2 gigi yang goyang, diperkirakan akan melibatkan 4 gigi untuk melakukan fibre splinting. Jadi biayanya sama seperti penambalan 4 gigi. Tentang jumlah nominalnya, sebaiknya ditanyakan kepada dokter gigi yang merawat Anda, karena tiap dokter menetapkan harga yang berbeda, tergantung fasilitas dan bahan tambalan yang tersedia.

    BalasHapus
  7. terima kasih infonya sgt bermanfaat mbak Mel, kebetulan gigi seri sy ada yg goyang gara2 kena sikut anakku yg superaktif, salaam

    BalasHapus
  8. mba mel, tulisan ada sangat membantu pada kami yang tidak konsisten dengan dokter gigi dgn sebab yg berbeda2, cuma dalam tulisan ini bisa di jelaskan juga kenapa gigi bisa goyang dan apa saja yang membuat goyang serta antisipasinya dalam merawat atau memperbaiki gigi goyang. semoga tulisan mba mel dapat membantu dalam problem gigi goyang yang sakit.
    Terima kasih

    BalasHapus
  9. Untuk Anonim (banyak juga ya orang yang bernama Anonim..hehehe...): Ada banyak penyebab gigi goyang, salah satunya karena rusaknya jaringan penyangga gigi. Ulasan tentang ini dapat dilihat pada tulisan saya di http://wardogi.blogspot.com/2009/02/ada-apa-dengan-karang-gigi.html.
    Penyebab lainnya bisa karena gigi yang patah di bagian yang tertutup oleh gusi. Jadi meskipun sudah patah, tapi masih melekat pada gusi, jadi tidak lepas. Bisa juga karena ada peradangan pada jaringan di sekitar ujung akar gigi. Peradangan ini dapat disembuhkan melalui perawatan saluran akar gigi.
    Masih ada beberapa penyebab lagi. Nanti kalau ada waktu, saya akan membuat artikelnya. Terimakasih atas masukannya.

    BalasHapus
  10. mba mel.. aku mau bertanya..
    waktu aku lagi makan.. ga sengaja ada batu dari nasi kemakan.. lalu gigiku goyang.. terus gusinya mengeluarkan darah pas pertama2.. tp sekarang udah engga.. sebaiknya harus diapakan mba? cabut? kalo bisa sih jangan.. giginya sendiri masi bagus.. tolong mba sarannya..

    BalasHapus
  11. dok.. gigi depan saya goyang (sama seperti anonim tgl 16 april 2009)dan warnanya agak kecoklatan. Kalau saya lihat sih ada yang bolong di bagian bawah. Tapi yang melekat di gusi masih ada yang putih. Apakah kira2 masih bisa di selamatkan??

    BalasHapus
  12. Gigi yang berubah warna biasanya merupakan indikasi bahwa gigi tersebut mempunyai masalah di ruang pulpanya (bagian tengah gigi yang mengandung pembuluh darah dan syaraf). Penyebabnya bisa bermacam-macam,misalnya karena benturan, karies (gigi berlubang), atau sebab lainnya.

    Hal lainnya, gigi goyang juga bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya rusaknya jaringan penyanggah, patah, peradangan atau nanah di sekitar gigi atau penyebab lainnya.

    Aku tidak dapat menjawab apakah gigi anda masih bisa diselamatkan, karena memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, melalui perabaan, ketukan dan lain-lain. Atau foto rontgen, bila pemeriksaan secara fisik tidak cukup jelas. Jadi sebaiknya Anda ke dokter gigi saja untuk mendapatkan kejelasan.

    BalasHapus
  13. Terima kasih dok atas penjelasannya, gigi saya juga sakit di geraham atas kanan. Ternyata pas di raba, gigi goyang, Mungkin karena peradangan, seperti dokter bilang.
    Nanti kalo ada waktu, saya akan periksa ke Ladokgi di Benhil. Paling tidak saya ada gambaran kenapa gigi saya goyang, tapi bagaimana ya cara menyembuhkannya??

    BalasHapus
  14. Kalau goyang karena peradangan pada gigi, cara menyembuhkannya dengan mengatasi peradangan gigi. Begitu sembuh, gigi akan cekat kembali. Kalau penyebabnya karena rusaknya jaringan penyanggah gigi, cara menyembuhkannya dengan memperbaiki jaringan penyanggah gigi. Apapun penyebabnya, memerlukan penanganan lebih dari 1 kali kunjungan ke dokter gigi.

    BalasHapus
  15. salam
    dok, kalo gigi yang goyang karena kecelakaan apakah masih bisa dikencangkan???
    kemarin saya pergi ke tempat penambalan gigi tapi kata bapak tersebut syarafnya sudah rusak jadi g bisa dikencangkan... n apa akibat dari gigi yang goyang dan dibiarkan saja (tidak dicabut maupun di tambal)????
    salam
    makasih

    BalasHapus
  16. Violet, gigi yang goyang karena kecelakaan belum tentu dapat dikencangkan dan belum tentu tidak dapat dikencangkan. Harus dilihat keadaan giginya, apakah goyangnya disebabkan karena gigi patah di bagian akar atau gigi bergeser dalam soketnya.
    Kalau gigi patah di bagian akar, perlu dilihat lagi letak patahannya. Kalau patahan menyisakan akar gigi yang cukup banyak, sisa akar dapat dipertahankan sebagai pegangan pasak untuk membuat mahkota gigi baru di atasnya. kalau sisa akar tinggal sedikit, seluruh gigi harus dicabut.
    Kalau gigi hanya bergeser dalam soketnya, tidak perlu dicabut. Sejalan dengan waktu, gigi akan kencang kembali namun biasanya terjadi kerusakan sistem persyarafan dan perdarahan di dalam gigi yang mengakibatkan gigi mati yang akan menyebabkan perubahan warna gigi.Jadisetelah kencang kembali, perlu perawatan gigi untuk mengatasi kerusakan sistem persyarafan dan perdarahan di dalam gigi.

    Untuk mengetahui apa yang dialami gigi yang goyang akibat kecelakaan, perlu dilakukan pengambilan foto rontgen. Dari foto rontgen ini baru bisa ditentukan penanganan yang sesuai.

    Bila dibiarkan saja, lama kelamaan gigi akan membusuk, menimbulkan bau, bisa saja terjadi pembengkakan gusi dan jaringan di sekitar gigi.

    BalasHapus
  17. dok gigi depan saya goyang dan renggang...gmana cara supaya baik kembali

    BalasHapus
  18. Maaf, aku tidak bisa menjawab karena penjelasan tentang keadaan gigi anda yang goyang dan renggang terlalu singkat. Tidak ada 1 jawaban pasti yang dapat menjawab semua pertanyaan tentang gigi goyang. Karena ada banyak penyebab gigi goyang dan memerlukan pemeriksaan cermat untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

    BalasHapus
  19. dok, beberapa tahun yang lalu saya pernah iseng menggigit-gigit sebuah benda keras dengan kedua gigi depan, lalu tidak sengaja terdengar bunyi "tek" dari gigi saya.
    lalu kedua gigi tsb mulai goyang sedikit, sampai sekarang msh goyang. bagaimana mengatasinya? apakah berarti akarnya patah? masih bisa diselamatkan kan? >_<

    BalasHapus
  20. Bisa jadi. Tapi untuk memastikan apakah memang gigi sudah patah pada akarnya, perlu dibuat rontgen fotonya. Kalo memang sudah patah di akar, ya satu-satunya jalan adalah mencabutnya.

    BalasHapus
  21. msh ada kemungkinan bisa disembuhkan...?? T_T

    BalasHapus
  22. Kemungkinan selalu ada. Untuk mendapatkan kepastian, gigi harus dirontgen.

    BalasHapus
  23. dok ketika saya bersihkan karang gigi. terutama di posisi graham gusi terkena korosi sehingga membuat gigi graham saya goyang apakah bisa diatasi bagaimana solusinya

    BalasHapus
  24. Perlu diketahui, yang menyebabkan gigi goyang bukanlah tindakan pembersihan karang gigi, tetapi karang gigi itu sendiri. Karang gigi tumbuh di antara gigi dan gusi dan semakin meluas ke arah akar gigi sehingga merusak perlekatan gusi (dan penyangga gigi lainnya) dengan gigi. Akibatnya gigi goyang. Pembersihan karang gigi mencegah kerusakan gusi (dan penyangga gusi lainnya) lebih lanjut, sehingga mencegah kegoyangan gigi lebih parah. jadi tindakan pembersihan karang gigi adalah tindakan terpenting untuk mencegah gigi makin goyang. Selanjutnya, kalau masih ada keradangan pada gusi, perlu dilakukan kuret gusi. Untuk menambah dukungan penyangga gigi, dapat dilakukan pencangkokan tulang penyangga gigi, kalau goyang sudah terlalu parah. Kalau belum terlalu parah,dapat dilakukan splinting (pengikatan)gigi dengan fiber

    BalasHapus
  25. Dok gigi geraham kanan bawah saya bolong,sekarang lagi sakit dan terasa ngilu klo berkumur,gara2 menggigit benda keras,sudah 1 minggu sakitnya belum hilang jg,sekarang kalo dipegang seperti goyang sedikit.kira2 knp ya Dok?hari senin kmrin saya ke puskesmas,mgkin karena banyak pasien jadi dokternya tidak mendengar keluhan saya dan langsung menambal gigi yang sakit.setelah ditambal gigi saya tetap sakit cm klo di buat berkumur sudah tidak ngilu lagi.

    BalasHapus
  26. Kalau membaca ceritamu, sepertinya ada 2 hal yang terjadi : gangguan pada gigi dan pada jaringan penyangga gigi. Gangguan pada gigi berupa rasa ngilu sudah teratasi dengan penambalan. Sedangkan rasa sakit kemungkinan berasal dari jaringan penyangga gigi. Untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan, dengan penglihatan, perabaan, ketukan juga foto rontgen. Setelah diketahui penyebabnya, baru bisa ditentukan perawatannya. Sebaiknya Anda ke dokter gigi lagi untuk melanjutkan perawatan.

    BalasHapus
  27. dok saya mau tanya sudah 3 hari ini gigi geraham belakang saya bolong karena gigi sensitif, sekarang gigi saya jika disentuh dgn relunjuk goyang sedikit. sy takut krn usia sy 16 thn apa mungkin itu gigi susu?

    BalasHapus
  28. Hai, Anonim.... anda sering ya mengunjungi blog-ku...hehehe... Untuk kasus yang ini, aku akan mulai dengan mengoreksi persepsimu.

    Pertama : Gigi tidak akan menjadi bolong karena gigi sensitif. Yang benar adalah gigi yang bolong bisa menjadi sensitif, atau sebaliknya gigi sensitif bisa disebabkan karena gigi bolong.

    Kedua : gigi susu tidak perlu ditakuti, karena itu bukan sesuatu yang menakutkan. Gigi susu secara alamiah hadir dalam mulut setiap manusia dan akan gugur sendiri pada waktunya. Namun pada usia 16 tahun, umumnya sudah tidak ada lagi gigi susu dalam mulut. Kalaupun ada, pasti bentuknya sudah tidak berupa gigi utuh lagi. Yang paling mungkin adalah sisa akar gigi susu.

    Ketiga : tentang gigi goyangmu. Aku tidak bisa memastikan mengapa gigimu goyang. Karena diagnosa tidak bisa ditegakkan hanya berdasarkan cerita dari satu pihak. Perlu ada tanya jawab mengenai riwayat penyakit, gejala dan tanda-tanda yang dirasakan(rasanya tanya jawab di sini kurang memadai, silakan tanya lewat email / fb). Setelah tanya jawab, diagnosa pasti juga belum bisa ditegakkan, karena harus dilakukan pemeriksaan obyektif.

    Aku hanya bisa menyebutkan kemungkinan-kemungkinan penyebab gigi goyang, yaitu :
    - penyebaran gigi infeksi melalui lubang gigi
    - kerusakan jaringan penyangga gigi
    - gigi patah di bagian akar
    Masih ada penyebab lain. Makin membingungkan? Ya... karena pertanyaanmu juga membingungkan, tidak bisa dijawab dengan pasti. Maaf. Tapi saya tunggu email / msg di fb... salam!

