Jumat, 04 Mei 2012

Masalah yang kadang-kadang muncul setelah pencabutan gigi


Tulisan ini merupakan tulisan kedua yang dibuat untuk melengkapi tulisan pertama berjudul Setelah pencabutan gigi berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul menanggapi tulisan tersebut. 

Bila masa 24 jam setelah pencabutan terlewati tanpa masalah, proses penyembuhan luka bekas pencabutan gigi akan berlangsung dengan baik. Tidak ada perawatan dan pengobatan khusus yang diperlukan untuk membantu proses penyembuhan luka. Air liur yang terus menerus berkontak dengan daerah luka mempunyai efek penyembuhan yang sangat ampuh. Selain itu, tidak ada makanan yang perlu dipantang. Sebaliknya, makanan harus bergizi tinggi agar tubuh mampu melakukan proses penyembuhan secara alamiah. 

Kadang-kadang ada orang yang mendapatkan masalah setelah satu atau dua hari setelah pencabutan. Ini adalah kasus-kasus yang jarang terjadi, biasanya terjadi akibat proses pencabutan yang sulit dan daya tahan tubuh yang kurang baik. Namun keadaan jarang ini justru yang diingat orang dan disebar-luaskan ke orang lain, sehingga dianggap sebagai hal yang sering terjadi. 

Proses pencabutan yang sulit biasanya meninggalkan trauma fisik pada jaringan yang ditinggalkan sehingga proses penyembuhan juga berlangsung lebih lama. Trauma fisik dapat menyebabkan munculnya rasa sakit, pembengkakan, pembentukan lapisan putih keabuan di atas luka, pembentukan gumpalan darah berwarna hitam. Perlukah kembali ke dokter gigi atau dibiarkan saja? 

Rasa sakit

Rasa sakit yang muncul setelah efek obat bius habis adalah sebetulnya merupakan hal lumrah, seperti bila terjadi luka pada bagian tubuh lain. Rasa sakit berupa ngilu dan berdenyut-denyut akibat luka pencabutan bersifat relatif, tergantung ambang rasa sakit pasien. Untuk pencabutan gigi dengan tingkat kesulitan rendah, dalam beberapa jam sudah tidak terasa sakit oleh orang dengan ambang rasa sakit tinggi. Sedangkan pada orang dengan ambang rasa sakit sangat rendah, rasa sakit bahkan masih terasa hingga 1-2 minggu. 

Rasa sakit dapat diatasi dengan obat analgesik yang dijual bebas di pasaran, seperti jenis parasetamol, asam asetil salisilat atau asam mefenamat. Gunakan hanya jika perlu saja. Bila sampai 2 hari rasa sakit masih ada bahkan disertai pembengkakan, ini berarti ada gangguan dalam proses penyembuhan, bisa karena lubang bekas pencabutan kotor, bisa karena terjadi pembekuan darah terlalu cepat, atau hal-hal lain. Kalau terjadi demikian, sebaiknya kembali ke dokter gigi Anda untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan lebih lanjut.

Kadang-kadang rasa sakit terjadi bukan hanya pada bekas luka pencabutan, tapi juga pada gigi yang berada di depan atau belakang bekas gigi yang dicabut. Rasa sakit terasa seperti ditekan, atau gigi terasa mau lepas, atau terasa sakit saat menggigit. Rasa sakit ini merupakan gejala peradangan pada jaringan penyangganya. Peradangan akibat proses pencabutan ini tidak bersifat menetap dan akan berangsur-angsur sembuh sendiri.

Gumpalan darah

Bila terlihat gumpalan darah yang kehitaman dan lapisan putih di atasnya pada luka bekas pencabutan tanpa disertai rasa sakit, tidak perlu kuatir. Hal ini merupakan salah satu efek trauma pada jaringan. Bagian ini nantinya akan terlepas sendiri karena merupakan jaringan mati. 

Pembengkakan

Pembengkakan bisa terjadi akibat pencabutan gigi yang sulit. Pembengkakan terjadi akibat beku darah yang berkumpul pada jaringan di sekitar luka. Pembengkakan ini menyebabkan otot-otot di sekitar mulut kaku sehingga ada kesulitan dalam membuka mulut. Bila tidak ada infeksi, pembengkakan dan kekakuan otot dapat diatasi dengan melakukan kompres hangat dan banyak melakukan gerakan buka-tutup mulut. 

Lapisan putih keabuan 

Lapisan putih keabuanpada lubang bekas pencabutan yang disertai rasa sakit luar biasa dan muncul 1-2 hari setelah pencabutan, merupakan akibat kelainan proses penyembuhan. Keadaan seperti ini harus ditangani oleh dokter gigi. Luka bekas pencabutan harus dibersihkan lagi dan memerlukan terapi antibiotika. 

Gigi tertinggal?

Kadang-kadang terlihat bintik putih pada gusi disekitar lokasi pencabutan yang terasa keras bila disentuh. dan menimbulkan rasa sakit. Sering orang menganggapnya sebagai sisa gigi yang belum tercabut dan sebagian besar dugaan ini adalah salah. Benda keras berwarna putih pada gusi adalah pecahan tulang atau puncak tulang yang mengelilingi gigi yang dicabut. Sebaiknya Anda ke dokter gigi yang sebelumnya mencabut gigi Anda untuk membereskan tulang yang membandel ini. 

Rasa sakit dan kaku

Proses pencabutan yang sulit kadang-kadang memang meninggalkan masalah pada hari kedua atau berikutnya. Namun seringkali masalah-masalah itu disebabkan oleh ketakutan berlebihan akan tindakan pencabutan, misalnya takut membuka mulut, takut menyikat gigi atau takut makan. Padahal mengunakan rongga mulut dengan wajar sangat diperlukan untuk proses penyembuhan luka.

Mulut yang dibiarkan terus menutup akan membuat otot-otot kaku dan sakit. Higienitas mulut harus tetap terjaga untuk menciptakan lingkungan di sekitar luka yang sehat dengan melakukan sikat gigi dan berkumur. Makan harus tetap dilakukan, tanpa ada pantangan apapun agar kondisi tubuh memungkinkan bagi proses penyembuhan luka. Membuka-tutup mulut, menyikat gigi dan mengunyah makanan akan merangsang produksi air liur. Air liur mempunyai efek membersihkan mulut dan efek menyembuhkan luka yang sangat ampuh.

Pencabutan gigi memang sebaiknya dihindari. Tapi kalau memang tidak dapat dipertahankan lagi, harus dijalani. Bila terpaksa dijalani, pencabutan gigi bukanlah sesuatu yang menakutkan. Proses penyembuhannya juga bukanlah sesuatu yang yang perlu dikuatirkan. Biarkan luka sembuh secara wajar.

Semua komentar / pertanyaan yang Anda tuliskan, tidak akan langsung tayang, melainkan dimoderasi terlebih dulu. Jadi tidak perlu menuliskannya berulang-ulang. 

Silakan baca dulu sebelum bertanya di kolom komentar. Ada banyak pembaca lain yang mengalami masalah yang mirip denganmu dan sudah saya jawab pertanyaannya. Demi efisiensi tenaga dan waktu, pertanyaan-pertanyaan dengan masalah yang mirip tidak akan ditayangkan.



Kalau tulisan ini dan komentar-komentar di bawah ini belum menjawab pertanyaan Anda, masih ada beberapa tulisan lain di warung ini yang berhubungan dengan pencabutan :  
Setelah pencabutan gigi


Penyembuhan luka bekaspencabutan gigi

Si bungsu yang bermasalah  

Sering kali saya mendapat pertanyaan, "Apakah ini wajar?" , "Apakah ini normal?". Maaf, saya tidak bisa menjawab karena saya tidak mempunyai kemampuan paranormal untuk memeriksa kondisi Anda. Kalau Anda merasa yang Anda alami tidak wajar atau normal, kembalilah ke drg yang mencabut gigi Anda. Drg Anda lebih berkompeten untuk menjawab dibandingkan saya. Begitu juga soal perawatan dan pengobatan, saya tidak mempunyai kompetensi untuk melakukannya secara online. 



301 komentar:

  1. Dok, saya habis cabut gigi 2 graham belakang sebelah kiri karena kondisi tidak memungkinkan untuk ditambal. Tapi sampai sekarag saya masi merasa bengkak disekitar rahang. Lalu ada 1 tempat dibagian samping kiri seperti ada gigi yg tertinggal. Kalau gusi ditekan bagian itu rasanya sakit seperti tertusuk, saya harus balik lagi ke dokter atau itu hal yg normal? Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Valerie, rasa sakit dan bengkak seperti itu bukan haal normal. Jadi sebaiknya kembali ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

      Hapus
  2. Selamat pagi dok, nama saya Armelia jenis kelamin wanita usia 22 tahun.
    Mau tanya seputar gigi dok.

    Kemarin, 23 January 2015 saya melakukan pencabutan gigi geraham kanan nomor 3.
    Namun sebelumnya gigi geraham tsb sudah dicabut namun masih tersisa sedikit lagi. Jd tepatnya kemarin 23 january 2015 saya melakukan pencabutan di gigi yg tersisa itu.
    Namun pendarahan dr selesai dicabut hingga pagi ini tidak terhenti.
    Skrg yg menjadi permasalahannya, darah sudah berhenti tapi menghasilkan gumpalan darah yg besar. Gumpalan darah menutupi lubang pada gigi yang dicabut tsb. Mengerikan sekali kelihatannya.
    Itu bagaimana dok?
    Apa yg harus saya lakukan dengan gumpalan darah besar (tidak normal) tersebut?

    Terimakasih dok.
    Mohon dijawab. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Armelia...baru sempat membalas pertanyaannya. Gumpalan beku darah yang terbentuk di bekas pencabutan merupakan bagian dari proses penyembuhan. Jadi sebaiknya tidak dikutak-katik. Kalau beku darah itu lepas, kemungkinan besar akan terjadi perdarahan lagi.

      Kalau ukuran beku darah yang besar, kemungkinan karena perdarahan yang berlangsung semalaman. Mengingat saat ini sudah 3 hari berlalu, beku darah yang besar itu dapat di singkirkan dengan cara berkumur agak kuat. Jadi tidak akan mengganggu proses penyembuhan.