    BalasHapus
  29. Gigi saya goyang sebelah atas kanan,kalau mengunyah terasa sakit bahkan tidak mengunyah apapun terasa ngilu. Sudah pernah ke dokter gigi seminggu yang lalu tetapi hanya dibersihkan (scalling) saja, menurut beliau gigi saya harus dicabut tetapi saya keberatan karena keadaannya masih baik/tidak ada yang bolong. Mohon advisnya dan alamat dari dokter di daerah mana?.Terimakasih

    BalasHapus
  30. Kalau gigi memang tidak berlubang, berarti rasa sakit dan ngilu itu memang disebabkan karena gigi goyang yang sudah tidak mendapat dukungan jaringan penyangga gigi yang rusak. Kalau sisa jaringan penyangga gigi masih cukup, gigi bisa "diikat" dengan fibre splinting. Pembersihan karang gigi berguna untuk mencegah kerusakan jaringan penyangga lebih lanjut.
    Mengenai tempat praktek, silakan kontak aku lewat email atau msg di fb, nanti akan kujawab di sana. Trimakasih telah mengunjungi blog ku.

    BalasHapus
  31. dok saya mau tanya, adakah cara selain mengkawat gigi supaya rapi dan tidak renggang? Gigi depan saya tadinya normal2 saja tapi kenapa sekarang sedikit merenggang? Apakah harus dikawat atau ada cara lain untuk menanganinya, karena setiap kali makan sering terjadi sisa makanan masih tersisa atau tertinggal disela gigi depan yang renggang tersebut..Terimakasih.

    BalasHapus
  32. Maaf, baru sekarang sempat menanggapi. Perubahan susunan gigi bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya : pembesaran lidah, tegangan otot lidah yang mengendor, daya kunyah yang berubah arah, kebiasaan menggigit bibir atau menjulurkan lidah. Bisa juga karena ada pencabutan gigi yang tidak segera dibuatkan gigi pengganti (gigi palsu). Cara penanganan tergantung penyebabnya. Jadi harus diperiksa dulu secara menyeluruh. Pemasangan kawat tanpa menangani penyebabnya, akan membuat kegagalan perawatan .

    BalasHapus
  33. Dok, Saya mau tanya..
    2 gigi kelinci bawah saya sudah goyang akibat karang gigi yang sudah merusak akar gigi. baru-baru ini Saya sudah membersihkan nya dan dokter gigi tersebut menyarankan untuk dicabut dengan diganti gigi palsu tp Saya menginginkan untuk membersihkan karang gigi saja. Dokter nya bilang, akar gigi Saya sudah 2/3 rusak karena karang gigi nya telah merusak jaringan pengikat gigi tersebut. Setelah Saya membaca artikel di atas, apakah masih bisa dilakukan pengikat gigi sehinggak bisa kembali normal ? ataukah ini hanya pengikat dan sampai berapa lama bisa bertahan dan bagaimana perawatan nya ? Dokter gigi saya bilang, coba untuk berkukur air garam atau daun sirih yang di rebus. nahh.. bagaimana ini dengan khasiat nya ?

    Terima Kaasih.

    Salam,

    BalasHapus
  34. Agak kurang jelas mengenai gigi anda yang goyang, tentang 2/3 bagian. Apakah yang dimaksud 2/3 akar sudah tidak didukung oleh tulang penyangga gigi atau 2/3 akar yang rusak. Rusak bagaimana? Kalau 2/3 akar sudah tidak didukung oleh tulang penyangga, fibre splinting tidak dapat menyelamatkan kegoyangan gigi Anda. Kalau pun dipaksakan, umurnya hanya pendek.Kalau 2/3 akar rusak, bukan karena patah akar dan masih mendapat duungan tulang penyangga cukup banyak, gigi dapat dipertahankan dengan merawat kerusakan dulu sebelum diikat dengan fibre splinting.
    Manfaat air garam dan rebusan daun sirih adalah sebagai antiseptik, sehingga mencegah kerusakan jaringan penyangga gigi menjadi lebih parah lagi

    BalasHapus
  35. Gigi atas saya sudah 7 gigi yang di cabut sisanya pun sudah goyang semua,saya pake gigi palsu lepasan,menurut dokter sisa gigi saya yang goyang ini masih bisa dipertahankan apa ngga ya dok ?

    dari gigi paling kiri ke paling kanan :

    no 1 ngga goyang tapi berlubang
    no 2 dan 3 gigi palsu
    no 4,5,6,7 goyang
    no 8,9,10 gigi palsu
    no 11,12 goyang
    no 13,14 gigi palsu
    no 15 goyang

    Terima kasih

    BalasHapus
  36. Wah... saya tidak bisa menjawab, karena saya harus melihat sendiri seperti apa goyangnya. maaf ya..

    BalasHapus
  37. Dok, salam kenal. Salut buat dokter yg masih punya waktu bikin blog yg isinya info medis soal gigi & mulut. Sangat bermanfaat. Kalo boleh usul...utk tiap kondisi gigi yg dibahas....ditambahin juga dgn istilah medisnya ya dok. Biar mempermudah orang awam kek saya yg pengen browsing lbh jauh soal tsb. Tnx a lot.

    BalasHapus
  38. Trim's ya sudah mampir ke warungku! Senang mengetahui warungku bermanfaat bagi pengunjungnya.
    Maunya memang seperti yang Risma usulkan. Ide sudah menumpuk di kepala. Tapi terkendala waktu. Jadi beberapa bulan ini belum pernah muncul posting baru lagi.

    BalasHapus
  39. dok,salam kenal aku jaka dari bali. gigi depanku dah lama goyang akibat sariawan sebelumnya. gimana jalan keluarnya

    BalasHapus
  40. Salam kenal juga, Jaka. Mungkin itu bukan sariawan, tapi fistula (saluran keluar nanah) yang berasal dari infeksi dari gigi. Gigi yang sudah infeksi hingga menyebabkan nanah keluar melalui gusi biasanya sulit dipertahankan, meski tidak tertutup kemungkinan untuk dirawat. Perlu waktu yang agak panjang untuk merawat gigi seperti ini. kalau nanah sudah hilang dan tidak ada kerusakan pada jaringan penyangga gigi, gigi biasanya tidak goyang lagi.

    BalasHapus
  41. Terimakasih banyak, Dok, untuk postingannya.

    Belum lama ini saya terbentur, jadi gigi taring atas sebelah kiri saya agak goyang. Kalau saya lihat di kaca, kalau saya tekan pakai ujung lidah, gusi yang menempel pada giginya juga ikut goyang, dan goyangnya sudah parah. Kira-kira, masih bisa mungkin dipertahankan nggak yah? Giginya masih bagus dan belum pernah berlubang. Karena saya masih sekolah, saya malu sama teman-teman kalau gigi saya harus dicabut.

    Terimakasih banyak ya, dok.

    BalasHapus
  42. SMaaf, saya tidak bisa menentukan apakah gigi taringmu bisa dipertahankan atau tidak tanpa mellihat atau meraba gigimu. Bahkan mungkin itu juga tidak cukup sebelum melihat foto rontgennya.
    Seandainya harus dicabut, bisa dibuatkan immediate denture. Jadi gigi palsu dibuat sebelum gigi dicabut. Gigi palsu dipasang segera setelah gigi dicabut, jadi tidak terlihat ompong.

    BalasHapus
  43. mau tanya ni dok.gigi depan saya berlubang,warna nya juga uda membawa kecoklatan.apa bisa di tambal lagi.berapa lama sih tahannya kalau di tambal.makasi sebelunya buat dokter

    BalasHapus
  44. Gigimu masih bisa ditambal. Warna kecoklatan pada gigimu, kuduga disebabkan karena gigi sudah mati, jadi produk jaringan mati masuk ke celah-celah gigi dan menyebabkan warna coklat. Karena sudah mati, sebelum gigi ditambal perlu dirawat dulu bagian saluran akarnya untuk mensterilkan bagian dalam gigi. Warna coklat juga dapat dibersihkan.
    Mengenai ketahanan tambalan, tergantung besar dan bentuk sisa gigi yang ada. Kalau ditambal komposit bisa bertahan hingga 3-5 tahun, bahkan lebih.

    BalasHapus
  45. Bu mau tanya satu bulan lalu saya cabut 2 gigi geraham bawah kiri dan kanan, apakah perlu dibuat gigi palsunya?

    BalasHapus
  46. Betul, Hendi. Alasannya bisa dilihat di http://wardogi.blogspot.com/search/label/gigi%20palsu

    BalasHapus
  47. sukses selalu buat dokter,langsung aja ni dok mau tanya: gigi depan saya uda di tambal,yg saya herannya kok gigi depan saya yg ditambal ini bisa goyang,memang gak goyang kali,bisa dibilang goyang lembut.bisa gak gigi depan saya ini di kencangkan lagi! trus gigi saya yg sehat pun,yg gak berlubang,ikut goyang juga.kok bisa gitu ya dok,apa ada solusi nya.mohon penjelasan dokter dalam masalah saya ini.terimakasi saya ucapkan buat dokter sebelum nya/sukses selalu

    BalasHapus
  48. Ketika akan memakai behel, dokterku melakukan ektraxi (pencabutan) terhadap gigi graham. dua bawah dua atas. Kebetulan gigi graham bawah yang dicabut adalah gigi yang terjepit sehingga sulit ketika dicabut. Ketika sudah dicabut, kini kedua gigi yeng berdekatan malah goyang. Bagaimana cara mengatasainya ya dok? Aku jadi sedih kalau usaha behelku malah membuat gigi lain jadi rusak.

    BalasHapus
  49. Alia, sudah berapa lama sejak gigi-gigi itu dicabut? Dalam keadaan biasa (tidak dalam perawatan ortho -meratakan gigi-) gigi yang goyang akibat trauma sesaat, akan mengencang kembali secara alamiah. Prosesnya berlangsung sekitar 1 hingga 2 minggu tanpa diberi perlakuan apa-apa.

    Pada kasusmu, ada kemungkinan gigi itu sudah goyang sedikit, namun tidak terasa, sebelum pencabutan gigi yang terjepit itu. Karena pemasangan behel akan membuat jaringan pengikat gigi (periodontal) sedikit meradang sehingga ikatannya tidak terlalu kuat. Sehingga getaran saat pencabutan menyebabkan gigi lebih goyang.

    Proses pengencangan bisa berlangsung lama, karena pada gigi ada behel. Selama gigi masih digeser dan belum menempati tempat yang pasti, jaringan periodontal belum akan pulih sempurna. Namun derajat kegoyangan gigi akan berubah.

    Kalau dalam waktu 1 bulan, gigi belum terasa lebih mengencang, sebaiknya Alia berkonsultasi kepada dokter gigimu untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    BalasHapus
  50. Ramadan,
    terimakasih untuk doanya!
    Sudah berapa lama gigimu goyang? Apakah ada pembengkakan gusi di sekitar gigi yang goyang?

    Kalau tidak ada pembengkakan, kemungkinan gigi goyang bukan disebabkan oleh penambalan, tapi karena radang jaringan penyangga gigi. Radang terjadi karena penumpukan plak maupun karang gigi. Penanganannya dengan cara membersihkan plak dan karang gigi. Setelah 1 minggu setelah pembersihan, bila masih goyang, bisa displint seperti yang kutulis di artikel ini.

    Selain karena peradangan jaringan penyangga gigi, kegoyangan gigi juga bisa disebabkan karena ada nanah di sekitar akar gigi. Nanah ini disebabkan karena infeksi pada gigi yang ditambal, bisa akibat gigi tidak cukup bersih sebelum ditambal, bisa juga karena lubang gigi sudah terlalu dalam.
    Bila demikian halnya, tambalan gigi harus dibongkar dan dirawat dulu saluran akarnya sampai steril. Setelah itu baru ditambal kembali.

    BalasHapus
  51. dok.gmn sie cara ngatasi gigi renggang selain pake behel??

    BalasHapus
  52. Penggunaan behel merupakan cara terefektif untuk mengatasi gigi renggang. bisa juga dengan mengisinya dengan gigi palsu, bila kerenggangan hanya terjadi di satu tempat. Kalau semua gigi renggang, secara estetik tidak menarik kalau diisi oleh gigi palsu. Tidak ada cara lain selain dengan behel.

    BalasHapus
  53. selamat tahun baru dok. saya mau nanya dok. begini gigi depan saya goyang2..karna ga sengaja gigit makanan yang terlalu keras... awalnya goyangannya hanya goyangan lembut.. tapi lama kelamaan semakin kencang dan ada rasa nyut2an..
    sedangkan kondisi gigi saya sudah pernah di tambal dan di lapis beberapa kali...
    saya mau tanya.. apakah gigi saya itu masih bisa di selamatkan dok?? dalam arti tidak di cabut..
    dan saya pernah dengar klo ada suatu teknik memakaikan helm pada gigi.. efektif kah cara tersebut dok??

    BalasHapus
  54. Selamat tahun baru juga, Jenni. Maaf ya baru sempat jawab, karena baru pulang liburan. Mudah-mudahan jawabanku belum terlambat.

    Nampaknya gigi depanmu yang goyang itu patah, hanya aku tidak tahu patah di bagian mana, namun yang pasti telah mengenai bagian tengah gigi (rongga pulpa) yang berisi syaraf dan pembuluh darah. Kalau akar gigi masih utuh dan didukung oleh jaringan penyangga (perodontal) yang sehat, gigi masih bisa dipertahankan.

    Tentang helm pada gigi...waduh... aku baru dengar, mungkin maksudnya Jaket ya?
    Jaket merupakan salah satu bentuk restorasi untuk gigi yang rusak. Kalau kerusakan sudah luas, biasanya digunakan jaket.
    Jadi, tergantung kerusakan gigimu, kalau memang tambalan biasa tidak memungkinkan, ya kemungkinan terakhir adalah jaket. Berhubung, rongga pulpa gigi sudah terkena, perlu perawatan pendahuluan untuk menyembuhkan rongga pulpa. Setelah itu, sebelum dipasang jaket, perlu dipasang pasak (pin) di dalam rongga pulpa sebagai penguat.

    Jadi....buru-buru deh ke dokter gigi supaya nyut-nyutannya tidak terus mengganggu.

    BalasHapus
  55. Selamat siang dokter.. wah artikelnya seru nih, kebetulan banget aq lagi cari infonya.. .
    Dok. Seminggu yang lalu aq kecelakaan dan gigi depan atas aq (dua gigi) yang satu patah, patahnya miring / diagonal, tapi gak berasa sakit.. sakitnya saat kecelakaan itu aja setelah beberapa hari ga berasa sakit, tapi gigi yang disebelahnya agak goyang gitu, gak terlalu sakit sih tapi ga bisa untuk mengigit ( saya takut malah tambah goyang giginya),yang ingin saya tanyakan perawatan apa yang harus saya lakkan dok? Apa memang harus dicabut? Lalu untuk gigi yang patah itu bisa ditambal ga? Dokter prakteknya dmana ya… Makasie banyak buat info n sharingnya 

    BalasHapus
  56. Terimakasih atas kunjunganmu di warungku. Sebelum menentukan perawatan yang bisa dilakukan, harus dilakukan pembuatan rontgen foto. Dari foto itu akan terlihat, apakah gigi yang agak goyang itu patah atau tidak, ada perubahan posisi atau tidak. Juga untuk melihat gigi yang tampak patah diagonal itu ada patah di akar gigi juga atau tidak. Kalau patah, letaknya di mana. kalau tidak patah, gigi tidak perlu dicabut dan kalau perlu dikembalikan ke posisinya yang semula, kemudian displinting sampai kencang kembali. Sedangkan gigi yang patah diagonal, kalau akar tidak patah, bisa direstorasi, tergantung besarnya kerusakan, bisa tambalan komposit atau jacket crown.
    Saya praktek di Tangerang, untuk info lebih jauh, bisa email ke saya : melindadrg@yahoo.co.id

    BalasHapus
  57. dok, numpang nanya yaa,, saya sudah memakai behel permanen atas-bawah selama 6bulan, masalah gigi saya hanya ingin merapatkan 2 gigi depan (Ada spasi). Tadi pagi, saya ditanya dokter saya:“kurang ke dalem ga giginya?” saya jawab:”ia kurang, pengen ditarik kedalem aja”. (sebenarnya gigi saya sudah rapi, namun saya pikir tidak ada salahnya hanya sedikit menarik gigi saya). Kmudian dokter mencabut 1gigi dulu, minggu dpn berturut2 akan dicabut gigi satu persatu sbanyak 3, jadi semuanya 2atas 2bawah. Skarang gigi saya baru dicabut 1, yang membuat saya gelisah sekarang adalah:
    1.Sbelum dicabut, suster menyuruh saya menandatangani semacam surat pernyataan,tapi saya tidak membacanya. Sayapun menandatanganinya. (Di luar RS, saya bertanya pada kakak saya yaNg ditangani dokter yg sama, ia tidak pernah mendatangani pernyataan apapun. Kakak saya juga apabila akan dicabut, dokter tersebut langsung mencabut tanpa bertanya padanya.) Dok, apa di warung dokter juga ada surat yang harus ditandatangi pasien? Itu apa ya dok? (Saya takut, jika yg saya tandatangani itu berupa surat bahwa pihak dokter tidak bertanggung jawab, karena pencabutan gigi dilakukan atas kehendak pasien)
    2. Kakak saya bilang, gigi yang terlalu ke dalam, akan jadi jelek nantinya, apa benar? Jadi manyun, bagi yang berbibir tebal?
    3. Saya jadi menyesal dok. Sebenarnya gigi saya rapi,tidak nongol, cuma ada spasi aja di antara 2gigi atas, kayak kelinci(Sekarang sudah tidak ada spasi lagi). Ga pernah sakit gigi dan susunan atas bawah rapi. Tapi kini, jika saya tidak ingin melanjutkan, toh gigi saya sudah hilang satu, geraham depan yg atas. Pengen tampil sempurna malah kehilangan aset yg dibanggakan,, :(
    Saya berencana untuk memakai gigi palsu untuk menutupi geraham yang baru dicabut ini, apa tidak apa-apa dok?
    Pengen tampil sempurna malah kehilangan aset yg Ataukah sebaiknya saya melanjutkan mencabut 3 gigi ini? Tapi nanti gigi saya terlalu ke dalam dong dok?

    BalasHapus
  58. Moya,
    saya jawab soal surat pernyataan dulu ya. Saya duga, surat yang ditandatangani itu adalah informed concent. Informed concent adalah surat pernyataan bahwa pasien telah mendapatkan informasi mengenai perawatan yang akan dijalankan secara jelas dan menyetujui untuk mendapat perawatan yang dimaksud.

    Keputusan menerima atau menolak perawatan, berada di tangan pasien. Jadi, informed concent harus ditandatangani oleh pasien sebelum menjalankan perawatan. Jadi dokter tidak akan dipersalahkan apabila di kemudian hari pasien menyesali perawatan yang sudah dijalankan.

    Nampaknya, pasien terpojokkan dengan informed concent. Tidak semata-mata demikian. Bagian terpenting informed concent adalah INFORMASI. Jadi sebelum menandatangani, pasien harus mendapatkan infomasi sejelas-jelasnya. Informed concent yang benar harus mengandung informasi mengenai perawatan yang akan dijalankan beserta tahap-tahapnya, akibat bila tidak dijalankan, efek samping yang mungkin terjadi selama dan setelah perawatan dijalankan. Dokterpun harus memberikan informasi sejelas-jelasnya. Artinya, harus ada komunikasi timbal balik antara dokter dan pasien.

    Hal inilah yang seringkali terlewat di Indonesia. Dokter malas menjelaskan, tapi ingin dilindungi oleh tandatangan. Penjelasan diberikan seperlunya, atau tidak sama sekali. Sementara, seperti umumnya orang Indonesia yang tidak membiasakan diri membaca maupun bertanya, pasien langsung menandatangani informed concent. Akibatnya, informed concent hanya formalitas.

    Nah... dalam kasusmu, saya tidak tahu kesalahan ada di mana.

    Sekarang, tentang gigimu. Perawatan orthodonti (meratakan susunan gigi) memerlukan analisa berdasarkan tampak klinis, gambar radiologi (foto rontgent) dan perhitungan-perhitungan yang cukup rumit. Tidak bisa diputuskan dengan cepat, apalagi hanya dengan pertanyaan "Kurang ke dalem gak giginya?" Apalagi saya yang belum melihat sendiri susunan gigi-geligimu dan hubungan antar rahang atas dan bawah dan melihat foto rontgen kepalamu. Maaf, saya tidak berani memberikan jawaban.

    Mengenai gigi yang sudah terlanjur dicabut, kalau memang perawatan tidak akan diteruskan, memang sebaiknya dipasangi gigi palsu. Gigi palsu akan mencegah pergeseran gigi-gigi tetangga, gigi antagonis dan kerusakan jaringan penyangga gigi tetangga.

    Mudah-mudahan penjelasan saya cukup memadai.

    BalasHapus
  59. dokter 1 gigi kelinci saya agak goyang sedikit akibat tersikut waktu main futsal. apakah memang hrus fibre splinting buat mengencangkannya? untuk dokter sndiri memasang tarif buat fibre splinting brp ya? umur saya 18 tahun.

    trima kasih..

    BalasHapus
  60. Gigi yang goyang tidak selalu dapat displinting. Bila penyebabnya karena benturan, gigi goyang dapat disebabkan gigi lepas sementara dari jaringan penyangganya, dapat juga disebabkan karena gigi patah dibagian akar. Bila penyebabnya yang pertama, tanpa displintingpun gigi akan kembali kuat, asal posisinya tidak berubah. Bila penyebabnya yang kedua, gigi tidak dapat displinting, tetapi harus dicabut. Untuk mengetahuhi, gigi perlu difoto rontgen dulu.

    Soal tarif, silakan baca di http://wardogi.blogspot.com/2010/04/tarif-dokter-gigi.html

    BalasHapus
  61. Adik sy bru kena accident, gi2 seri bagian depan atas trbntur bnda keras hingga brdarah dan kodisi gi2 jd tidak kuat serta tidak rata. dan pendarahan di gigi trs trjadi jika gigi di goyangkan. apa ada cara supaya pendarahan di gi2'y dapat mengering? serta cara agar gi2'y dpt rata kembali tanpa hrs memakai kwt gi2? ada cara lain, coz adk saya gak mau mpe kehilangan gi2'y..
    thx

    BalasHapus
  62. Gigi yang goyang setelah benturan benda keras bisa disebabkan oleh lepasnya ikatan antara gigi dan jaringan penyangganya, atau tulang di sekitar gigi hancur, bisa juga karena gigi patah di bagian akar. Untuk mengetahui ini, perlu dilakukan pemeriksaan klinis dan radiologis (pembuatan foto rontgen). Dari pemeriksaan ini, baru dapat ditentukan perawatan apa yang dapat dilakukan terhadap gigi.

    Nampaknya gigi adikmu telah berubah posisi, mungkin juga ada kerusakan tulang di sekitarnya. Sebaiknya segera dibawa ke drg untuk mendapat perawatan yang tepat. Kalau gigi masih baik (belum patah di bagian akar), bisa dikembalikan ke posisi semula, tentu perlu dipasang kawat pengikat sampai gigi kuat kembali.

    Kalau tidak mau kehilangan gigi, harus segera ditangani. Maaf, tidak cukup dengan hanya berkonsultasi di dunia maya. Ini merupakan kasus darurat. Membawa kasus darurat ke dunia maya hanya membuat masalah semakin rumit.

    BalasHapus
  63. dok apakah yang dimaksud degan periodontosis dok dan apa hubungann nya dengann gigi runtuh semuanya dan membutuhkan foto rontgen yang akurat panoramik photo? terimakasih dok....

    BalasHapus
  64. Periodontosis atau periodontitis adalah radang yang terjadi pada jaringan penyangga gigi (jaringan periodontal). Jaringan periodontal terdiri dari gusi, tulang pembentuk soket gigi dan serat-serat halus yang menghubungkan gigi dengan tulang. Peradangan jaringan periodontal dapat menyebabkan kerusakan gusi, tulang dan serat-serat halus tersebut. Bila sudah parah, ikatan antara gigi dan jaringan periodontal hilang, akibatnya gigi menjadi goyang bahkan lepas (runtuh).

    Panoramik foto adalah jenis foto rontgen yang menampakkan gigi-gigi di seluruh rahang atas dan bawah, tulang penyangga serta tulang rahang. Bila terjadi radang periodontal, pembuatan panoramik foto diperlukan untuk melihat apakah sudah terjadi kerusakan pada tulang penyangga gigi dan seberapa jauh kerusakannya.

    BalasHapus
  65. dok, saya mau tanya kemarin saya jatuh dan mengenai gigi saya, ternyata gigi depan saya sompel sedikit. Sampai sekarang saya merasakan ada yang janggal digigi saya dan ada tersa ngilu sedikit tapi tidak goyang , hanya terasa tak nyaman bila disentuh . Apakah itu pertanda gigi saya mengalami peradangan ? ataukan ada potensi akan goyang? dan bagaimana saran dokter mengenai hal ini..
    trims

    BalasHapus
  66. Ryan, rasa ngilu bisa disebabkan oleh sompelnya gigi. Bila sompel, berarti email, bagian terluar gigi, terlepas, sehingga gigi menjadi sensitif. Ini merupakan peradangan pulpa yang bersifat sementara, artinya hanya muncul bila terkena rangsangan dingin, panas atau sentuhan. Agar rangsangan ini tidak mengenai pulpa gigi lagi, gigi harus segera ditambal. Bila ditunda, pulpa akan terus menerus dirangsang, akibatnya peradanganan akan menjadi permanen dan bisa berakibat kematian pulpa.