      Hapus
    2. Dok saya mau tanya 3 hari yg lalu tepat y hri rabu saya baru selesai melakukan pencabutan gigu geraham bungsu, lalu skrg di sekitar bekas luka jahitan timbul sariawan, dan perih sekali untuk menelan, saya mau tanya obat apa yang harus diminum dan apakah itu tanda tanda infeksi ? Terimakasih dok

      Hapus
  3. dok hri sabtu kemarin saya habis
    cabut gigi geraham bawah kiri yg
    plg depan. Nah sekarang gusi
    bekas cabutan itu putih dg bintik2
    hitam dan putih2nya itu kalo
    dilihat dari gusi dekat dg bibir itu nyampe bawah dok, nggak hanya
    permukaan atasnya saja. Yang saya
    tanyakan itu apa ya dok? Nanahkah
    atau sisa makanan? Saya harus
    bagaimana dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Faokhah, saya baru sempat balas.Luka bekas cabutan yang berwarna putih dengan bintik-bintik hitam itu bisa nanah, kotoran, sisa makanan atau tulang yang terbuka akibat trauma pencabutan. Seharusnya kalau ada masalah seperti ini, tanyakan kepada dokter yang melakukan pencabutan. Supaya dapat diperiksa dan langsung diberikan solusi. pasti, karena saya tidak bisa memeriksa langsung keadaannya. Saya tidak dapat memberikan jawaban Mengingat masalah ini sudah terjadi lebih dari 1 minggu, saya harap sudah teratasi saat ini. Kalau belum, pergilah ke dokter gigi.

      Hapus
  4. malam dok sy mau tanya, gusi diantara gigi seri saya ada bag yg berwarna hitam (segaris vertikal sekitar 0.5cm), pdhl sy tidak pernah merokok / terbentur keras pada bag tsb. kira2 knp ya dok, krn dokter yg periksa sy tidak mengerti & cuma blg hanya kelainan warna. sudah di ronsen jg tdk terlihat ada apa2. kalau di operasi kira2 bisa gak ya, krn dekat dgn penghubung ke bibir bag atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Garis hitam pada gusi kemungkinan merupakan pigmentasi biasa. Kalau terasa sangat mengganggu penampilan, bisa saja dioperasi.

      Hapus
    2. terima kasih dok untuk jawabannya. tapi mungkinkah pigmentasi itu masih terjadi saat umur sudah mencapai 20 tahun?

      Hapus
    3. Pigmentasi dapat terjadi pada usia berapa saja.

      Hapus
  5. Malem dok. 6 hari yang lalu saya cabut gigi. Sekarang tempat gigi tersebut sudah dipenuhi gumpalan darah, diatas gumpalan darah ada semacam putih2 yang lunak. Apakah memang seperti itu proses penyembuhannya. Dokter bisa ndah beri penjelasan tentang penyembuhan pasca cabut gigi, berapa lama? Kenapa mulut saya terasa berbau padahal rajin gosok gigi sm kumur air garam. Terimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah 6 hari, seharusnya luka bekas pencabutan sudah bersih. Warna gusi di lubang bekas pencabutan sudah sama dengan bagian lain. Gumpalan darah juga seharusnya sudah tidak ada. Dan tidak berbau. Sebaiknya ke drg yang melakukan pencabutan untuk mendapatkan perawatan.

      Hapus
  6. Dok,mau nanya saya 2 hari yang lalu cabut gigi graham,kata dokter yang nyabutin gigi saya bilang gak boleh sering2 kumur.tapi pas dirumah darahnya nggak berhenti,tetep aja saya pakek in kapas ,trus sekitar 5 jam an itu darahnya tetep banyak, jadi kata mama saya kumur aja pakek air dingin,sudah dicoba tetep enggak berhenti jadi mama saya suruh kasih es batu biar berhenti ,pas dicoba darahnya nambah banyak. Jadi mama saya beli in abotil sdh dikasih kayak berpa jam an darahnya berhenti tapi gusi saya warnyanya hitam ke abu2an trus ada putihnya ,tapi enggak sakit.dok jadinya saya harus gimana?tlng kasih saran ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perdarahan yang berlarut-larut setelah pencabutan bukanlah hal normal. Seharusnya segera kembali ke drg yang mencabutnya untuk memlndapatkan pertolongan. Syukurlah kalau sekarang sudah berhenti.

      Gusi yang berwarna hitam keabu2an adalah gusi yang mengalami luka bakar akibat albothyl. Ini adalah jaringan mati. Lama kelamaan akan luruh sendiri.

      Mengingat ada proses penyembuhan yang tidak normal, sebaiknya segera kembali ke drg. Perdarahan bisa disebabkan ada bagian gigi atau jaringan mati yang tertinggal atau tepi tulang yang tajam di sekitar luka atau hal lain. Melalui pemeriksaan drg akan diketahui penyebabnya dan diatasi. Kalau dibiarkan, penyembuhan tidak sempurna dan dapat menimbulkan rasa sakit yang mengganggu suatu saat nanti.

      Hapus
  7. malam Dokter, saya melakukan pencabutan gigi geraham bungsu kiri bawah tgl 27 maret 2015, 2 hari kemudian (tgl 29 maret) kenapa pipi saya makin bengkak ya? sampai ke leher, tapi tidak sakit sih. salahnya 24 jam pertama setelah operasi saya tidak kompes pakai air es. dan tanggal 28 maret sore saya baru kompres pakai air hangat. apakah kompres air hangat itu yg menyebabkan bengkak makin besar? apakah ini normal dok? pendarahan sdh berhenti sejak hari pertama operasi. trims dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena posisinya yang menyulitkan,, pencabutan gigi bungsu seringkali harus dilakukan dengan operasi kecil, yaitu dengan membuka gusi dan mengasah tulang di sekitar gigi. Berdasarkan tulisanmu, tampaknya gigi bungsumu dikeluarkan dengan cara demikian. Ada trauma fisik besar yang terjadi pada jaringan di sekitar mulut dan leher. Akibatnya adalah pembengkakan seperti yang terjadi saat ini. Jadi bukan karena dikompres hangat. Teruskan saja kompres hangatnya. Sebaiknya kembali ke drg yang melakukan pencabutan. Jika memang diperlukan obat, drg akan memberikan resepnya.

      Hapus
  8. malam dokter, saya mau nanya seminggu yg lalu saya cabut gigi dok. setelah seminggu saya tidak menggunakan obat kumur soalnya ga tau setelah pencabutan harus menggunakan obat kumur soalnya tidak di bertahukan. masalahnya sekarang bekas lubang cabut giginya katanya belum rapat nah saya makan seperti biasa dan gosok gigi tiap hari dan yg bekas lubang cabut giginya suka ada yg nyelip nyelip sisa makanan kan dok nah saya bersihkan pelan pelan dan saya cium bau dok. baunya ga enak banget. memamng seperti bau gusinya atau gimana dok? saya sudah beli obat kumur HEXADOL apa itu bisa dok mohon sarannya ya dok terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah pencabutan gigi tidak selalu perlu obat kumur, kecuali kalau lukanya sangat besar. Kalau memang memerlukan obat kumur, drg yang mencabut pasti akan memberitahukan. Dalam 1 minggu, luka memang belum tertutup rapat. Untuk membersihkannya, cukup dengan berkumur air biasa setelah menyikat gigi. Bau yang tercium sangat tidak enak.....maaf saya tidak dapat mengatakan apakah itu normal atau tidak karena sifatnya sangat relatif. Namun kalau luka tampak bersih, gusi berwarna sama seperti gusi di daerah lain, tidak ada rasa sakit dan pembengkakan, dapat dipastikan tidak ada masalah dengan bekas pencabutan. Artinya tidak perlu berkumur dengan hexadol.

      Hapus
  9. Sore dokter... saya mau nanya 2 hari lalu saya cabut gigi geraham bwah sya .. trus skrang di bagian bawah lidah saya (lidah anak saya terlihat merah seperti darah dan bengkak, trus ada bintik putihnya dikit dok .apa itu efek dari suntikan anastesi loka yang disuntik di daerah lidah dok?? Trus smpai 2 hari ini pipi saya masih bengkak dok .. bengkaknya bagus di kompres dingin atau hangat dok??.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya baru sempat membalas, Berhard. Kalau hingga saat ini llukadi leidah dan pemebngkakan di pipi belum hilamg sebaiknya kembali ke dokter gigi yang mencabut gigi. Kemungkinan pembengkakan pada lidah dan pipi merupakan peradangaan akibat trauma saat pencabutan.

      Hapus
  10. Dok, mlm. Kemarin senin ini saya baru saja melakukan cabut gigi gigi biasa karena saya menggunakan kawat gigi katanya kalau tidak dicabut tdk bisa rapi. Dan darah sudah berhenti tapi gusi masih bengkak itu biasa kah dok? Karena sudah 4 hari jumat ini dan di atas gusi yang dicabut terdapat putih" yang keras entah itu kapas yang melengket karena setelah dicabut seperti ditempelkan kapas kecil dan diberi obat berwarna coklat atau putih" itu karena bekas suntikan obat biusnya? Lalu di bagian pojok gusi yg telah bolong karena dicabut itu terdapat seperti jerawat/bintil kecil berwarna putih? Itu kenapa ya dok? Dan bolekah menggigit dibagian gusi yang bolong karena dicabut itu? Saya khawatir dok karena ini pertama kalinya saya cabut gigi dewasa. Saya anak perempuan berusia 14 thn. Bagaimana ya dok? Apakah ini normal atau tidak normal? Dokter saya masih tutup karena lebaran ini, niatnya setelah sudah buka ingin kembali. Tolong balas ya dok:) terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gusi bengkak, bintil seperti jerawat pada bekas luka pencabutan bukanlah hal yang normal. Sementara belum bisa ke drg, coba dikumur-kumur betadine dulu 3x sehari. Jangan dipegang atau dipijat. Jangan makan atau minum yang panas dulu. Nanti setelah drgmu sudah praktek lagi,segera datang ke tempat prakteknya untuk mendapat perawatan yang semestinya.

      Hapus
    2. Makasi dok! Dan mau tanya lagi ya, ada kyk putih" itu apa ya? Apa kapas kecil yang ditempelkan saat setelah cabut gigi yang berisi obat kecoklatan atau apa dok? Dan sampai kapan saya harus mengunyah dgn gigi" sebrang nya? Dan kenapa ya dok mulut saya masih bau obat bius? Tolong dijawab ya dok:) makasih.