    Mengenai potensi kegoyangan, perlu pemeriksaan klinis dan mungkin perlu pembuatan foto rontgen juga.

    Jadi, saran saya segera ke drg untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan.

    BalasHapus
  67. salam kenal dan salam hangat dok.
    saya mau nanya dok,
    saya pernah ngalami :
    - radang gusi (gusinya sempat mengeluargan nanah)
    - karang gigi (herannya baru 2 bulan dibersihkan, karang giginya cepat banget kembalinya)
    - lambung saya bermasalah (kemungkinan asam lambung tinggi)
    - Gigi bagian depan bawah (3) dah goyang, awalnya cuman 1..lama-kelamaan menjalar ke tetangganya (sampe sekarang)

    pertanyaannya :
    1. dari ke-tiga (nanah, karang gigi & lambung)..kira2 manakah yg paling potensial membuat gigi jadi goyang?
    2. kalo masalahnya seperti ini...apakah giginya harus dicabut?

    BalasHapus
  68. Salam kenal juga, Acal
    Penyebab goyangnya gigimu adalah karang gigi. karang gigi juga yang menyebabkan munculnya nanah akibat peradangan pada gusi.
    Penjelasan lengkap tentang hubungan karang gigi dengan goyangnya gigi dan bernanahnya gusi dapat dibaca di http://wardogi.blogspot.com/2009/02/ada-apa-dengan-karang-gigi.html
    dan
    http://wardogi.blogspot.com/2008/02/penyakit-periodontal.html

    Mengenai harus atau tidaknya gigi dicabut, harus dilakukan pemeriksaan secara klinis dan radiologis (pembuatan rontgen foto) terlebih dahulu untuk melihat besarnya kerusakan jaringan penyangga gigi.

    BalasHapus
  69. pertumbuhan karang giginya cepat bgt dok...gmn dong dok, bingung aku!!!!Hikz....
    apa karena asam lambung dok?

    BalasHapus
  70. Tidak ada hubungan antara asam lambung dengan pertumbuhan karang gigi. Karang gigi akan mudah terbentuk bila ada sisa makanan (sekecil / setipis apapun) yang menempel pada gigi. Karena itu, perawatan sehari-hari sangat penting. Gigi harus disikat dengan seksama setelah makan. Seringkali makanan menempel pada sela-sela gigi, karena itu selain sikat gigi, perlu dilakukan juga flossing (membersihkan sela gigi dengan benang gigi). bila gigi renggang, harus menggunakan sikat interdental selain sikat gigi biasa. sikat interdental berbentuk seperti sikat botol,dengan ukuran kecil.
    Jadi pembersihan karang gigi memang tugas dokter gigi, tetapi perawatan sesudahnya adalah kewajiban "pemilik gigi".

    BalasHapus
  71. gmna cara menyikat gigi yg goyang dok?
    kalo gusi yg dah gak nempel lg di gigi, cara ngatasinya gmna, soalnya karang gigi sering masuk ke sela2 gusi yg dah melunak itu. makasie dok.

    BalasHapus
  72. Maaf Bayu... baru sempat balas.
    Gigi yang goyang memang sulit dibersihkan, karena pasti menimbulkan rasa sakit dan pembersihan tidak bisa dilakukan dengan seksama. Yang harus diatasi pertama kali adalah kegoyangan giginya. Kalau masih memungkinkan, gigi bisa displintng seperti yang kujelaskan di artikel ini. Kalau tidak bisa, terpaksa dicabut.
    Gusi yang tidak menempel di gigi bisa direstorasi dengan operasi kecil.

    BalasHapus
  73. dok...mau tny...kmrn minggu sehabis jatuh dr motor dan mengenai gigi...akibatnya skrg gigi jika ditekan akan menyebabkan rasa ngilu kecil, dan ada gigi seri yang goyang..yg sy tny kn apakan gigi goyang tsb bisa segera kuat dengan sendirinya?
    trm kasih

    BalasHapus
  74. Yang pasti, gigimu goyang akibat benturan. Kalau gigi masih utuh, akan menjadi kuat dengan sendirinya. Tapi kalau patah di bagian akar (tidak terlihat, karena tertutup gusi), kemungkinannya bisa 2 : tetap goyang atau menjadi kencang kembali. Apapun yang terjadi, bila memang patah, gigi harus dicabut karena bagian yang patah merupakan pintu masuk bagi kuman-kuman ke dalam gigi sehingga dapat menyebabkan infeksi. Untuk mengetahui patah atau tidak, perlu dibuat foto rontgen.

    BalasHapus
  75. Dok...gigi bagian depan bawah saya dah goyang dok. katanya dokter dah derajat 2. kira2 kalo statusnya dah derajat 2...apakah giginya harus dicabut, atau masih ada solusi lain dok???

    BalasHapus
  76. Andre, tentang harus atau tidaknya, harus diketahui penyebab gigi goyang dan keadaan gigi-ggi tetangganya. Kalau disebabkan karena rusaknya jaringan penyangga gigi tersebut dan belum mengenai jaringan penyangga gigi tetangganya, masih bisa displinting seperti yang disebutkan dalam artikel di atas.Untuk mengetahuinya, perlu dibuat foto rontgen.

    BalasHapus
  77. dok,mau tnya,
    kmren sabtu terjun d kolam renang,gigi seri depan bagian kanan,dua2nya nabrak dasar kolam,dan dua2nya patah secuil di bagian ujung pojok skitar 1/16 bagianny...
    skrng klo ditekan agak ngilu dikit..
    yg saya tanyakan apakah gigi yg terbentur n patah tersebut perlu penanganan lebih lanjut?
    thanks

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  79. Mart

    Dok,blh tnya ya..
    kan gigi sya goyang kmrin
    memang goyang ny msi halus..
    cuma terasa kalau di rasa dgn lidah

    sesudah bbrp hri lg gigi ny udh trasa mulai agak kuat lg,
    tpi klo sikat gigi lg agak trasa lg goyang ny..
    apa kah itu akar nya patah atau hnya mslh gusi..
    apakah bisa kembali kuat lg?

    1 lg. bnyk gigi sya yg rasa ny bersenggolan gtu,jdi misal ny mkan atau ngapain.
    klo sya tekan pke lidah itu trasa ada bunyi 'tek' gtu dok.
    itu knp ya?

    mohon info ny ya dok
    thnks dok

    BalasHapus
  80. Juli,salam kenal. Maaf, baru sempat balas karena lagi cuti. Mudah-mudahan kondisi gigimu masih sama saat ini. Sebaiknya Juli segera ke drg untuk mendapatkan penanganan. 1/6 bagian gigi yang pecah itu mungkin menyebabkan email terkelupas, sehingga menimbulkan rasa linu. Selain karena email yang terkelupas, bisa juga disebabkan ada retakan di tempat lain yang tidak terlihat mata telanjang atau ada bagian akar yang patah. Mudah-mudahan tidak terjadi pada gigimu. Kalau kamu ke drg, kamu akan langsung mendapatkan penanganan sebelum keadaan menjadi lebih parah. Kalau hanya sedikit email yang terkelupas, bisa segera ditutup dengan tambalan.

    BalasHapus
  81. Mart (?)yang giginya berssenggolan...maaf, saya tidak bisa memahami kasusmu hanya berdasarkan ceritamu, karena kasusmu unik, terutama yang bisa mengeluarkan bunyi bila kena lidah. Saya perlu melihat langsung gigi yang kamu maksud dan melakukan pemeriksaan.
    Mengenai gigi yang goyang, lalu menguat lagi dan goyang lagi waktu disikat... untuk mengetahui apakah akarnya patah atau tidak, perlu dibuat foto rontgen. Sebaiknya kamu ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

    BalasHapus
  82. Tamps.
    Dok,kalau gigi bolong agak besar masi bisa di tambal ga?

    Trus,kalau pasang gigi palsu,apa yg d lakukan dgn gigi ,apa hanya di tempel atau d gmanain? Kalau pkai gigi plsu susah ga perawatan nya.

    BalasHapus
  83. Dok... sy mau tanya..
    udah seminggu ini Gigi depan atas saya goyang selain itu ada plak yg nempel antara gusi dan gigi tsb dikarenakan sy suka sekali mengkonsumsi kopi,, dan gusi di tempat nempelnya gigi goyang tsb memerah dan rasanya ngilu.. apa perlu di ikat atw hny peradangan di gusi? apa yg hrs sy lakukan?..
    karena sy takut sekali kalo hrs dicabut, Dok...krn selama ini blm ada masalah dng gigi saya..

    BalasHapus
  84. sore..
    gigi atas depan saya goyang dan nyeri sekali.. gusi tempat melekatnya gigi tsb memerah dan meradang... solusinya apa y??...thx

    BalasHapus
  85. Anonim yang giginya radang sudah 1 minggu,
    gusi merah dan gigi ngilu merupakan gejala radang gusi. Sebaliknya : gigi yang radang bisa menyebabkan gusi radang juga dan ada rasa ngilu juga. Untuk memastikan apa yang terjadi padamu, perlu pemeriksaan klinis, tidak bisa lewat internet. Peradangan gusi maupun gigi bisa diobati kalau kondisinya belum kronis. Tidak perlu dicabut. jadi sebaiknya secepatnya ke drg untuk mendapatkan perawatan.

    Anonim yang gigi depannya goyang dan nyeri sekali serta gusinya merah, kasusmu mirip dengan Anonim yang sebelum ini. Coba saja ke drg untuk diperiksa dan mendapat pengobatan. Solusinya ada di ruang praktek drg, tidak bisa diobati sendiri karena ada tindakan medis.

    BalasHapus
  86. selamat pagi dok,
    beberapa minggu yang lalu saya melakukan pemeriksaan karang gigi karena menurut dokter gigi untuk mengatasi gigi saya yang goyang perlu dilakukan pembersihan karang gigi

    kira-kira butuh berapa lama ya dok biar gigi saya tidak goyang kembali?
    apa harus minum obat agar gigi tidak goyang lagi?

    mohon sarannya dok, terima kasih

    BalasHapus
  87. Agus, memang karang gigi merupakan penyebab utama gigi goyang, tapi pembersihan karang gigi bukan berarti menghilangkan kegoyangan gigi. Karang gigi merusak jaringan penyangga gigi dan kerusakan ini tidak bisa pulih hanya dengan membersihkan karang gigi. Pembersihan karang gigi hanya menghentikan proses pengrusakan jaringan penyangga gigi. Untuk memulihkan jaringan penyangga gigi harus dilakukan cangkok tulang (bone graft). Tidak ada obat yang dapat menghilangkan kegoyangan gigi akibat karang gigi.

    BalasHapus
  88. halo dok...mau share!!!
    3 minggu kemaren sya barusan di bedah gigi (bawah bagian kiri) dilakukan proses cangkok tulang (bone graft) tapi setelah 2 minggu kemudian dan di cabut benangnya, kok giginya msh goyang juga yah?? alasan inilah yg bikin sya jadi pusing 7 keliling..soalnya, rencananya minggu depan 4 gigi bagian depan bawah sya akan dilakukan hal serupa (cangkok tulang). sya khawatir stelah di cangkok, giginya msh terus2an goyang. memang sih, foto hasil rontgennya dah menunjukan kalo tulang gigi bagian depan sya dah tgl sedikit...karna karang gigi dah merusak penyangga gigi sya. kira2 solusinya, apakah cuman hanya bisa di cangkok??? tak ada solusi lainnya selain itu dok??

    terima kasih sebelumnya dok.

    BalasHapus
  89. Sebaiknya rencana mencangkok tulang minggu depan ditunda dulu. Saat kritis pencangkokan tulang adalah 2 minggu setelah dilakukan. Saat itulah terjadi penyatuan antara tulang dan cangkokan. Selama 2 minggu itu daerah tulang yang dicangkok itu tidak boleh diberi beban kunyah. Setelah 2 minggu itu akan diketahui apakah tubuh menerima atau menolak cangkokan tulang. Setelah terjadi penyatuan, harus menunggu lagi pertumbuhan tulang ke arah gigi. Sebaiknya tunggu hingga 2 bulan lagi untuk melihat hasilnya.

    Solusi untuk memperbaiki dukungan gigi memang hanya cangkok tulang. Tapi untuk mengatasi gigi goyang dapat dilakukan fibre splinting seperti yang saya tulis pada artikel di atas.

    BalasHapus
  90. Dok , saya mau tanya ,
    gigi atas saya menggunakan behel sudah lebih kurang 4 bulan , tp gigi saya yang digunakan behel itu , gigi bagian depan 2 dan gigi di geraham goyang , goyangnya sih memang gak kuat tp masih kerasa lembut goyangny . yang mau saya tanyain dok , apakah gigi saya ini akan semakin goyang dan mengakibatkan copot ya dok ? terus apakah semestinya saya lepas aja ya behelny ? dan cara mengatasinya gimana ya dok .
    makasih ya dok atas jawabannya

    BalasHapus
  91. Gigi goyang merupakan tahap yang harus dilalui dalam pemasangan behel, kerena tujuan semasanga behel adalah menggerakkan gigi agar bergeser. Jadi tunggu saja. Setelah posisinya ajeg, gigi akan kuat lagi

    BalasHapus
  92. dok...saya nadia 19 tahun. gigi depan atas saya bekas ditambal. saat ini saya sedang sakit gigi geraham kiri bawah. tapi kenapa sakitnya menjalar ke gigi depan itu ya?? rasanya jadi super sensitif walaupun cuma disentuh...rasanya juga agak goyang..apakah memang ada hubungan saraf dari geraham bawah kiri ke gigi depan atas?

    BalasHapus
  93. dok, gigi saya goyang di bwah.. krena jtoh jadi 4 yg goyang jadi bagaimana dok..? jangan sampai di cabut ..

    BalasHapus
  94. Kata orang, sakit gigi itu lebih sakit daripada sakit hati. Begitulah kenyataannya, masalah pada gigi yang satu dapat merembet ke gigi yang lain rasa sakitnya. Syaraf yang melalui gigi-gigi di rahang atas dan bawah sebetulnya tidak sama, namun pangkalnya keluar dari tempat yang berdekatan. Karena itu sebaiknya gigi gerahammu diobati dulu dan dirawat sampai sembuh.

    BalasHapus
  95. Elma, sebaiknya segera memeriksakan gigimu ke dokter gigi agar dapat ditangani dengan tepat. Saya tidak tahu kenapa gigimu goyang dan tidak bisa melihat kondisi jaringan penyangga gigi yang goyang itu, jadi tidak bisa menentukan apakah gigimu harus dicabut atau dapat dipertahankan.

    BalasHapus
  96. dok...kenapa yah karang gigi aku cepat tumbuhnya, padahal 2 minggu kemaren baru dibersihkan!!! apa solusi yg paling tepat dalam penanganan kasus seperti sya ini dok??? terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  97. Azis, karang gigi tumbuh karena ada plak yang menempel pada gigi.Plak bisa dibersihkan dengan melakukan sikat gigi, tapi ada tempat-tempat yang kadang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Di situlah karang gigi mulai tumbuh. Karena itu untuk membersihkan gigi diperlukan dental floss (benang gigi),selain sikat gigi biasa. Bila ada ruang antar gigi, sikat interdental juga diperlukan karena sikat biasa tidak bisa menyikat sela-sela gigi.

    setiap kali memebersihkan gigi, harus dipastikan seluruh karang gigi sudah terangkat. Sisa karang sedikit saja akan memicu pertumbuhan karang lagi. Kadang ada karang gigi yang tidak terlihat, tapi dapat dirasakan dengan lidah. Biasanya permukaan terasa kasar atau tajam. Pasien dapat membantu drg dalam membersihkan karang gigi dengan memberitahu bila masih merasakannya.

    BalasHapus
  98. sebelum a sya mta ijin gabung ya dok...saya pnya masalah dgn gigi....saya mau tanya dok apa pake kawat gigi itu bisa menguatkan gigi?...dan menguatkan penyanggah gigi ya dok?

    BalasHapus
  99. dok, apakah benar...makin sering membersihkan karang gigi dapat membuat gigi semakin menipis dan menimbulkan sela (rongga) antara gigi yg satu dgn gigi yg lain???

    BalasHapus
  100. Anonim, salah satu cara splinting adalah menggunakan kawat (berbeda dengan kawat dalam arti pesawat ortodonti yang berfungsi merapikan posisi gigi). Splinting jenis ini biasanya digunakan bila gigi goyang akibat trauma yang besar, misalnya kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan cedera pada rahang. Kawat ini berguna untuk menstabilkan gigi pada posisinya selama proses penyembuhan, bukan untuk menguatkan gigi dan tulang penyanggah.

    Yudi,
    pembersihan karang gigi dilakukan dengan alat yang bergetar di permukaan karang gigi sehingga karang gigi rontok. Alat ini tidak menyebabkan kerusakan pada gigi, apalagi membuat gigi tipis. Pembersihan karang gigi tidak menyebabkan gigi renggang.Yang menyebabkan gigi renggang adalah karang gigi yang tumbuh di sela-sela gigi. Setelah karang gigi rontok, maka gigi-gigi akan terlihat renggang.

    BalasHapus
  101. misi dok, numpang tanya

    gigi saya goyang sedikit di bagian lateral incisor. saya sudah periksakan ke dokter namun dokter tersebut hanya memberi saya antibiotik. apakah tidak apa2 seperti itu dok? takutnya goyang di gigi saya tambah membesar karena saya belum merasakan efek obat tersebut di gigi saya.

    BalasHapus
  102. Saya tidak tahu penyebab gigi goyangmu, karena hanya membaca ceritamu. Kalau penyebabnya nanah, pemberian antibiotika adalah tepat. Kalau nanah juga muncul bersama goyangnya gigimu, mungkin ada peradangan pada penyangga gigi. Jadi selain pemberian antibiotika, harus dilakukan perawatan pada penyangga gigi. Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apa yang terjadi pada gigimu.

    BalasHapus
  103. Dok, numpang tanya. kira2 penurunan gusi dapat di obati tdk? kalo bisa di obati...gmn caranya?
    satu lagi, kalo gigi yg tanggal berada di posisi penurunan gusi tsb...apakah bisa digunakan gigi palsu cekatan atau gigi palsu permanen? terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  104. Penurunan gusi tidak bisa diobati, tapi bisa dicegah agar tidak berlanjur dan bisa direhabilitasi. Pencegahannya dengan menjaga kebersihan permukaan gigi dan gusi dari plak, melalui penyikatan gigi dan flossing yang seksama. Bila perlu, menggunakan sikat gigi interdental (yang berbentuk seperti sikat botol, dalam ukuran kecil). Bisa direhabilitasi dengan menghentikan proses peradangan. Setelah itu, dilakukan pencangkokan jaringan penyangga gigi yang hilang,bisa gusi saja atau gusi dan tulang penyangga.

    Mengenai gigi palsu, bila gigi-gigi tetangga yang akan digunakan sebagai pegangan gigi palsu cekat kondisinya bagus (dukungan jaringan penyangga baik), bisa dibuat.

    BalasHapus
  105. sayangnya...nyaris seluruh gigi bagian bawah saya dah goyang, ada yg derajat 1 ada pula yg derajat 2 dan dari foto rontgen, terlihat kalo tulangnya dah tinggal sedikit (dukungan jaringan penyangga tdk baik).

    kalo kondisi sperti ini, bisa tdk di buat gigi palsu dok? sya takut kalo nantinya gigi sya tanggal...sdh tdk bisa lg digantiin sama gigi palsu. terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  106. Saya tidak bisa mendiagnosa hanya berdasarkan ceritamu. Sepertinya ada masalah pada jaringan periodontalmu (penyangga gigi)dan saya tidak tahu apakah bisa diperbaiki atau tidak. Kalau tidak bisa, berarti gigi yang goyang harus dicabut dan segera dibuat gigi palsu lepasan. Penundaan pembuatan gigi palsu akan memperparah penyusutan tulang rahang sehingga tidak memungkinkan pembuatan gigi palsu nantinya.

    BalasHapus
  107. dok q m0 nanya, gigi q ini kog aneh ya, gigi itu gigi dpan dan tmbalan, gigi itu kadang2 goyang kadang2 gak, jd kl misal q abis kumur dg kuat, gusi dr gigi trsbut q dorong pake lidah, dan trasa 'tek', tp kl didor0ng gigix gak goyang, sy sdah 2x ke dokter dan gigi itu diketuk,tp dokter trsbt tdk blg gigi itu goyang.. Dulu jg pernah gigi sblah taring, kl dbuat makan trus ada makanan yg nyelip,kan q dorong2 pke lidah itu jg trasa 'tek' tp skrg sdah tdk lg.
    Knp ya dok? Trus untk kasus gigi dpan sy,apa itu m0 copot? Gigi itu tambalanx agak nggajal sih,jd suka sakit dan ga nyaman.
    Trimakasih,ditunggu jwbnx.an, gigi itu kadang2 goyang kadang2 gak, jd kl misal q abis kumur dg kuat, gusi dr gigi trsbut q dorong pake lidah, dan trasa 'tek', tp kl didor0ng gigix gak goyang, sy sdah 2x ke dokter dan gigi itu diketuk,tp dokter trsbt tdk blg gigi itu goyang.. Dulu jg pernah gigi sblah taring, kl dbuat makan trus ada makanan yg nyelip,kan q dorong2 pke lidah itu jg trasa 'tek' tp skrg sdah tdk lg.
    Knp ya dok? Trus untk kasus gigi dpan sy,apa itu m0 copot? Gigi itu tambalanx agak nggajal sih,jd suka sakit dan ga nyaman.
    O ya, gigi dpn itu perna bengkak dan wkt itu jg trasa sperti itu, lalu di psa,stlah psa sich uda g trasa lg,tp skrg kambuh lg.Trimakasih,ditunggu jwbnx.

    BalasHapus
  108. Luqi yang suka dorong-dorong gigi pake lidah ;) ,
    hubungan gigi dengan jaringan penyangganya tidak seperti paku yang tertanam pada tembok atau kayu. Kalau paku yang tertanam pada tembok atau kayu dapat digerak-gerakan, sudah pasti paku itu tidak tertanam dengan benar, sehingga mudah dicabut karena ikatan antara paku dan tembok / kayu adalah ikatan mekanis. Ikatan antara gigi dan penyangganya adalah ikatan biologis-mekanis yang sifatnya lentur dan terus berubah-rubah mengikuti beban yang diterima gigi. Kalau sekali-sekali terasa goyang, bukan berarti gigi mau copot tapi merupakan mekanisme "tumbuh-susut" jaringan penyangga gigi terhadap beban yang diterimanya dari gigi yang disangga.

    Beban yang diterima gigi bisa berupa tambalan yang ketinggian / mengganjal , posisi gigi yang berjejal atau merenggang atau hal-hal lain.

    Untuk gigi depanmu yang tambalannya agak mengganjal, suka sakit dan tidak nyaman, sebaiknya diperiksakan ke drg.Mungkin pengisian saluran akarnya ada kebocoran atau bahannya mengiritasi penyangga gigi atau hal lainnya.

    BalasHapus
  109. dok gigi aku baru berumur 11 th tapi gigi asli ku yang gigi depan sudah goyang lagi tapi sedikit sih.. tapi aku sangat khawatir kalo2 gigi itu copot. karna dari kamis sampe sekarang masih goyang. gimana yaa..?????? tolong beri penjelasan

    BalasHapus
  110. oo gitu, jd sebaiknya q ngilangin kebiasaan kyk gitu ya,biar ga bikin gelisah. Kata mama q ,kl gigi di goyang2 trus,ntr malah bakal copot ya dok?ikin gelisah. Kata mama q ,kl gigi di goyang2 trus,ntr malah bakal copot ya dok?

    BalasHapus
  111. Ayu,
    gigi depanmu yang goyang bisa merupakan hal yang normal, bisa juga pertanda suatu yang tidak normal. Bila beberapa hari belakangan ini ada kejadian yang menimpa gigimu, misalnya benturan atau gusi tertusuk duri atau benda lain, bisa jadi gigi goyangmu disebabkan oleh kejadian tersebut. Selain itu, kalau gigimu berlubang besar dan dalam, bisa menimbulkan infeksi sehingga bernanah dan menyebabkan gigi goyang. Kalau hal-hal tersebut di atas tidak kamu alami, gigi goyangmu mungkin hal yang normal. Kalau masih penasaran, ada baiknya kamu ke drg untuk mendapatkan pemeriksaan lebih teliti dan kalau perlu mendapatkan pengobatan.

    BalasHapus
  112. Dok, saya mau tanya, saya pake behel, trus kmrn ini bracketnya ada yang copot, jadi lem yang di gigi kan dibersihin, tapi waktu dibersihin, asisten dokternya agak kasar gitu, soalnya lem nya kan udah keras, trus pas udah dipasangin bracket lagi, giginya kok rasanya goyah, ga bisa dipake buat gigit, nyeri gitu, gigi sebelah kiri habis gigi kelinci, gimana solusinya dook? :(

    BalasHapus
  113. Luqi,
    betul, sebaiknya kebiasaanmu dihentikan. Soal benar tidaknya kata Mama-mu, sedikit ada benarnya. Tapi aku yakin, gigimu tidak akan copot hanya karena kamu dorong-dorong dengan lidah terus-menerus. Perlu waktu yang lama,dorongan yang sangat kuat serta kekuatan sangat besar untuk menahan rasa sakit untuk mencopot gigi yang sehat.