      Hapus
    3. Saya tidak bisa memastikan itu apa, tanpa melihatny sendiri. Kapas yang dipasang pada lubang bekas pencabutan gunanya untuk menghentikaan perdarahan. Biasanya kapasnya dibungkus kassa sehingga tiak menempel di luka. Obat berwarna coklat berfungsi sebagai antiseptik, mencegah infeksi. Obat inilah yang baunya masih ada sampai saat ini, bukan obay biusnya. Ini adalh hal biasa.

      Hapus
    4. sore dok
      saya habis menjalani operasi gigi geraham bungsu, ini hari ke-6 rencana besok jahitan akan dibuka. karena takut makan makanan kasar akhirnya makanan yang masuk hanya sedikit. hari ini produksi air liur sangat banyak dan lidah saya rasanya menebal dan berwarna putih. apakan itu wajar dok? dan apakah dilepas jahitan terasa sakit?terima kasih

      Hapus
    5. Produksi air liur yang banyak kemungkinan bukan akibat operasi gigi. Mengenai lidah, saya tidak dapat menjawab apakah ini wajar atau tidak. Apakah rasa menebal itu baru muncul atau sejak operasi? Sedangkan warna putih, ada kemungkinaan jamur. Bisa juga saya salah, karena saya tidak melalukan pemeriksaan langsung. Jamur biasanya disebabkan karena penggunaan antibiotik yang diberikan setelah operasi. Pembukaan jahitan tidak menimbulkan rasa sakit.

      Hapus
  11. Baik dokk, terimakasih!:)

    BalasHapus
  12. Sudah 5 hari cabut gigi.. Gusi tak bengkak..adakah normal jika saat ini gusi masih terasa sangat sakit berdenyut2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sakit yang masih ada setelah 5 hari pencabutan bukanlah hal yang normal. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, misalnya ada tepi tulang penyangga gigi yang tajam sehingga menusuk gusi. Bisa juga karena ada serpihan gigi yang menancap pada gigi. Bisa juga terjadi jika sebelum dicabut, ada peradangan di sekitar gigi. Atau hal lainnya. Sebaiknya Anďa memeriksakannya ke ďrg untuk mengetahui dan memdapatkan perawatan yang terpat.

      Hapus
  13. Selamat siang dok, sudah sekitar 5 hari saya mencabut gigi geraham nomor 3 sebelah kiri bagian bawah. Rasa sakit memang sudah hilang, tapi pas sekarang di bagian gigi yg dicabut, telinga serta kepala tiba2 sakit seperti gigi yg baru dicabut. Itu kenapa ya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sakit pada telinga bisa disebabkan karena pencabutan gigi geraham ketiga. Letak gigi berdekatan dengan syaraf yang mensyarafi telinga sehingga ada resiko proses pencabutan menyebabkan cedera syaraf. Resiko yng sulit dihindari. Cedera ini sifatnya tidak menetap, perlahan-lahan akan pulih. Untuk rasa sakitnya dapat diatasi demgan obat pereda sakit biasa yang dijual tanpa resep. Bila setelah 3-4 hari, rasa sakit tidak mereda, datanglah ke drg yang mencabut gigi untuk diperiksa lebih teluti dan diberi pengobatan yang sesuai dengan hasil pemeriksaan.

      Hapus
  14. Halo dok, minggu lalu saya habis cabut gigi bungsu bagian belakang. Sekarang jadi ada bekas bolong di gusi hasil cabutan itu, dan cukup dalam lubangnya. Apakah ini memang wajar, dan dibiarkan saja tidak apa2? Bagaimana cara membersihkan yang benar supaya sisa makanan tidak nyangkut di dalamnya ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lubang di dalam gusi bekas pencabutan adalah normal. Kalau ada makanan yang menyanhkut, bisa dikumur-kumur. Bila tak berhasil, jangan dicungkil karena akan mengganggu proses penyembuhan. Biarkan saja.

      Hapus
  15. Halo dok,saya baru saja sekitar 3 jam yang lalu cabut gigi geraham bawah,kata drgnya jangan dulu kumur kumur dan gunakan kapas terus untuk menutup darahnya,tetapi kapas yang diberikan sudah habis dan pendarahan sudah tidak terjadi,tapi terasa sakit ketika saya membuka mulut dok,mulut terasa kaku dok,mohon pencerahannya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau perdaraham sudah berhenti, tidak perlu .menggigit kapas lagi. Rasa sakit dan kaku saat membuka mulut adalah hal normal. Bila rasa sakit tidak tertahanlan, bisa diatasi dengan minum obat pereda sakit yang dijual di pasaran seperti asam asetil salisilat, atasetamol atau asam mefenamat.

      Hapus
  16. Permisi saya mau tanya, 3 hari yang lalu saya habis cabut serpihan tulang pasca cabut gigi seminggu sebelumnya. Setelah cabut serpihannya bengkak berkurang tapi kok ngi sama rasa sakitnya malah menjadi, sakitnya dari kepala sampai leher. Sangat mengganggu tidur. Trimakasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar ada infeksi pada luka bekas pencabutan. Sebaiknya kembali ke drg yang melakukan pencabutan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

      Hapus
  17. Haloo.. saya mau tanya.. dulu saya pernah mrlakukan rawatan saluran akar dan dokter menyarankan untuk di pasang crown. Tp karena uang blm cukup jadinya belum pasang crown sampe skrg, udah setahun lebih. sekarang masi pakai tambalan sementara. Tapi selama ini tidak pernah bermasalah lg. Apakah gigi saya masi bisa di pasang crown setelah ini?
    Thankyou :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tambalan masih baik kondisinya, tidak ada kebocoran dan tidak ada gejala apa2, kemungkinan bisa dipasang crown. Perlu pemeriksaan klinis untuk memastikannya.

      Hapus
  18. dok mau tamya 1 minggu yg lalu saya ke puskesmas mau cabut gigi geraham bagian belakanh rencananya tp sama dokternya tidak di cabut malah di tambal memang setelah 3-4hari tidak terasa sakit tapi lama kelamaan kembali merasa sakit apalagi kalau malam dan bangun tidur sudah saya kumuri dengan air hangat dan garam malah semakin sakit, tolong solusinya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya....kembalilah ke drg yang menambal gigimu. Saya tidak bisa mendiagnosa keadaan gigimu tanpa meliht dan memeiksa gigimu. Saya juga tidak tahu tambalan seperti apa yang diberikan olej drgmu. Maaf.

      Hapus
  19. dok, tolong tanya.. Jumat yg lalu saya br cabut gigi graham bungsu sy yg bawah.. Nah sampai skrg sesudah ambil jahitan masih sedikit bengkak dan bibir masih terasa tebal. 2 hari yg lalu dr pipi Sampai 4 gigi bagian depan terasa kesemutan. Apakah itu normal? Brp lama biasanya pembengkaan terjadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembengkakan sering terjfi setelah operasi pengangkatan gigi bungsu. Bilaluka sudah sembuh, bisa dibantu dengan melakukan kompres hangat di pipi atau berkumur air hangat. Perlu dibantu pemberian obat juga.
      Rasa tebal pada bibir dan kesemutan disebabkan cedera syaraf pada saat pencabutan. Cedera bersifat reversibel dan dapat dibantu juga dengan obat.
      Sebaiknya ke drg yang mencabut gigimu supaya mendapatkan pengobatan yang tepat.

      Hapus
  20. Dok, 2 hari lepas doktor udah cabut gigi geraham bawah (3rd molar) tapi malam tadi gigi 2nd molar bersebelahan dengan gigi yg sudah dicabut pula terasa sakit dan rasa macam bergoyang bila ditekan2 dengan jari. Apakah itu normal dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sakit dan bergoyang pada 2nd molar adalah gejala periodontitis, airu peradangan pada jaringan penyangga gigi. Periodontitis ini adalah salah satu efek samping pencabutan 3rd molar. Peradangan ini akan berngsur-angsur sembuh. Pemberian anti inflamasi akan membantu proses penyembuhan.

      Hapus
    2. Dok..sya wnita usia 24 bru kmren cabut gigi grahm bawah no.2 bgian bwh, krna msih ada darh menggumpal dibekas cabutn gigi sy trs pake kapas yg dkasih drgny, pemaiakn kapas itu dianjurkn brp lma dok? Nunggu smpe gusi menutup atau gmn? Trima kasih..

      Hapus
    3. Win, seharusnya kapas hanya digigit selama jam. Gunanya untuk menekan luka bekas pencabutan sehingga perdarahan berhenti. Biasanya setelah 1 jam, perdarahan akan berhenti.

      Hapus
  21. Smlmt pagi dok,,, saya wnita usia 24 bru kemaren cabut gigi graham bwh bgian kanan no.2,.. stlh pebcabutn trsa sngt sakit dan ada drh menggumpal slth 1 hri, apakah normal dok? Q dikasih kapas udh mau hbis tpi ndak brani q buka kapasnya, apakh pemaikain kapasnya hrus nunggu tumbuh gusi menutup atau bagaimana dok? Trima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah lewat 1 hari, tidak perlu memggigit kapas lagi. Beku darah di atas luka akan memicu proses pényembuhan di lubang bekas gigi.

      Hapus
  22. dok, sy mau nanya. sudah hampir seminggu sakit kepala sy sebelah kiri, sakitnya dr pelipis, kpala bagian belakang, leher, pipi, malam tgl 9 desember 2015 sy cabut gigi atas bagian kiri, gigi sy brlubang, dokter jg mncabut sisa2 karang gigi bagian atas. dan ada 1 lg gigi geraham bagian bawah yang dulunya ditambal, tapi kalau ditekan terasa sakitnya menusuk. kata dokter, gigi bagian bawah akan dicabut hari sabtu tgl 12 ini. yg sy mau tanyakan mengapa setelah cabut gigi atas, kpala saya masih sakit sebelah kiri seperti ditusuk2 benda tajam dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sakit yang Anda alami bisa disebabkan banyak faktor, termasuk akibat pencabuan gigi. Tapi belum tentu karena pencabutan. Untuk kepstiannya,perlu mengetahui riwayat gigi yang dkcabut, kondisi sebelum,selama proses dan sesudah pencabutan. Itu smua tidak saya ketahui. Karena itu, kembalilah ke drg yang mencabut gigimu. Maaf, tidak bsa membantu.