    BalasHapus
  114. Sinta,
    gigi yang terasa goyang, sakit untuk menggigit menandakan adanya peradangan pada penyangga gigi. Peradangan bisa disebabkan karena trauma fisik, mungkin akibat pembersihan "lem" yang terlalu kasar. Selain itu bisa juga disebabkan karena daya tarik pesawat ortodonti (dalam hal ini bracket dan kawatnya) yang terlalu besar. Sebaiknya kamu kembali ke drg yang memasang bracket untuk mendapatkan solusinya.

    BalasHapus
  115. saya mengalami kecelakaan yg membuat dua gigi depan atas sy goyang<<< sudah diikat selama satu bulan... apa gigi yang goyang bisa kuat dengan sendirinya dok ???
    hasil foto ronsen gigi/akar tidak ada yang patah.. mohonjawabannya
    reza_jr91@yahoo.com

    BalasHapus
  116. Reza, kalau emang akar masih utuh, gigi yang goyang akan menjadi kuat lagi.

    BalasHapus
  117. Bu dokter,
    Dua gigi depan atas saya goyang, sudah lumayan lama juga, sekitar 3 bulanan.
    Saya pernah menanyakan cara pengobatan atau penguat agar gigi saya tidak goyang, tetapi kata dokternya tidak bisa, katanya berhubung saya masih remaja dengan seiring waktu mungkin gigiku bisa kuat kembali.
    Saya juga sangat berhati-hati dalam menjaga ke dua gigi depan saya dok, tapi minggu lalu saya saat mengangkat kursi (piket), saya tak sengaja membentur kedua gigi depan saya sehingga sampai sekarang giginya agak terasa sakit dok. Apa yang harus diperbuat, dok?
    Gigi saya juga tidak rapi, tumbuhnya tidak beraturan, apakah saya bisa merapikannya meski gigi saya goyang?
    Makasih bu dokter.

    BalasHapus
  118. Masalah pertama : gigi goyang sekitar 3 bulan. Penyebab gigi goyang bermacam-macam. Saya tidak tahu mengapa gigimu goyang. Kalau sudah terjadi kerusakan jaringan penyangga gigi, gigi yang goyang sulit mengencang kembali, kecuali jaringan penyangga diperbaiki. Kalau jaringan penyangga tidak dapat diperbaiki, gigi bisa diperkuat dengan splinting seperti yang dijelasakan dalam artikel di atas. Ini jawaban untuk masalah pertama.

    Sekarang masalah kedua : gigi terbentur waktu mengangkat kursi. Benturan yang keras dapat menyebabkan gigi patah. Gigi yang patah tidak selalu terlihat, misalnya kalau patah di bagian akar. Kalau patah di bagian akar, gigi yang goyang bisa menguat lagi tapi menyimpan bom waktu. Sewaktu-waktu dapat timbul infeksi. Untuk mengetahui apakah akar gigi patah atau tidak, perlu dibuat foto rontgen. Pada kasus seperti ini, gigi harus dicabut.Kalau gigi masih utuh, perlu dilihat kondisi penyangganya. Selanjutnya, penjelasan seperti untuk masalah pertama.

    Masalah ketiga : susuan gigi yang tidak rapi. Salah satu syarat merapikan gigi (perawatan ortho)adalah gigi-gigi dalam keadaan baik. Kalau ada lubang, sudah ditambal. Kalau ada jaringan penyangga gigi yang radang, sudah dirawat. Begitu juga dengan gigi goyang. Masalah gigi goyang harus diatasi dulu.

    BalasHapus
  119. Dok,
    jadi, kemaren di sekolah kesandung tali sepatu terus jatoh lumayan kenceng trus kaya kalo gigit di tahan kaya ngilu trus gk tau goyang apa gak itu gigi kelinci
    2 gigi depan tolong please soalnya masih muda takut ganti gigi palsu/ ompong tolong please dok takut banget..
    tapi setiap hari pake sensodyne sama pake listerine
    sensodyne nya saya gosok lama di tempat yg goyang gk tau liat 2 hari lagi
    kalo harus splinting kasih tau dulu trs harganya brp mahal gk

    BalasHapus
  120. Trauma fisik pada gigi bisa mengakibatkan gigi goyang, bergeser dari tempatnya semula, patah bahkan lepas dari soketnya, tergantung besarnya trauma. Untuk mengetahuinya, perlu pemeriksaan oleh dokter gigi dan dokter gigi pula yang akan menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk mengatasinya. Makin cepat gigi ditangani, makin kecil resikonya. Mengenai biaya, tergantung tindakan apa yang akan dilakukan.Jadi sebaiknya kamu cepat-cepat ke dokter gigi.

    Penggunaan sensodyne dan listerine tidak akan berarti apa-apa. Sensodyne mungkin dapat menghilangkan rasa linu, tapi hanya sejauh itu. Penyebab rasa linu perlu dihilangkan. Listerine tidak bermanfaat apa-apa bagi gigi yang mengalami trauma.

    BalasHapus
  121. slamat siang dok...

    Gini dok aq mw tanya, seminggu yg lalu gigiku terasa goyang semua, trus pas ke dokter, dokternya bilang klo itu cuman perasaanku saja, krna ad gigiku yg abses di graham kanan bawah. Cuman dikasih antibiotik dan disuruh dtng lgi.
    Trus krna ini gigiku yg dibagian kelinci bner2 trasa goyang (klo ditekan dgn lidah dan dirasain dgn jari, soalx klo dgn kasat mata g trlihat) aq slalu goyang2in dgn lidah dan rasain dgn jari krna ingin tahu ap goyang ato gak, hal ini ku lakukan smpe 2-3hri, smpe pda hri ke 3 gigi kelinci trsebut klo digoyangin rada ngilu dan gusi (gusi yg ad di antara gigi kelinci smpai gusi di gigi trsebut) /langit2nya jdi meradang dan bila trsentuh lidah jdi rada2 pedes/panas. Dan yg paling mengganggu gusi bgian atas (semua gusi atas) jdi kaku... Selang bbrpa hri kmudian, malah gigi disekitarnya ikut goyang (gigi tring kanan smpe taring kiri) pdhal gigiku yg didepan atas sblumnya tidak ad masalah, dan doktr bilang krang giginya cuman dikit... dan pada hari nie, gigi bawahku g sengaja aq goyangin pke lidah, ternyata gigi bawahku jg terasa goyang. Kok bs gini dok?

    yg ingin aq tanyakan
    1. apakah hanya dengan menggoyangkan dengan lidah secara pelan gigi bisa goyang?
    2. kira2 yang menyebabkan gigiku goyang semua itu apa ya? :'( pdahal aku wanita baru berumur 19thun... Sedih banget psti klo pke gigi palsu :'(

    Mhon bantuannya dok :'(
    Sekian dan trima kasih

    BalasHapus
  122. 1. Menggoyangkan gigidengan lidah secara pelan tidak menyebabkan gigi goyang. Tetapi kalau dilakukan berulang-ulang dilakukan apalagi telah menjadi kebiasaan yang tidak disadari, bisa menyebabkan gigi goyang.
    2. Penyebab gigi goyang bisa bermacam-macam, di antaranya : kerusakan penyangga gigi, abses, traumatik oklusi (cara mengatupkan gigi-gigi rahang atas dan bawah yang traumatik), akibat penyakit sistemik. untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan seksama dan menyeluruh.

    BalasHapus
  123. Malem Dok,

    aku anton, sebenarnya malu jg nih, umur 35th, tidak pernah sakit gigi, tp ada 4 gigi yg berlubang, ada yg ditengah dan samping, hampir gak pernah ke dokter gigi.
    gak pernah bersihing karang gigi, sedikit merokok sehingga lubang pada gigi jadi hitam.
    yg paling parah adalah 4 gigi depan atas bawah semua goyang termasuk gigi taring, sehingga sekarang lumayan sering sakit gigi atau gusi bengkak.
    saya konsulkan ke dokter gigi sarannya :
    - perbaiki gigi dgn penambalan pada lubang gigi
    - kalau perbaiki tdk bisa baru dicabut.
    Gimana ya dok, apa yg harus saya lakukan...

    thanks berat

    BalasHapus
  124. Yang harus Anda lakukan : turuti kata dokter gigimu :)

    Untuk gigi-gigi goyang, penyebab utamanya adalah karang gigi yang tidak pernah dibersihkan dan kebiasaan merokok, sehingga terjadi kerusakan penyangga gigi. Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut (pada gigi yang sudah goyang) dan lebih meluas (pada gigi yang belum goyang), karang gigi harus dibersihkan dan sedapat mungkin menghentikan kebiasaan merokok. Setelah karang gigi dibersihkan, mungkin ada perawatan jaringan penyangga gigi lainnya. Juga ada perawatan di rumah yang harus dijalankan.

    Untuk gigi-gigi goyang, kalau kondisinya masih bagus (belum berlubang), mungkin bisa diikat supaya tidak goyang. Silakan lihat tulisan saya di http://wardogi.blogspot.com/2008/02/gigi-goyang-haruskah-dicabut.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Pagi
      Kondisi a gigi depan saya masih baik, namun sudah agak goyang
      dari hasil foto gigi, kelihatan sudah patah
      Saya mau bertanya dok, bagaimana sebaiknya menangani kondisi ini?
      apakah gigi saya saya biarkan lepas saja, dan ganti gigi palsu..atau masih bisa diperkuat dengan fibre splinting?

      terima kasih
      Salam
      Wahyu

      Hapus
    2. Kalau sudah patah, tidak bisa displinting, harus dicabut. Jangan tunggu lepas sendiri, karena bagian gigi yang patah merupakan "port d'entre" bagi kuman-kuman untuk masuk dan akan menyebabkan infeksi.

      Hapus
  125. dok saya memakai behel sudah 3 minggu, tapi kemudian 1 gigi bawah saya ada yang goyang,padahal sebelumnya tidak, apakah itu wajar atau bagaimana? apakah saya harus melepas behel saya? mohon solusi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila pemasangan behel tepat dan sesuai indikasi, gigi memang akan menjadi tidak cekat lagi pada penyangganya karena tujuan pemasangan behel memang untuk menggerakkan gigi ke posisi yang diinginkan. sebaiknya tanyakan kepada drg yang memasangkan behel, karena dia yang mengetahui keseluruhan rencana perawatan.

      Hapus
  126. Sore dok

    Pada saat makan tidak sengaja saya menggigit saat garpu, akibatnya satu gigi seri bawah saya menjadi sakit, dan agak sedikit goyang jika di goyang2 pakai tangan. Pertolongannya pertama untuk kasus tersebut apa ya dok??
    Terima kasih atas segala perhatiannya.
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi yang goyang akibat menggigit garpu menimbulkan goncangan pada gigi. Trauma fisik yang cukup besar pada gigi itu diteruskan ke jaringan penyangga gigi dan berakibat daya sanggahnya berkurang. Tapi biasanya bersifat sementara dan akan kencang kembali dalam beberapa hari. Jadi tidak perlu diapa-apakan, apalagi digoyang-goyangkan pakai tangan untuk mengeceknya.

      Hapus
  127. bu mau nanya.
    ceritanya gini:
    gigi geraham bawah saya (no.8 kalo ga salah) bolong udah gede. dan mulai melakukan perawatan pas udah terasa ngilu kalau minum2 panas/dingin tapi ga pernah sakit yang katanya mengerikan itu.

    keadaannya masih termasuk vital katanya, tapi akhirnya akarnya dimatikan juga pake arsenik. trus ditambal, saat ini masih tahap sterilisasi di ruang pulpa (masih tambal sementara) baru minggu depan di permanen kalau ga ada masalah

    masalahnya itu:
    3 hari setelah ditambal sementara kemaren, abis bangun tidur rasanya gigi geraham ini agak naik, trus dipegang agak goyang. gak enaknya itu ga bisa buat ngunyah, soalnya sakit banget. dan agak nyeri dikit walau didiamin.

    ini udah yang ke 2 kali, yang pertama saat dimatikan akarnya pake arsenik. beberapa hari kayak naik gitu, sakit. trus suatu saat lekat kembali dan baru saya ke dokter gigi u/ perawatan yang saat ini.

    nah pertanyaannya:
    1. apa ini artinya harus dicabut? atau dibiarkan aja dulu sampe kencang lagi?
    2. apa ini masih bisa dipertahankan? soalnya giginya udah mati, tapi dokternya berani nambal (gak dicabut atau diapain katanya wktu itu) karena pas dateng ke dokternya giginya masih vital, walau bolongnya udah gede. (belum kena ruang saraf kali ya)
    3. cara nyembuhin / ngelekatin gigi yang naik,goyang ini gimana ya? soalnya sakit banget, ga bisa makan :'(

    bales sekalian ke email saya ya bu
    rustyfire@gmail.com

    makasiiih udah ngebantu saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agaz,
      Perasaan seolah-olah gigi naik menandakan adanya peradangan pada jaringan penyangga gigi (periodontal). Peradangan dalam kasusmu mungkin disebabkan karena bakan arsenik (yang pertama)dan bahan pengisi saluran akar yang menembus ke penyangga gigi(yang terakhir)Peradangan dapat hilang kalau bahan-bahan ini dihilangkan. Bahan arsenik sudah pasti tidak ada lagi, karena dalam tahap kedua perawatan,bahan ini sudah diangkat dari gigi. Bahan pengisi saluran akar mungkin ujungnya menyentuk jaringan penyangga. Bila hal ini terjadi, bahan tersebut harus dilepaskan, dan perawatan harus diulang lagi. Mungkin juga ada penyebab lainnya.

      Saya tidak tahu pasti apa yang menyebabkan peradangan jaringan penyangga yang terakhir, tanpa memeriksanya langsung. selain pemeriksaan klinis, mungkin juga diperlukan pembuatan foto rontgen. Karena itu saya juga tidak tahu apakah gigi masih dapat dipertahankan atau harus dicabut.

      Sebaiknya segera kembali ke drgmu untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

      Hapus
  128. Dok, saya mau bertanya
    sebelumnya saya mau cerita dulu, gigi saya berlubang sudah cukup parah sampai sudah patah setengah. lalu saya akhirnya ke dokter gigi setelah gigi terasa sakit. waktu saat gigi dibersihkan oleh dokter gigi, gigi saya patah lagi, sehingga menjadi tinggal seperempat. akhirnya setelah beberapa kali kunjungan, gigi saya sudah ditambal permanen dan juga dipasang pin.
    yang jadi masalahnya, setelah beberapa bulan kemudian gigi saya yang tinggal seperempat bagian itu patah saat lagi makan, tapi patahannya nyangkut, jadi seperti cuma goyang saja.
    apa yang harus saya lakukan? apa saya cabut saja patahannya? saya belum bisa ke dokter gigi dalam waktu dekat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Celah yang muncul akibat patahan tersebut dapat menyebabkan makanan dan kuman-kuman berkumpul dan menyebabkan kerusakan gigi lebih luas lagi. Memang kalau Anda ke dokter gigi , patahan itu akan dicabut. Setelah itu pin harus diperbaiki, dan kemungkinan akan dibuat jacket crown mengingat kecilnya sisa gigi yang ada.

      Jadi sebaiknya sediakan waktu untuk pergi ke drg, supaya pembusukan gigi tidak berlangsung terus. Kalau belum sempat, jika patahan yang nyangkut itu bisa dilepaskan sendiri, silakan lepaskan sendiri. Tapi kemungkinan besar sulit. Dan setelah itu, daerah itu harus mendapat perhatian ekstra sewaktu dibersihkan.

      Hapus
    2. iya dok, saya sudah coba cabut sendiri tapi tidak bisa, alhasil jadi berdarah.
      saya belum bisa ke dokter gigi karena saya sedang sekolah di luar negeri dan asuransi saya masih belum bisa dipakai. dan kalau saya ke dokter gigi tanpa asuransi, harganya akan sangat mahal.
      apa saya paksa cabut saja patahannya? atau dibiarkan saja sampai nanti ke dokter gigi?
      terimakasih untuk jawabannya.

      Hapus
    3. Jangaaaannn..... jangan memaksakan cabut sendiri. Ya,sebaiknya tunggu sampai ke drg. Yang penting sekarang dijaga kebersihan daerah itu ya. Mudah-mudahan bisa bertahan tanpa menimbulkan masalah berarti. Boleh juga dibantu dengan kumur-kumur air garam hangat sebagai antiseptik, beberapa kali sehari.

      Hapus
    4. dok, gusi di bagian gigi ini skarang jadi agak bengkak dan agak berwarna putih. itu kira-kira kenapa ya? tapi tidak terasa sakit sama skali dok.
      waktu itu saya memang sempat tidak kumur air garam slama beberapa hari karna waktu itu lagi tidak di rumah dan saya lupa.
      skarang apa yang harus saya lakukan? saya masih belum bisa ke dokter gigi skarang ini.

      Hapus
    5. Kemungkinan abses, bagian yang berwarna putih itu saluran keluar nanah. Kalau sudah abses, harus minum antibiotika. Di negara-negara maju, antibiotika hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Jadi mau tidak mau harus ke dokter.

      Hapus
  129. bu dokter waktu itu,sya jatoh.dan gigi depan saya patah.namun masih meninggalkan sedikit sisa gigi.tpi oleh dokternya semacam di tambah pakai semen gigi gt.setelah 3 minggu kemudian giginya goyang,apakah masih bisa kuat lagi giginya.dan apakah gigi sya ini bisa putih lg.thanks jawabannya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya tidak tahu apa yang "ditambahkan" oleh drg-mu. Saya juga tidak tahu apakah gigimu masih dapat kuat lagi dan putih lagi tanpa melihat gigimu dan melakukan pemeriksaan klinis dan radiologis. Sebaiknya tanyakan ke drg yang mengobatimu selama ini.

      Hapus
  130. ROUDHOH ALYA ULHAQ3 Maret 2012 pukul 22.16

    dok ,
    bgaimana jika gigi itu goyang pdhal telah berganti ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gigi yang goyang merupakan gigi susu sementara gigi tetap penggantinya sudah tumbuh? Jawabnya : gigi susu tersebut tidak perlu dipertahankan, jadi dicabut saja

      Hapus
  131. dok,saya mau nanyak gigi saya tidak goyang tetapi kalau di sentuh terasa nyilu,itu di sebabkan karena saya habis mengalami kecelakaan.kira-kira apa obatnya ya dok.terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa linu bisa disebabkan karena kerusakan jaringan penyangga gigi, bisa juga karena ada bagian gigi yang patah. Kalau kerusakan jaringan penyangga tidak besar, akan pulih sendiri. Kalau besar, perlu pembedahan. Kalau ada bagian gigi yang patah, tergantung besarnya. Kalau hanya gompal di email, bisa ditambal. Kalau besar, perlu perawatan. TErgantung besarnya, perawatan bisa meliputi perawatan saluran akar hingga pencabutan gigi.
      Obatnya sebetulnya tidak ada. Boleh dicoba obat penahan rasa sakit seperti parasetamol atau asam mefenamat. Belum tentu bisa menghilangkan rasa linu. Karena sumber rasa linu masih ada. Sebaiknya anda ke drg untuk mendapatkan perawatan yang tepat, sebelum bertambah parah.

      Hapus
  132. Dok...,gigi depan atas (tepat 2 gigi depan/gigi kelinci) agak sedikit goiyang. yang mau saya tanyakan apakah gigi depan atas itu bisa kuat kembali dengan sendirinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa kuat kembali, mungkin tidak tergantung kondisi dan penyebabnya. Untuk mengetahuinya perlu pemeriksaan klinis dan juga pembuatan foto rontgen.

      Hapus
  133. Dok.... kalau untuk di Bogor, dokter punya referensi gak dokter/klinik yang bisa melakukan pengobatan ini (gigi goyang)?

    BalasHapus
  134. dok ... gigi depan saya yg atas agak mulai goyang, ntah kenapa awalnya saya juga ga tau, ko tiba tiba goyang, saya ga mau dicabut gimana caranya perawatannya biar ga dicabut tapi bisa kuat lagi ... terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya tidak bisa menjawab karena saya tidak tahu apa yang terjadi pada gigimu hanya berdasarkan ceritamu. Sebaiknya ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

      Hapus
  135. boy
    Dok saya sedang ad masalah dngn gi2 saya, 5th yg lalu saia kclkaan yg mngkbtkn gi2 dpn saya patah, yg 1 syarafnya sudah d matikan sma doktr, lalu ke2 gi2 dpn saya d jaket, setlh 5th gigi dpn saya yg syarafnya d cabut skrng warna gi2y agak kehitaman, menrt doktr bgm biar gi2 jaket saya tdk klhtn hitam lg,dan itu knp?mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna kehitaman pada gigi yang mengalami trauma fisik biasanya disebabkan oleh sisa-sisa darah yang tertinggal di dalam gigi. Sedangkan warna kehitaman pada jaket, bisa karena bayangan warna kehitaman pada gigi di dalamnya, bisa juga karena pemakaian atau sebab-sebab lain. Kalau dianggap terlalu mengganggu, jalan keluarnya adalah membuat jaket baru.

      Hapus
  136. Dok ...gigi geraham saya bagiaan atas sebelah kanan goyang dan gusinya jadi membengkak, yang ingin saya tanyakan :
    1.apakah ada kaitan gusi membengkak dan telenga sebelah kananjuga menjadi terganggu pendengaranya (agak pekak).
    2.hidung sebelah kanan juga jadi mampet agak berpengaruh pernapasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada infeksi pada gigi atas yang goyang dan telah muncul nanah. Sepertinya nanah ini menyebar ke ruang sinus yang berada di antara rongga mulut dan rongga hidung. Tekanan cairan nanah di ruang sinus ini menyebabkan hidung mampet, juga pekak pada telinga. Sebaiknya Anda segera ke dokter THT untuk mendapatkan penanganan ruang sinusnya. Biasanya untuk terapi menyeluruh, perlu penanganan kerjasama dokter THT dan drg spesialis bedah mulut.

      Hapus
  137. 1 minggu yang lalu saya pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan gigi seri atas saya yang goyang, saya berharap gigi saya bisa dipertahankan. Tapi dokternya berkata kalau gigi itu harus di cabut karna sudah goyang dan tidak ada cara lain.
    Saya sangat sedih, karena pada akhirnya gigi itu dicabut juga.
    Alangkah baiknya jika semua dokter seperti anda.
    Dan sekarang saya harus memakai gigi palsu juga, sebenarnya saya sangat takut. Tapi saya sangat berterima kasih atas penjelasan anda mengenai pemakaian dan pemeliharaan gigi palsu.


    Laura.
    Medan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laura,
      memang tidak semua gigi goyang harus dicabut, tapi tidak semua gigi goyang dapat dipertahankan. Perlu banyak pertimbangan untuk menentukan dicabut atau tidaknya gigi yang goyang. Terimakasih atas kunjungan ke warung ini.

      Hapus
  138. saya habis kecelakaan yg menyebabkan gigi saya menatap aspal dan goyang. sekarang sakit jika untuk makan, bagaimana solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya : segera ke drg untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Makin lama ditunda, masalah akan semakin berkembang.

      Hapus
  139. Dok, mau nanya? Ketika saya tdak sngaja mengigit benda kerasa dan berdampak ngilu dan terasa goyang halus pada gigi seri bawah . Terus solusinya apa ya? Saya gak mau gigi saya ntar lama2 smkn goyang dan akhirnya copot ! Dan bagaimana cara mengkuatkan gigi seri ini ?
    *terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Delvianti, gigi yang goyang sedikit akibat menggigit sesuatu yang keras biasanya tidak akan berlangsung lama. Gigi menjadi sedikit goyang karena terjadi peradangan kecil jaringan penyangga gigi. Peradangan akn sembuh sendiri dalam waktu 2 hingga 5 hari. Bila setelah itu kegoyangan tidak berkurang, sebaiknya memeriksakan ke dokter gigi.

      Hapus
  140. dok, gigi saya bagian atas dan bawah masing-masing tinggal 1 buah dan saat ini digunakan untuk tambatan gigi tiruan, tapi sekarang gigi yang bawah goyang kadang nyeri, apakah dicabut saja ya? terima kasih dari valen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Valen, kemungkinan besar gigi yang goyang itu sudah tidak mendapat dukungaan jaringan penyangga di sekitarnya karena menanggung beban kunyah seluruh rahang selama ini. Jadi memang sebaiknya dicabut

      Hapus
  141. dokter, kemarin saya tabrakan motor, lalu salahsatu gigi kelinci atas saya goyang. dan terasa linu jiga saua pakai untuk mengunyah, apalagi menggigit. apakah gigi saya masih bisa di selamatkan dok?
    mohon jawabannya ya dok. terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isti, sebaiknya segera ke dokter gigi untuk diperiksa dengan seksama dan mendapat perawatan yang tepat. Saya tidak dapat memastikan dapat atau tidaknya gigimu diselamatkan tanpa melihat dan memeriksanya.