      Hapus
  23. Malam dok....sebulan yg lalu saya operasi gigi bungsu dan pencabutan gigi geraham no 7. Setelah operasi masih ada pecahan tulang yang menojol putih2 pada gusi. Tajam dan terasa sakit kena lidah...bagaimana mngatasinya dok apakah harus dicabut...atau cukup dikikir saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ferdy, pecahan tulang yang tertinggal dan menimbulkan gangguan harus diangkat. Pergilah ke drg. Kalau drg yang mencabut gigi tidak mau melakukannya, carilah drg yang lain

      Hapus
  24. Makasih dok....tapi apa mesti dioperasi lagi dok? Kalau tidak diangkat apakahbakan membusuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan ceritamu, tampalnya pecahan tulang ituada di permukaan gusi. Untuk mengambilnya tidak perlu dioperasi. Cukup dibius di sekitar pecahn tulang dan dicabut. Prosesnya jauh lebih sederhana dibandingkana encabutn gigi biasa. Tapi saya bsa salah, karea saya tidak melihat dan tidak bisa memeriksa lebih teliti. Kalau ternyat pecahan tulang cukup dalam letaknya, seelah pembiusan, gusi dibuka sedikit. Ini juga masih lebih sederhana dibandingkan operasi pencabutan gigi.

      Pecahan tulang itu akan menjadi benda asing bagi tubuh. Reaksinya ada 2. Pertama, pecahan tulang lama kelamaan akan keluar sendiri dari gusi.

      Yang kedua, pecahan tulang akan diserap oleh tubuh.

      Yang ketiga, tubuh akan membuat pertahanan dengan "benteng" di sekitar pecahan tulang berupa jaringan granulasi. Bukan tidak mungkin nantinya berkembang menjadi kista. Prosesnya tahunan.

      Hapus
  25. Terima kasih bu dr atas penjelasannya....mohon maaf saya mau tanya lagi.....sy sudah kembali ke drg yg melakukan operasi pencabutan gigi bungsu dan gigi no 7 saya itu...tapi katanya mesti tunggu 40 hari sekalian pasang gigi palsu, tulang yang menonjol akan dikikir katamya...dan beliau tidak mau melakukan tindakan apa2 selama proces penyembuhan....memang gusi nya masih belum terbemtuk sempurna masih ada lobang tapi dah mau mulai merapat. Sy dioperasi sudah 1.5 bln.tepatnya tgl 2 nov 15...yang mau saya tanyakan....apakah benar tidak bisa diambil tindakan sekrang dok? Karna saya tergamggu sekali serpihan tulang itu menonjol keluar gusi cukup tajam pecahamya, sehingga saat akan mengunyak sakit sekali kena lidah. Dan apakah tulang nya dapat membusuk kalau tidak dicabut dengan segera?..mohon dibantu dok..makasih banyak nih dok...semoga Tuhan membalas kebaikan dr.

    Salam hangat
    Ferdy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal pembusukàn, sudah saya tulis di jawaban sebelumnya.

      Saya tambahkan sedikit. Seelah 40 hari, kalau luka pencabutan sudah menutup, umumnya memang bisa dibuatkan gigi palsu. Tapi kalau bagian tajam itu masih ada, harus diambil, karena bila dipasang gigi palsu kan menyebabkan rasa sakit. Jika diambil, artinya tidak bisa langsung dicetak untuk pembuatan gigi palsu. Harus menunggu lagi hingga luka sembuh.

      Saya berharap, dugaan saya salah. Sekali lagi karena saya tidak melihat sendiri dan memeriksanya. Kemungkinan, memang pecahan tulang itu sangat sedikit dan halus sehingga drgmu yakin setelah luka pencabutan sembuh, pecahan tulang itu akan hilang sendiri terserap oleh tubuh. Jadi tidak ada masalah dalam pembuatan gigi palsu.

      Hapus
    2. Malam dr melinda...trima kasih atas penjelasannya. Tulang yg menonjol itu cukup besar bu...melrbar sekitar 5 mm sepanjang panjang gusi gigino 7 yg dicabut.dan bagian yang menonjok keluar kurang lebih 1 mm...warna nya putih. Disamping itu gusi menojol keluar..saya kuatir kalau ngk diangkat keluar dok. Pertanyaannya kenapa tulang gusi itu yang sekalian diangkat ya waktu operasi?

      Hapus
    3. Seharusnya memang serpihan tulang yang pecah saat pencabutan, ikut dibersihkan. Saya tidak tahu mengapa drg mu tidak membersihkannya. Kemungkinan dia tidak tahu atau melihat ada serpihan tulang itu. Atau ada alasan lain. Sebaiknya anda menanyakannya pada drg mu.

      Hapus
  26. Malam dok, kamis lalu saya habis cabut gigi graham sebelak kiri (graham ke 3 dari belakang). Nah sampai sekarang lubang bekas cabut gigi nya berwarna hitam dan diatas nya berwarna putih. Tidak ada rasa sakit. Hanya saya merasakan luka tersebut bau dan kalau disentuh dengan lidah terasa asin, seperti nanah. Apakah hal tersebut wajar dok? Dan juga masih sedikit bengkak. Kebetulan juga saya punya SLE. Jadi saya takut kenapa-kenapa. Mohon penjelasannya dok. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lubang bekas pencabutan yang berwarna hitam, dilapisi warna putih bisa dianggap normal. Bau yang muncul adalah bau jaringan mati yang berwarna putih. Lama kelamaan akan lepas sendiri. Rasa asin adalah cairan tubuh serum) yang keluar sbagai pertahanan tubuh. Bila hingga hari ini masih serum masih keluar, sebaiknya kembali ke drg untuk diperiksa lebih teliti dan diberikan pengobatan.

      Hapus
  27. Selamat malem dok, sy perempuan umur 20 tahun. 4hari yg lalu saya melakukan pencabutan gigi graham kanan bawah nomor3. Saya menggunakan gigi kawat sehingga disarankan dokter untuk cabut gigi agar giginya dapat bergeser rapih. Gigi yang di cabut merupakan gigi bekas perawatan akar gigi yang kata dokternya akar giginya masi sakit (di ronten akar gigi bawah tumbuh glomerlurus yg kl didiemin bisa membesar dan jd kista gigi kt dr nya). Sehingga dokter sarani untuk cabut gigi tersebut dibandingkan harus cabut gigi bungsu. Nah problemnya, setelah cabut gigi saya ngak tahu kl nggak bole sering kumur. Setelah sekitar 1 jam cabut saya kumur lumayan sering. Nah setelah itu di hari ke4, saya iseng cek gigi saya. Ada putih2 kayak bekas makanan tapi saat saya kumur perlahan nggak hilang putih2nya. Terus kl saya memberikan tekanan ke gigi misalnya bicara agak ngejerit atau (maaf) ngeden waktu pup itu di gusi saya kayak ada tekakanan. Saya mau tanya apakah itu wajar dok? Dan sampe malem ini bekas cabut gigi saya masi ada rasa yg kadang ada kadang hilang dan gigi sebelah gigi gerahan saya yg di cabut seolah miring dok. Mohon di jawab ya dok. Terimakasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaringan berwarna putih ada lubang bekas pencabutan aalah jaringan mati. Lama kelamaan akan lepas sendiri.

      Rasa tidak nyaman pada bekas pencabutan gigi dan kekakuan otot yang terasa seperti tertekan atau tertarik pada gusi umumnya sering terjadi setelah operasi gigi. Harus sering dilatih dengan menggerak-gerakkan rahang upaya kekakuan hilang. Kompres hangat juga akan membantu.
      Gigi yang terasa miring bisa disebabkan karena peradangan sementara pada jaringan penyangga gigi akibat pencabutan. Kalau hingga 2 minggu gigi terasa makin miring, sebaiknya segera kembali ke drg untuk diperiksa dan diberikan perawatan.

      Hapus
  28. Malam dok. Kamis lalu gigi graham sy di cabut, di lubang bekas cabutan nya seperti d taruh kapas kecil" yg seperti nya sudah di kasih obat berwarna kecoklatan, sy mau tanyakan kapan kapas itu hilang ya dok, sampai sekarang sy lihat lubang bekas pencabutan masih berwarna kecoklatan, dan bau nya terasa tidak enak, apa yg harus sy lakukan ya dok? Sy sudah rajin menyikat gigi, apa sy harus menyikat di lubang pncabutan jg dok? Karena terasa bau nya tidak enak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau drg yang mencabut gigimu tidak mémberitahu perlakuan ang garus diberikan teraap "kapas kecil" itu, kemungkinan besar itu buan kapas, tetapi obat yang berbentuk serat. Obat ini tidak perlu dilepaskan karena akan diserap oléh tubuh. Kalau terasa mengganggu, kembalilah ke drg. Drg akan memberikan tindakan yang tepat. 

      Mengenai penyikatan gigi, kalau luka sudah sembuh,gusi bekas pencabutan boleh disikat.

      Hapus
  29. Dokter aku baru aja copot gigi premolar aku nah sehari setelah pencabutan aku sering kumur sok grgr bnyk makanan yg nyangkut udh hmpr seminggu pas aku mkn nasi trs nyangkut aku kumur2 smp lama baru lepas dok tra aku mkn lg nyangkut lg. Trs aku cukil pelan2 pake tusuk gigi dok grgr annoying bgt trs smp skrng gl mau keluar dok solusinya gmna ua dok mksh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan mengutak-atik lubang bekas pencabutan gigi lagi. Biarkan saja makanan yang masuk ke dalamnya. Nanti akan hancur sendiri. Mengoreknya akan memperlambat proses penyembuhan.

      Hapus
  30. selamat malam dokter,1 hari yg lalu, saya melakukan pencabutan gigi geraham bawah.kmd saya merasa badan saya demam, apakah itu wajar?kmd untuk mengatasi demam,saya mengkonsumsi parasetamol, apakah itu diperkenankan? apakah obat2an yg diresepkan oleh dokter seperti amoxsan, asam mefenamat berpengaruh pada asi saya, mengingat saya sedang menyusui bayi berusia 6 bulan. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demam sesudah pencabutan bukanlah hal yang biasa. Demam bisa disebabkan karena pencabutan, bisa juga bukan. Kalau pencabutan adalah penyebabnya, biasanya terjadi masalah juga pada luka bekas pencabutan.

      Parasetamol boleh digunakan untuk meredakan demam. Kedua obat yang diberikan oleh drg sedikit berpengaruh pada ASI, namun masih dalam batas toleransi. Asam mefenamat adalah obat penghilang sakit dan penurun panas, jadi tidak perlu diminum kalau tidak ada panas atau sakit.

      Hapus
  31. Dok, saya kan memakai kawat gigi jadi saya disuruh dokternya buat cabut gigi untuk ngerapiin, 2 hari lalu saya melakukan pencabutan gigi graham bawah no 3 sebelah kiri, dibekas pencabutan ada gumpalan darah dan diatasnya berwarna putih, rasa sakitnya memang sudah tidak terasa lagi tapi saya merasa ada pembengkakkan dan rahang, leher serta kepala terasa sakit di bekas pencabutan itu. Itu kenapa ya dok?

    BalasHapus
  32. Resta, gumpalan darah pada lubang pencabutan gigi adalah normal. Biarkan saja, jangan dikutak-katik. Warna putih di atasnya kemungkinan besar adalah jaringan mati. Biarkan saja karena nanti akan hilang sendiri.

    Pembengkakan, rasa sakit pada rahang, leher dan kepala adalah efek samping pencabutan gigi geraham terakhir. Biasanya drg akan membekali pasien dengan obat-obatan untuk meredakan peradangan bekas pencabutan ini. Minum saja obatnya. Bila tidak dapat obat, datanglah kembali ke drg yang mencabut gigi untuk mendapatkan obat. jika sudah lewat 1 hari, bisa dilakukan kompres hangat untuk membantu meredakan peradangan.

    BalasHapus
  33. Dok.. Saya punya masalah d sekitar mulut..D ujung pangkal gigi dagang ada bintik putih klo dsentuh bintik putih ny keras.... Pernah saya cb pecahkan seperti jerawat klo d pecahkan ada butir putih ny... Bintik putih ini sdh ada selama 4 minggu... jd yg saya rasa kan Nyeri bila makan jd g usah ikut2 sakit g sampai bengkak... Apa yg hrs saya lakukan dan obat apa yg hrs di minum. .. krn saya irt yg blm ketemu wktny utk k dokter gigi krn jadwal dgn suami libur dgn jadwal dokter gigi g sesuai trus... Mohon pencerahanny... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bintik putih seperti jerawat pada gusi adalah nanah. Nanah muncul karena ada infeksi. Infeksi bisa terjadi pada gigi yang menyebar ke gusi, bisa juga terjadi pada gusi saja. Infeksi adalaha serangn bakteri,jadi pengobatan harus dengan antibiotika. Namun, seringkali infeksi di mulut disebabkan oleh bakteri yang sebetulnya mikroorganisme normal dalam mulut yang tidak perlu dibasmi.

      Yang lebih penting adalah membersihkan dan menyehatkan kembali tempat bakteri bersarang,yaitu gusi atau gigi ang bermasalah. Kalau infeksi gigi, artinya gigi hars dibersihkan dan ditamball. Pembersihan memerlukan beberpa kali kunjungan. Atau dicabut kalau tak mungkin dipertahankan. Kalau masalah ada di gusi, gusi harus dibersihkan dengan pembersihan karang gigi, mungkin perlu dikuret juga. Ini semua hanya bisa dilakuan oleh dokter gigi.
      Maaf, jawaban saya memang tidak bersahabat : sempatkanlah ke drg.

      Hapus
  34. dok mau tanya 4hari yg lalu saya melakukan pencabutan 4gigi.geraham sekaligus nah masalahnya sekarang pipi saya.yg sebelah kiri seperti tidak sama seperti yg sebelah kanan seperti terdapat benjolan yg ketika ditekan terasa sakit serta masih terasa kaku beda dg yg sebelah kanan yg walaupun masih sedikit bengkak tp sudah enakan dan berangsur mengempis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembengkakan setelah pencabutan gigi bisa terjadi, bisa tidak. Kalau terjadi penyebabnya beragam. Kalau dianggap mengganggu sebaiknya kembali ke drg yang mencabut supaya dapat diatasi sesyai penybabnya. Tiak bisa lewat internèt, maaf.

      Hapus
  35. Selamat malam dok, salam kenal, saya Jeni, tanggal 11 kemarin saya cabut 2 gigi geraham bawah, lalu 2 hari kemudian muncul bintik-bintik merah di bagian dalam pipi, kemudian bintik itu berubah jadi putih seperti sariawan dan menyebar sampai ke bibir bawah. Saya sudah control ke drg yang cabut gigi saya katanya itu efek peralatan drg yang bersentuhan dengan gusi dan bibir jadi saya disuruh makan vitacimim. Tolong penjelasannya dok karena saya sudah makan vitamin c tapi belum sembuh juga dan terasa sakit bayangin saja dok kalo sariawan penuh didalam mulut. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya turut prihatin dengan keadaanmu. Saya tidak bisà menentukan kelaian apa yang terjadi pada pipi bagian dalam dan bibir bawah karena saya tidak melihat dan memeriksanya. Tapi saya yakin, pemberian vitmin C udah benar. Kalau hingga 2 hari mendatang kelainan masih ada,saya anjurkan untuk drg spesialis penyakit mulut. Jelaskan masalahnya dengan detail berikut pengobatan yang sudah diberikan.

      Drg spesalis Penyakit Mulut masih jarang. Yang pasti ada di RSGM milik Fakultas Kedokteran Gigi. Di Jakarta ada 2, yaitu di UI (jl. Salemba) dan di Universitas Trisakti (jl Kiai Tapa - Grogol). Selain itu, mungkin ada di rumah sakit rumah sakit besar.

      Semoga anda memdapatkan pengobatan yang tepat.

      Hapus
  36. Mau tanya dok, saya kan kemaren habis cabut gigi geraham, dan hari ini tiba2 lidah dalam dan tenggorokan saya ada bentol2 seperti sariawan tapi tidak sakit klo menelan air liur seperti ada makanan nyangkut, apakah ini pengaruh obat bius atau penyakit lain dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasusmu mirip dengan kasus Jeni di atas. Saya tidak bsa menjawab karena saya tiak melihat dan tidak bisa melakukan pemeriksaan. Kalau masalah ini berkelanjutan, sebaiknya cari rumah sakit atau klinik pendidikan yang dimiliki oleh Fakultas Kedoktern Gigi. Di sana akan ditangani oleh ahlinya.

      Hapus
  37. Malam dok, sy amy (23) 4hr yg lalu sy cabut gigi geraham krna bolong sudah lama & keropos. Lalu makanan suka nyangkut di bekas luka cabutan dok. 2hr kemudian sy dtng lg ke klinik tmpat sy cabut gigi krna mulut sy jd bau sekali pdhal sy sudah sikat gigi & kumur pakai betadine kumur.
    Luka bekas cabutan sy dibersihkan lg oleh drg yg mencabut & dibuatkan pendarahan baru.
    Skrg pun klo makan masih sk ada yg nyelip, sudah sy kumur agar tdk ada yg nyempil lg (tdk smua yg nyempil bs hilang dgn mudah). Stlah dikumur malah kelihatan bolongnya dok krna ga ada bekas darah beku yg nutupin luka bekas cabutan dok.
    Aman ga dok kira2? Tdk ada rasa sakit, bau mulut, bengkak jg tdk dok, smuanya normal.
    Sy tkut lukanya menganga & balik lg ke drg krna sy ga mau luka sy di oprak oprek lg.. Sakiiittt dok :(
    Thanks anyway dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembersihn luka bekas pencabutan dan pembuan luk baru tidak kan menimbulkan beku darah sebanyak luka akibat pencabutan. Jadi tak perlu dikuatirkan. Kalau sekarang lukanya tidak sakit, tidak bau dan tidak bengkak, artinya semua OK. Tidak perlu ke drg lagi. Tunggu saja. Dalam 2 hingga 5 minggu, luka akn menutup.

      Hapus
    2. Alhamdulillah terima kasih banyak dok untk jawabannya.
      Skrg masih suka ada yg nyangkut & cara membersihkannya sy kumur2 dok, tp ga mudah jg mengeluarkan sisa makanan yg terselip.
      Klo benar2 susah dibersihkan dgn kumur2 hrus dgn cara apa lg ya dok?
      Apa dibiarkan sj sisa makanan yg susah dibersihkan itu dok? Krna ga mngkin dicungkil kan dok

      Hapus
    3. Biarkan saja. Tidak usah dicungkil. Di dalam mulut ada banyak bakteri dan enzym yang akan menghancurkannya. Yang penting, lakukan perawatan harian rutin seperti biasa yaitu menyikat gigi paling sedikit 2x sehari yaity sesudah makan pagi dan sebelum tidur.

      Hapus
  38. Pagi dok, saya mau tanya selasa minggu lalu saya melakukan cabut gigi karena saya menggunakan kawat gigi dan atas saran dokter gigi geraham kecil saya harus dicabut agar gigi bisa rapih.
    Saat saya sedang makan terasa ada sesuatu yang lunak, awalnya saya pikir itu adalah sisa makanan yang nyangkut. Setelah saya kumur sisa makanan tersebut tidak hilang lalu karena penasaran saya coba foto gigi saya dan disana terlihat ada putih2 dan ditengahnya seperti nanah berwarna hitam. Setelah konsultasi lagi dgn drg saya, katanya itu adalah jaringan penutup luka dan bukan sisa pecahan gigi/akar gigi yang tidak tercabut. Apakah benar dok?

    BalasHapus
  39. Siang dok, mau tanya, kl abis odontektomi itu berapa lama ga boleh kumur2nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seperti pncabuan biasa, 24 jam tidak boléh berkumur

      Hapus
  40. Dok, saya mau nanya saya baru cabut gigi geraham bungsu rabu kemarin, gigi saya hanya sakit saat saya setelah operasi, stlh itu tidak sakit sama sekali..
    Stlah sampai rumah saya berkumur meski msih ada efek bius (sya tdk tau jka tdk blh kumur) , saya jga slalu kompres dngn air dingin, pipi saya tdk bengkak, tdk ada rasa sakit, hnya pas hri kedua stlh operasi sya sudah memakan makan nasi tetapi dengan sayur , dan hri ini hari ke 4 stlh operasi sya liat jaitan saya kebuka dan gusinya bolong apa itu tdk masalah dok? Saya khawatir.. sedangkan saya baru akan cabut jahitan hari rabu 3 hari lagi..
    Makasih dok tolong jawabannya ya

    BalasHapus
    Balasan

    1. Jahitan pada gusi, salah satunya bertujuan untuk mémbantu menghentikan perdarahan. Jadi kalau tidak ada perdarahan, jahitan yang terbuka tidak akan menimbulkan masalah. Lubang yang terlihat adalah ruangan yang tadinya berisi akar gigi. Dalam waktu 2 hingga 5 minģgu,lubang ini akan tertutup. 