      Hapus
  142. Dok gigj kelinci saya terbentur karna saya tersandung,goyan sedikit tp agak aneh rasanha apakah bs diselamatkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengetahui apakah gigi dapat dipertahankan atau tidak, silakan memeriksakan ke dokter gigi. Karena dokter gigi hanya dapat mendiagnosa dengan mendengarkan keluhan dan gejala yang dirasakan oleh pasien, melihat, memegang gigi dan jaringan sekitarnya, melakukan beberapa tes pada gigi. Ketiga hal terakhir tidak dapat saya lakukan di dunia may ini. Maaf.

      Hapus
  143. Dok....2thun lpas sya ada tampal ggi....sb nya renggang.....tp skarang tampal sudah hbs..ggi pn sdikit goyang..saya mahu tanya disini....masih boleh kah saya tampal semula...dan boleh kah ggi saya kuat semula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya tidak dapat menjawab dapat atau tidak gigi Anda menjadi kuat lagi. Harus ada pemeriksaan klinis untuk mengetahuinya. Sebaiknya anda memeriksakan ke dokter gigi.

      Hapus
  144. Mula-mulanya saya tidak pernah sakit gigi kecuali sewaktu saya masih belia.Kira2 umuran 5 tahun lah. Namun ketika saya beranjak dewasa ada hal yang tidak saya sangka2 terjadi pada diri saya. Gigi paling depan terasa goyah dan ini mulai ketika setelahnya idul fitri bulan lalu. Saya sangat takut dok. jika gigi kesayanganku akan permisi meniggalkan saya. Karena untuk sekarang ini saya belum mengizinkanya kecuali mungkin jiak saya telah berusia lanjut. Itu mungkin sesuatu yang lumrah kita jumpai jika banya gigi yang goyah kettika umur kita udah tua........Namun yang ironinya dok, umur saya masih sangat muda......
    kira2 ada alternatif untuk menyembuhkan gigi saya agar menjadi kuat kembali? Mohon di jawab ya dok....
    Jawaban dan solusi dokter akan di catat sebagai amal kebaikan di sisi sang maha kuasa. Dan tatkala saya mengamalkan ilmu yang saya dapat dari dokter insyaallah dokter akan mendapatkan amal jariyah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akbar, langkah pertama untuk menyembuhkan gigimu adalah pergi ke tempat praktek dokter gigi untuk mengetahui ada masalah apa dengan gigi-gigimu. Setiap masalah sebaiknya diselesaikan di ruang praktek itu. Mungkin tidak cukup sekali atau dua kali datang. Penyelesaian masalah gigi-gigimu bisa berupa penambalan, perawatan saluran akar. Bisa juga pencabutan hingga pembuatan gigi palsu.

      Setelah semua masalah selesai, yang perlu dilakukan adalah menjaga dan merawat agar tidak timbul masalah baru. Caranya dengan menjaga kebersihan gigi setiap hari, yaitu dengan makan makanan berserat, banyak minum air dan menyikat gigi dengan cara yang benar dan pada waktu yang tepat. Selain itu, memeriksakan gigi dan mulut 6 bulan sekali supaya kalau ada masalah kecil dapat segera diatasi sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih rumit.

      Mudah-mudahan info ini bermanfaat.

      Hapus
  145. Dok saya mau tanya, saat ini saya sedang menjalani perawatan syaraf karena sebelumnya gigi depan (gigi kelinci) saya pernah di tambal dan sdh ke coklatan dan pada langit2 mulut terdapat benjolan,, setelah saya adukan gigi atas dan bawah ternyata gigi yg sdg dlm perawatan tsb goyang halus, yang saya ingin tanyakan apakah goyangnya gigi saya akibat dari perawatan syaraf yg sdg di jalani? apakah setelah perawatan selesai gigi saya akan kuat kembali atau ada solusi lain selain gigi di cabut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amilia, jawaban saya berikut ini adalah jawaban berdasarkan keteranganmu, tanpa melakukan pemeriksaan. Jadi ada kemungkinansalah juga.
      Benjolan di langit-langit mungkin merupakan peradangan di sekitar ujung akr gigi yang saat ini dirawat. Peradangan ini terjadi di jaringan penyangga gigi (periidontal). Peradangan periodontal bisa menyebabkan gigi goyang. Kalau perawatan syaraf berhasil, peradangan akan sembuh dan gigi akan kokoh lagi.

      Hapus
  146. dok gimana caranya memperkuat gigi agar tidak goyang sampe tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi tidak dapat diperkuat. Yang bisa dilakukan hanya menjaga agar gigi awet di dalam mulut sampai tua. Caranya dengan perawatan rutin tiap hari. Menyikat gigi sehabis makan, bukan sebelum makan. Ditambah pemeriksaan rutin ke drg tiap 6 bulan sekali supaya bila dijumpai kelainn dapat langsung diatasi.

      Hapus
  147. Selamat malam dok, saya mau tanya gigi geraham bawah saya bolong (besar) dan sakit kemungkinan sudah tidak bisa ditambal, apa yang harus saya lakukan,?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pergilah ke dokter gigi terdekat untuk mendapatkan solusi. Konsultasi di warung ini tidak akan memberikan solusi, karena yang disajikan di sini hanyalah informasi.

      Hapus
  148. Dok...gigi geraham saya pertama lobang trus ditambal...lobangnya tuh ditengah tengah antara dua gigi gt,tp tambalanya lepas dan mahkotanya juga kropos lama lama ilang sekarang tinggal akar akarnya....kalau mau pasang gigi palsu,baikny yang apa ya?? Dan menghilangkan akarnya itu apa harus melakukan operasi kecil? Soalnya udah lama,dan baru kerasa gigi gigi depannya pada geser tak beraturan,kalau sudah pake gigi palsu apa gigi depannya bisa dirapikan lagi????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu tidaknya pembedahan untuk mengeluarkan sisa akar, tergantung kondisi dan letak sisa akar. Karena saya tidak dapat melihat gigimu, saya tidak bisa menjawab.

      Pemasangan gigi palsu tidak akan mengubah susunan gigi depan. Kalau mau memperbaiki susunan gigi harus dengan kawat dan bracket. Setelah rapi, kalau masih ada sisa ruangan, baru dibuat gigi palsu

      Hapus
  149. dok 1 bulan yg lalu gigi saya kebentur kepala adik saya , semenjak saat itu gigi saya sering sakit dan sekkarang gigi saya agak goyang ... dok apa gigi saya harus di cabut ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Raesa, belum tentu gigimu harus dicabut. Untuk mengetahuinya, sebaiknya periksakan saja ke dokter gigi. Maaf, saya tidak bisa memeriksa lewat internet. Karena pemeriksaan harus dilakukan dengan melihat, memegang, dan lain-lain. Mungkin juga perlu pembuatan foto rontgen.

      Hapus
  150. selamat sore dok...
    beberapa tahun yang lalu gigi geraham sebelah kanan saya ditambal karena berlobang ditengahnya, selang beberapa bulan gigi yang ditambal tersebut bagian pinggir arah luarnya pecah. awalnya saya tidak merasakan apa2, tapi beberapa hari yang lalu tiba2 gigi tersebut sakit, susah ketika akan mengunyah walaupun itu hanya nasi. dan sakit saat mengatupkan mulut hal itu saya rasakan sampai sekarang. saya coba pegang terasa sedikit goyang. apakah gigi saya tersebut bisa ditambal bagian pinggirnya, walaupun bagian tengahnya ditambal. atau apakah harus dicabut..? mohon pencerahannya .terima kasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa atau tidaknya gigi dipertahankan hanya bisa ditentukan setelah dilakukan pemeriksaan langsung. Hal ini tidak dapat saya lakukan di sini. Karena itu pergilah ke dokter gigi yang praktek.

      Hapus
  151. Dok..gigi bawah depan saya yang sebelah kanan taring agak masuk kedalam, pada awalnya tidak begitu mencolok tapi setelah gusi saya yang bawah tumbuh kiri dan kanan terlihat semakin bergeser kedalam dan agak terasa sedikit mengganggu dan juga ngilu...
    tolong beri solusinya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim, solusinya ada di dokter gigi yang praktek. Pergilah ke dokter gigi. Di sini hanya ada informasi.

      Hapus
  152. Dok, anak saya usia 21 bln giginya patah bagian dpn tetapi bagian belakangnya msh menempel pada gusi, terus goyang. Anak ku jd tdk mau menyusu asi dan minum, apakah blh dicabut dok dlm kondisi seperti itu? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tri, maaf saya tidak bisa menjawab tanpa melihat kondisi gigi anak Ibu. Pada dasarnya sedapat mungkin gigi susu harus dipertahankan. Sebaiknya segera dibawa ke dokter gigi untuk mendapat penanganan.

      Hapus
  153. dok saya mau tanya,seminggu yg lalu saya habis cabut gigi depan saya posisi awal gigi yg di sebelahnya emang miring selang beberapa hari gigi yg disebelahnya itu terasa sakit saat di pakai untuk menggigit dan agak goyang sedikit,itu kenapa ya dok apakah gigi saya bisa kuat lgi dan gak sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gigi tetangga yang sakit dan terasa goyang setelah pencabutan gigi merupakan efek samping pencabutan. Seiring dengan berjalannya waktu, gejala ini akan hilang sendiri.

      Hapus
  154. Dok saya memakai behel gigi tapi gigi depan saya menjadi goyang dok. Saya tidak mau dicabut karena usia saya masih 14 tahun. Apakah itu bisa dia atasi ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rita, gigi yang dibehel memamg akan goyang . Ini aadalah bagian fari perawatan karena gigi-gigi memang diatur ulang posisinya. Jadi tidak perlu dicabut.

      Hapus
  155. Saya 3 hari yang lalu baru sembuh dari radang gusi tapi sakitnya hanya di satu daerah gigi. Gigi tersebut sejak itu goyang. Harus bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan ke dokter gigi untuk mendapatkan solusi. Blog ini hanya memberikan informasi.

      Hapus
  156. dok, gigi yg goyang karena karang yg banyak. apakah masih bisa di bersihkan dan di perbaiki?
    mohon info, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karang gigi yang menyebabkan gigi goyang harus dibersihkan. Penjelasannya dapat dilihat di http://wardogi.blogspot.com/2014/05/gigi-goyang-setelah-pembersihan-karang.html?m=1
      Gigi yang goyang, bila jumlahnya tidak banyak masih bisa distabilkan dengan cara "mengikat"nya.

      Hapus
  157. Dok,bagaimana yah cara mengatasi gigi yg mudah goyang sya sampe 3 ggi yg goyang apa solusi nya dok,
    makasih
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian besar penyebab gigi goyang adalah karang gigi yang tumbuh di sekitar gigi dan lama kelamaan merusak gusi. Untuk mencegah gigi goyang, karang gigi harus dibersihkan sebelum merusak gusi. Kalau gigi sudah terlanjur goyang, bisa diperkuat oleh dokter gigi.

      Hapus
    2. kalau membersihkan karang gigi bagaimana dok.



      makasih

      Hapus
    3. Sultan, karang gigi hanya dapat dibersihkan dengan alat yang dimiliki oleh dokter gigi.

      Hapus
  158. Selamat sore dok, saya mau tanya apakah gusi menyebabkan gigi mengalami kemunduran posisi serta warna gigi menjadi berubah, saya mengalaminya sudah bertahun2, dan sekarang gigi tersebut mulai terasa nyeri dan goyang, sebaiknya dicabut atau direkatkan dengan gigi yg lain, posisi gigi itu ada di bagian depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gusi yang sehat akan melindungi dan menyangga gigi pada posisinya. Perubahan warna gigi tidak disebabkan oleh gusi, tapi karena masalah pada gigi itu sendiri. Mengenai apa yang baik untuk masalah gigimu, sebaiknya tanyakan pada dokter gigi yang praktek bukan di sini karena untuk mengetahuinya harus dilakukan pemeriksaan.

      Hapus

Bersabarlah. Pertanyaanmu tidak akan muncul sekarang. Tidak perlu mengetik ulang pertanyaanmu. Kalau saya tidak sibuk, dalam beberapa jam pertanyaanmu berikut jawabannya akan muncul. Kalau saya sibuk atau cuti, mungkin perlu waktu sekitar 7 hingga 10 hari. Silakan beri tanda centang di kotak di depan "Beri tahu saya". Kalau IDmu jelas, akan ada email notifikasi saat komentarmu dan jawaban saya muncul.