      Jahitan juga bertujuan mengembalikan posisi gusi, yang dipotong saat operasi, ke posisinya semula. Selama 4 hari sudah terjadi penyembuhan pada gusi. Gusi sudah melekat kembali ke tulang di baliknya
      Jadi, tidak apa-apa kalau jahitan lepas.

      Hapus
    2. dok kalau misalkan jaitannya lepas hanya sehari setelah pencabutan bagaimana? bibir hari kedua setelah pencabutan bibir saya merasa kebas dan ketika membuka mulut rasanya sakit. apakah itu wajar? saya diberi tau dokter untuk check up 1 minggu setelah pencabutan.

      Hapus
  41. Hy dok sy mau tnya
    Wktu sy cbut gigi kemungkinan alat pencabut giginya ikt menjepit bagian gusi atas sy, kemudian robek sdkit awalnya sy pikir itu hnya sariawan ternyata seminggu lmanya lukanya semakin membesar dn memutih bgian tengah lukanya sy jdi sulit skli mkan krna perih
    Itu bgmna yah dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luka pada gusi akibat trauma pencabutan ini akan sembuh sendiri. Bisa dibantu dengan berkumur obat sariawan yang mengandung daun biji saga.

      Hapus
  42. Sore dok, 4 hari kemarin saya cabut gigi geraham bawah paling belakang sblh kiri,, ko sampe sekarang lidah saya bengkak dan sakit? Apa karna kena instrumen waktu pencabutan? Tp ko lama sekali bengkak nya,, apa itu normal? terima kasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencabuatan gigi geraham terakhir memang sering menimbulkan masalah pada jaringan di sekitar gigi, termasuk lidah. Yang terjadi padamu adalah radang pada lidah. Pembengkakan dan sakit akan hilang dalam waktu hingga 2 minggu. Biasanya drg memberikan obat-obatan minum setelah pencabutan gigi terakhir, salah satu tujuannya untuk meredakan gejala-gejala yang muncul setelah pencabutan, termasuk radang.

      Hapus
  43. Permisi dok mau tanya.. sudah 1 minggu setelah saya cabut gigi bagian atad saya. Namun smpai hari ini msih ada gumpalan putih dan baunya tidak enak... namun pada 2 kali pencabutan gigi bawah saya sebelumnya saya tidak menemukan hal sprt ini.. mohon bantuannya dokk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gumpalan putih dan bau tidak enak pada luka bekas pencabutan menandakan adanya jaringan mati pada luka. Ini adalah salah satu gangguan proses penyembuhan. Kembalilah ke drg yang mencabut gigi untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

      Hapus
  44. Dok kmren sore saya cabut gigi graham atas 2 langsg tp saya tdak d tensi dl lnsgng cabut aja dan setelah itu sya hanya di beri obat antinyeri tidak d beri antibiotik dan smpe jam 5 pagi gusi saya msh berdarah.. saya coba kompres pk es batu dan kumur air garam 3 kali... saya mau balik ke dr. Gigi kmren dia tidak ada praktek hari ini... saya hrus gmn dok? Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya baru sempat membalas. Saya berharap masalahmu sudah teratasi. Perdarahan setelah pencabutan umumnya akan berhenti setelah 1 jam. Perdarahan yang berkepanjangan adalah hal yang tidak wajar. Karena itu bila terjadi, carilah pertolongan pada petugas medis. Bila drg yang mencabut tidak ada, kunjungi dokter gigi lain atau pergilah ke rumah sakit agar ditangani segaera.

      Hapus
  45. Permisi dok numpang tanya , rabu tanggal 3 februari lalu saya mencabut gigi geraham bagian kiri, sekarang ada lapisan putih kekuningan di bekas pencabutan gigi dan masih terasa nyut nyut di bekas luka .. Berdasarkan komentar dokter ini merupakan jaringan mati dan gangguan penyembuhn .. Apa yg harus dilakukan dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luka ini harus dibersihkan dengan cara menguret dengan peralatan steril. Jangan lakukan sendiri. Jadi pergilah ke drg.

      Hapus
  46. Gigi geraham sy sdh lobang dok bgian bwh ketika makan dn mengenai bgian dlmnya terasa sakit
    Apakah saya harus mencabutnya?
    Saya sbnrnya tdk ingin mencabut gigi ini, ada cara lain agar memberhentikan kerusakan d dlm giginya atau d tambal dok?
    Mohon sarannya dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya tidak melihat sendiri giginya dan tidak dapat melakukan pemeriksaan, saya tidak dapat menjawab apakah gigi ini dapat dipertahankan dengan penambalan atau tidak. Pergilah ke dokter gigi.

      Hapus
  47. Terimakasih Dok..pertanyaan dan jawaba n2 diatas sudah menjawab problem gigi saya pasca pencabutan wisdom tooth

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya ada pengunjung warungku yang mau membaca sebelum bertanya. Senangnya mengetahui tulisan saya dan jawaban-jawaban saya bermanfaat bagi seseorang.

      Hapus
  48. Halo dok, 11 jam lalu gigi geraham atas kanan saya dicabut, tapi sampai sekarang masih keluar darah terus, 1,5th lalu tensi darah saya 140, apa jika tekanan darah tinggi berprngaruh thd sembuhnya luka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengingat perdarahan yang berkepanjangan, sebaiknya kembali ke drg yang mencabut untuk mendapatkan tindakan yang tepat. Meskipun tidak berpengaruh langsung pada penyembuhan luka, sebaiknya kalau akan mencabut gigi lagi, beri tahu drg mengenai tensi yang pernah tinggi. Supaya pencabutan gigi dapat dilakukan dengan aman.

      Hapus
  49. Malam dok... saya kemarin cabut gigi 8. 6 hari yg lalu. Tapi karena sulit mencabut giginya (tersisa akar gigi) dan drgnya menyerah minta di rontgen. Akhirnya besoknya di rontgen di rsud. Dalam jarak sehari itu sebelum rontgen gigi sayaa berdarah full 24 jam dok dan sakit. Apa efek masih ada akar tertinggal ? Lalu besoknya dicabut dan bersih. Tapi besok paginya setelah di cabut di rsud, lubang bekas suntikan daerah mulut jadi sariawan besar dan sakit. Lalu pada bagian bekas gigi yg dicabut berwarna putih agak kuning hitam dan bengkak sedikit. Tapi tidak sesakit sariawannya.karena sakit saya pakai betadine obat kumur. Apakah itu normal dok ? dan apakah pemakaian obat kumur itu aman ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sakit dan berdarah setelah proses pencabutan pertama bisa jadi karena masih ada gigi yang tertinggal. Tentang luka setelah pencabutan kedua, bengkak adalah hal yang sering terjadi sebagai efek pencabutan gigi bungsu. Bisa dikompres hangat untuk membantu mengempiskan. Luka di daerah suntikan, bisa diredakan dengan berkumur betadine.

      Hapus
  50. Siang dok...saya juga melakukan operasi pencaputan gigi bungsu tanggal 12 februari kemaren...jahitan gusi nya belom di lepas ... tp ada lubang pada gusi saya sisi lain sebelah jahitan....dan juga selama proses penyembuhan saya sering demam ...apa itu baik baik saja dok...terima kasih

    BalasHapus
  51. Mengenai gusi yang berlubang, silakan baca tulisan saya di http://wardogi.blogspot.co.id/2008/02/si-bungsu-yang-sering-bermasalah.html
    [silakan copy dan paste linknya untuk membukanya.

    Mengenai demam, kemungkinan ada infeksi. Sebaiknya ke drg yang melakukan operasi agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum Wr.Wb
    Dok, saya mau nanya. Gigi geraham no.2 bagian atas sebelah kiri saya sudah lama berlubang sejak melepas behel sekitar 2tahun lebih. Sekarang giginya menghitam, keropos sampai menimbulkan gusi pada gigi berlubang tersebut. Dulu sebelum berlubang saya rajin membersihkan karang gigi di drg namun sekarang saya tdk berani dikarenakan tumpukan karang gigi berada pada bagian gigi geraham yang berlubang. Saya biasa mengalami ngilu tapi tdk terlalu nyutnyut. Hanya sesaat setelah itu sembuh lagi. Selama ini juga saya setiap makan pakai gigi geraham sebelah kanan dan tidak berani mengunyah digeraham sebelah kiri. Mohon solusinya dok.
    Apakah gigi saya harus dicabut ? Terimakasih��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya masalah gigimu yang harus diatasi pertama kali adalah karang gigi. Setelah karang gigi dibersihkan, baru dapat dilihat masalah pada gigimu dan diberikan solusinya. Pergilah ke praktek dokter gigi.

      Maaf saya tidak dapat memberikan solusi atas masalahmu di sini. Silakan baca tulisan saya di http://wardogi.blogspot.co.id/2015/09/ada-masalah-dengan-gigi-jangan-cari.html

      Hapus
  53. Halo Dok..
    Saya melakukan operasi gigi bungsu 7hari yang lalu.. harusnya pada hari ini dilakukan buka jahitan, namun setelah 7hari rahang saya masih susah dibuka dan hanya bisa masuk 2jari saja..
    apakah itu normal ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rahang yang sulit dibuka bukanlah hal normal, apalagi setelah lewat 7 hari. Hal ini disebabkan oleh kekuatiran terhadap rasa sakit yang akan muncul bila membuka mulut di hari-hari pertama setelah operasi gigi bungsu. Akibatnya otot-otot di sekitar rahang menjadi kaku. Seharusnya setelah perdarahan berhenti, perlakukan rahang seperti sebelum operasi gigi.

      Bila sudah lewat seminggu, perlu kekuatan paksa untuk membuka rahang dan melemaskan otot-otot di sekitar rahang. Ada alat khusus untuk membantu membuka rahang yang akan digunakan drg untuk mengatasinya dibantu dengan fisioterapi.

      Hapus
  54. Sebulan yg lalu saya melakukan pencabutan gigi bawah no 3 sebelah kanan...akhir2 ini saya merasakan nyeri di samping kiri dan kanan gigi yg dicabut...gusi bekas gigi yg dicabut jg terasa nyeri dok...apa yg harus saya lakukan dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi ada gangguan penyembuhan pada luka bekas pencabutan. Untuk mendapatkan kepastian, pergilah ke drg yang dulu mencabut gigimu.

      Hapus
  55. Siang dok. 10 hr yg lalu saya cabut gigi geraham bawah sebelah kiri. Seminggu yang lalu saya masih merasakan nyeri d gusi bekas pencabutan setelah diperiksa dokter trnyta masih ada tulang yang menonjol ke arah pipi di gusi bekas pencabutan gigi . setelah tulang di bersihkan nyerinya berangsur sembuh.. yang saya tanyakan sekarang kok d gusi bagian bawah dekat dengan bekas tulang kemarin teraba ada benjolan kecil sakit bila disentuh..apa itu trauma bekas suntik bius ataukah bukan dok? Apakah berbahaya? terimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat membalas karena belakangan ini ada banyak kesibukan lain. Sepertinya tonjolah kecil itu adalah serpihan tulang. Kalau serpihannya sangat kecil, akan diserap oleh tubuh perlahan-lahan. Bila sampai saat ini masih terasa mengganggu, sebaiknya kembali ke drg.

      Hapus
  56. halo dok, mohon penjelasannya. 4 hari yang lalu tepatnya hari kamis tanggal 18 feb gigi bungsu saya dioperasi karena posisinya yang berada di bawah gusi dan tumbuh nya juga miring, oleh karena itu dilakukan operasi. sekarang ini, ada gumpalan hitam yang hampir menutup seluruh luka bekas operasi tersebut, apakah itu aman dok? memang tidak ada rasa sakit, namun untuk membuka mulut msih kaku.. selain itu juga terdapat lubang di dekat tempat operasi.. mohon penjelasannya dok..
    terimakasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat membalas karena belakangan ini ada banyak kesibukan lain. Saya menduga lubang bekas operasi saat ini sudah tertutup karena memang memerlukan waktu untuk proses penyebuhan. Begitu juga gumpalan hitam sudah hilang, karena gumpalan itu adalah beku darah yang membantu proses penyembuhan luka. Saya harap, kekakuan mulut sudah hilang saat ini dengan penggunaan sehari-hari. Semua yang kamu alami adalah hal normal.

      Hapus
  57. Selamat malam dok, kalau habis buka jaitan, terus ada lubang gitu kan. Nah lubang bekas operasi itu boleh disikat gak, dok? Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak boleh karena akan mengganggu penyembuhan

      Hapus
  58. Siang dok, maaf saya mau tanya.
    benang Jahitan di gusi yg bisa diserap tubuh kira2 akan hilang(terserap) dlm brapa hari?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyerapan berlangsung perlahan-lahan bersamaan dengan proses penyembuhan luka.

      Hapus
  59. dok, 2 minggu yg lalu, gigi geraham kiri bawah saya dicabut, seminggu setelah pencabutan, jahitannya dilepas. setelah lepas jahitan kan gusinya kebuka + makanan bisa nyelip. kira2 berapa lama gusi bisa menutup ya dok? trus kalau ada makanan yg nyelip sebaiknya dibiarkan apa dibersihkan? saya sudah mencoba membersihkan makananyg keselip, tp susah dok, makanannya gak mau keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaanmu sudah sering ditanyakan di dalam blog ini. Silakan baca komentar-komentar di atas berikut jawabannya. Kalau kurang jelas bisa dilihat di tulisan-tulisan saya lainnya di http://wardogi.blogspot.co.id/2008/02/setelah-pencabutan-gigi.html atau http://wardogi.blogspot.co.id/2012/05/penyembuhan-luka-bekas-pencabutan-gigi.html juga http://wardogi.blogspot.co.id/2008/02/si-bungsu-yang-sering-bermasalah.html

      Hapus
  60. Saya senang dan sedikit lega membaca jawaban2 dokter yg berhubungandengan masalah yang saya alami pasca pencabutan gigi geraham kecil saya yg bawah.. Andai dokter buka praktek di daerah bekasi.. Saya pasti langsung dateng dok buat priksa kesehatan gigi saya.. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Restu sudah mengunjungi blog saya dan membaca dengan teliti. Saya juga senang kalau tulisan saya berguna bagi pembacanya.

      Hapus
  61. Dok, saya mencabut gigi geraham kanan dan kiri (satu kiri satu kanan) dan pencabutannya bergilir kanan terlebih dahulu kemudian kiri. Setelah 1 minggu saya memakan keripik lumayan agak keras, karna memakan keripik itu gusi yang sebelah kiri yang belum terlalu tertutup agak robek kemudian hingga sekarang sekitar 1 bulan lebih, gusi saya belum tertutup" namun tidak terjadi pendarahan, saya ingin bertanya apakah hal ini akan permanen (gusi tidak akan menutup)? Apa bisa meminum obat agar gusi saya tertutup? Dan jikalau bisa, obat apa yang harus saya minum? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luka pada gusi itu akan menutup. Tidak perlu obat.

      Hapus
  62. Malam dok, saya perempuan 26th, dua minggu yang lalu menjalani operasi gigi bungsu kiri bawah dok, seminggu yang lalu sewaktu buka jahitan(di dokter sp. Bedah mulut yg berbeda sewaktu operasi), beliau mengatakan bahwa ada gusi yang membengkak seperti amandel di area lubang gigi bekas operasi itu dok, seperti tidak terjahit atau lepas jahitannya paska operasi. Yang ingin sy tanyakan apakah nanti ada efek dr gusi yang membengkak tersebut dok? Apakah bengkaknya dapat mengecil? Sejauh ini tidak menimbulkan rasa sakit dok, cuma sedikit seperti ada yg mengganjal saja saat menelan ludah.Terimakasih banyak dok sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya tidak bisa menjawab karena saya tidak melakukan pemeriksaan langsung. Sebaiknya tanyakan lagi kepada drg spBM yang mengatakan tentang pembengkakan itu.

      Hapus
  63. Selamat sore dok, satu minggu yang lalu saya melalukan pencabutan pada gigi graham belakang di karenakan ada polip pada akar gigi. Di atas bekas cabutan muncuĺ lapisan kuning . Sekarang ketika untuk makan, minum, berbicara, menguap masih terasa sakit. Menurut dokter, apa yangharus saya lakukan agar sakitnya hilang ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat membalas karena belakangan ini ada banyak kesibukan lain. Saya harap masalahmu sudah teratasi. Lapisan kuning yang menimbulkan rasa sakit kemungkinan adalah sisa polip yang belum terangkat. Seharusnya saat pencabutan dilakukan kuret untuk membersihkannya. Kalau hingga saat ini masih terasa sakit, sebaiknya ke drg yang mencabut gigimu untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

      Hapus
  64. Maaf dok saya mau tanya. Gigi geraham bawah saya berlubang ada bagian yg sudah keropos, sudah 3 hari ini terasa ngilu dan setelah saya lihat ternyata sedikit goyah. Untuk mengunyah pun juga terasa ngilu. Apakah saya harus melakukan pencabutan gigi atau tidak dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya tidak dapat memberikan solusi atas masalahmu di sini. Silakan baca tulisan saya di http://wardogi.blogspot.co.id/2015/09/ada-masalah-dengan-gigi-jangan-cari.html

      Hapus
  65. Assalamuailaikum dokter, saya rohmat 17th dari bali, tdi saya cabut gigi geraham atas di dokter, stelah cabut gigi, bibir saya yg atas kok miring kalo biacara, apa mungkin ini efek biusnya belum ilang? Tolong dijelasin bu dokter. Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat membalas karena belakangan ini ada banyak kesibukan lain. Saya harap bibirmu sudah normal lagi. Sepertinya memang efek biusnya yang belum hilang.

      Hapus
  66. Dok waktu tgl 3 maret 2016 saya lakukan operasi gigi bungsu kanan bawah tapi sampai skrang di gusi masih bolong belum menutup,kira2 itu normal tidak dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat membalas karena belakangan ini ada banyak kesibukan lain. Saya harap saat ini gusi bekas operasi gigi bungsu sudah menutup. Karena memang proses penutupan memakan waktu sekitar 3 hingga 6 minggu.

      Hapus
  67. slamat siang dok,tgl 7 mrt 2016 sy operasi geraham gi2 bungsu blakang kiri bwah,pasca operasi sd buka jahitan tdk terasa skt,pemberian obat dhentikan,namun stlah 2 hr pasca lepas jahitan 5 gigi d dpan gi2 yg dcabut terasa ngilu,sakit skali smpai telinga,leher,kepala. .solusinya gmana y dokter?trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat membalas karena belakangan ini ada banyak kesibukan lain. Sepertinya ada perubahan posisi gigi-gigi di depan yang dicabut dan perubahan cara menggigit. Inilah yang menyebabkan rasa sakit. Sebaiknya ke drg yang dulu melakukan operasi untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

      Hapus
    2. Assalam,maaf mengganggu dok. Saya beberapa hari lalu operasi cabut gigi geraham bungsu sebelah kanan bawah. Mau bertanya apakah ada masalah dok soalnya dagu saya masih bengkak dan kaku trus gigi lainnya di sebelah kanan juga masih sangat ngilu sampai sekarang. tapi Obat dari dokter sudah habis saya minum dok. Makasih.

      Hapus
  68. malam dok.. 3 bulan yang lalu gigi geraham pertama bawah saya dicabut oleh dokter gigi yang masih sangat muda.. yang ingin saya tanyakan adalah :
    1.gigi tersebut dicabut karena berlubang dan sudah hampir rata dengan gusi, apakah memang harus dicabut atau ada cara lain?
    2. setelah dicabut gigi geraham di depannya (gigi geraham kecil kedua) menjadi goyang hingga saat ini, padahal sebelum dicabut gigi tersebut tidak goyang.. apakah mungkin ini disebabkan oleh proses pencabutan gigi?
    3. berapa lama setelah pencabutan gigi, ruang kosong tersebut harus diisi? dan sebaiknya menggunakan yang permanen atau yang lepasan?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Gigi yang rusak hingga hampir rata dengan gusi menyisakan sisa akar yang membusuk. Ini adalah sarang kuman-kuman. Dalam kondisi tubuh yang menurun, kuman-kuman dapat menyebabkan infeksi dan bukan tidak mungkin akan menyebar ke bagian tubuh lain. Jadi memang harus dicabut.

      2. Gigi di depan yang dicabut goyang bisa disebabkan karena trauma pencabutan. Tapi tidak selalu demikian. Bisa juga karena ada perubahan pola menggigit, sehingga gigi bergeser. Ini adalah hal normal. Tanpa ada pencabutan gigipun, gigi berubah posisi dalam proses fungsionalnya.

      3. Begitu luka pencabutan sudah menutup, segera buat gigi palsu. Mengenai jenisnya, pilihan ada padamu sesuai dengan pertimbangan sendiri. Masing-masing jenis ada keunggulan dan kekurangnannya. Pilihlah yang paling cocok untukmu.

      Hapus
  69. Dok, kemarin ini saya cabut gigi. Namun setelahnya, lidah saya sakit, yaitu di bagian bawah lidah. Sehingga kalau nelan atau bicara, sakit perih serasa ditusuk.

    Hingga hari ini sudah berlangsung 5 hari pasca cabut gigi. Waktu itu gigi yang hendak dicabut geraham bawah nomor 2 dari belakang kanan. Tapi tidak jadi karena walau sudah disuntik 2x di 2 tempat, masih sakit ketika hendak dicabut. Tapi gigi geraham atas berhasil dicabut 2 buah dgn mulus. tanpa ada efek apa2.

    Apa yang bisa saya lakukan mengingat bicara & makan sj sulit karena sakit. Rasa tsb mulai muncul di hari kedua, tapi semakin parah mulai hari 3. Trims sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada trauma fisik dan peradangan pada jaringan di sekitar gigi yang tidak berhasil dicabut. Kembalilah ke drg yang mencabut gigimu untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

      Hapus
  70. Malam dok saya mau tanya
    2 hari yang lalu saya cabut gigi atas yang belakang. Saat ini gusi daerah gigi yang di cabut jadi bengkak dok, apakah itu wajar?
    Dan pada saat saya menelan ludah seperti ada dahak dok sedangkan saya sedang tidak flu atau batuk, apakah itu nanah dari gigi?
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  71. permisi dok,saya mau tanya , saya pernah cabut gigi graham tapi sudah lama sekitar 7 bulan yang lalu , akhir" ini saya merasa sakit pada bekas cabutannnya dok sampai ke kepala,kalau saya seperi berlari, loncat",tunduk itu terasa sakit dok,kira" itu kenaa yah dok

    BalasHapus
  72. Sore dok, saya perempuan berumur 17thn mau tanya.
    KEmarin saya melakukan pencabutan gigi geraham kiri bawah ke dokter tetapi setelah hampir kurang lebih satu jam gigi saya belum tercabut juga, malah terus di mainin dengan berbagai alat. Lama kelamaan gigi saya pake alat kaya bor ga tau apa namanya, lalu lama2 gusi saya dijahit dan dokter bilang gigi saya masih belum tercabut juga. Akhirnya saya pulang ke rumah dgn keadaan sakit sekali dan perdarahan yg cukup banyak. Saya pulang dari dokter jam 6 sore tapi sampai besoknya pun perdarahan masih saja terjadi. tapi Alhamdulilah sekarang sudah berhenti. Nah setelah berhenti perdarahan apakah saya boleh menggosok gigi? Saya takut benang di gigi saya terganggu oleh sikat gigi, dan gusi saya ada yg luka saya takut luka tsb kena odol dan akan terasa perih. Jadi saya harus gimana dok? Mohon jawabannya ya terimakasih

    BalasHapus
  73. Pagi dok.. saya mau bertanya, agustus 2015 lalu saya mencabut 2 gigi depan saya bagian kanan, saya meminta ke dokter gigi agar gigi saya langsung di cabut keduanya karna saya tidak merasakan sakit, namun dokter tidak mengizinkan, dokter yang memeriksa saya menyarankan agar dicabut 1 persatu dan saya pun mengiyakannya, proses pencabutan pun dilakukan. Nah sedikit saya bercerita sebelum gigi dicabut gigi depan atas nomor 2 dari kanan itu sudah mengalami kerusakan yang cukup parah bahkan ada daging tumbuh. Lalu setelah pencabutan 1 hari setelahnya saya mengalami nyeri yang hebat darah berhenti setelah 5 jam pasca pencabutan pertama, dan di minggu pertama saya berkeringat berlebih yang sebelumnya jarang terjadi. Namun 1 bulan setelah gigi tersebut dicabut tidak ada masalah apaapa, namun beberapa minggu kemudian saat gusi saya pegang terasa berdenyut dan sampai ke kepala, sakitnya menyebar ke daerah alis kanan sampai kepala bagian atas, belakang telinga dan leher. Yang saya ingin tanyakan apakah tidak hal tersebut berbahaya dok? ini sangat menggangu aktivitas saya sehari hari, mohon dijawab ya sok, maaf pertanyaan saya terlalu panjang.

    BalasHapus
  74. Selamat malam dok.. pada tahun 2006 gigi geraham bawah ujung sebelah kiri sudah dicabut di rs.baromeus bandung dan lidah saya sebelah kiri sampai sekarang ini masih terasa kebas dan lidah bewarna putih dok (sudah 10 tahun saya rasakan).

    Nah udah setahun ini gigi geraham bawah kiri nomor 2 miring dan goyang ke arah lidah dok.. dan sering terasa sakitttt banget.. saya udh ke dokter gigi 2X dok.. yang pertama bulan april 2015 dan saya dikasih obat antibiotik, tapi setelah dikasih antibiotik reda sakitnya sebentar dan setelah itu sering sakit2an lagi dok yg gak nahan banget sakitnya..sakittt bangett.. nah dibulan april 2016 saya ke dokter gigi lagi ditempat yang sama..dan dia memberikan antibiotik lagi dok dan saya di rontgen, katanya ada infeksi di gusi bawah gigi saya itu. Setelah saya minum obat antibiotik seminggu saya disuruh balik lagi dan akan dilakukan pembedahan..tapi saya gak balik ke dokter tsb dok karena gigi saya masih sakit dok padahal saya sudah konsumsi antibiotik selama 1 minggu.

    Nah sekarang di gigi itu timbul kayak gelembung gusi bengkak dok..

    Pertanyaan saya... apa penyebab terjadinya kemiringan gigi geraham bawah nomor 2 sebelah kiri ya dok?dan kenapa sakitnya bisa berulang2 padahal sudah dikasih antibiotik oleh dokter gigi nya..

    Dan apakah lidah saya yg sudah kebas selama 10tahun masih bisa disembuhkan dok?

    Mohon jawabannya dok

    Terima Kasih

    BalasHapus
  75. Selamat siang dok, saya cabut geraham bawah ke38 5 hari lalu, kemudian diberi cataflam, analsik dan amoxylin. Hari kelima ini bengkak sdh mulai berkurang, tapi bekas jahitan berdenyut dan ngilu. Minum pereda nyeri sdh gak mempan lagi rasanya. Gusi saling beradu dan masih membengkak. Apakah itu infeksi? Sementara antibiotik tinggal 2 kali minum lagi tdk lepas saya minum. Tiga hari lagi saya akan lepas jahitan...mhn pen erahan ...tuhan memberkati

    BalasHapus
  76. Selamat pagi Dok.
    Saya mencabut gigi geraham bawah kiri nomor 2 dari belakang hari jumat 20/5/16. Sampe sekarang dok setelah bangun tidur bekas cabutan gigi terasa denyut-denyut dok, setelah minum obat yang diberi dokter gigi berangsur hilang tapi akan kembali denyut lagi setelah bangun tidur. Udah gitu ada putih-putih gitu pada sela bekas cabutan tersebut dok.
    Apakah saya harus kembali ke dokter gigi atau dibiarkan sampe tidak denyut lagi dok ? Terimakasih

    BalasHapus
  77. Sore dokter, sayaa mau tanya. Tgl 27 mei kemaren saya cabut gigi gerahang bagian bawah no 4. Dan sekarang bekasnya di bagian atas seperti nanah, dan baunya tidak enak, apakah saya bisa bekumur pakai betadine kumur?

    BalasHapus
  78. Dok mao tanya..skr sya usia 26 th.gigi bungsu sya sdah tumbuh tp gak sempurna..posisinya miring dok apakah harus dicabut dgn jlan operasi atw bisa dcabut di dr.gigi aja..

    BalasHapus
  79. Halo Dok, saya minggu lalu cabut gigi geraham bungsu 4 buah sekaligus (kalo ga salah ada pembedahan rahang juga karena gigi tumbuh tertutup tulang). Hari ini tadi buka jahitan namun menurut dokternya belum bisa semuanya dibuka.
    Hingga saat ini masih sering terjadi nyeri di bagian gusi dan terkadang sakit di bagian gigi (sebelah yang dicabut), apakah itu normal?

    Apakah sudah bebas makan apa saja atau masih harus dijaga makanannya?

    Thanks.

    BalasHapus
  80. Assalamualaikum Doc, saya mahu bertanya,ape yang perlu saya lakukan apabila warna crown yg doc pilih untuk saya berbeza dgn gigi asal yang lain.. act sy da crown dua gigi depan saya tp malangnya time doc pasangkan crown tu, sy prasan yg warnanya berbeza dgn gigi yg lain..gigi asal sy putih sedikit compare crown yg dipasang oleh doc ..Ia amat mengecewakan saya sebab jika saya bergambar perbezaan warna pada gigi sy nampak dengan jelas dan ia mengurangkan keyakinan diri sy utk bercakap dgn orang lain..Adakah cara lain yang dapat saya lakukan untuk memutihkan balik gg crown yang doc pasangkan tu atau doc ada saranaN afau cadangan lain utk permasalahan saya ini.

    BalasHapus
  81. Dok, seminggu yg lalu tepatnya tgl 19-07-2016 saya melakukan operasi pencabutan gigi bungsu atas - bawah sama gigi terbenam pada gigi no 4 rahang bawah, nah gusi pada gigi graham yg terbenam ini otomatis disobek pas dibawah bibir dok, seminggu ini luka tidak terjadi pendarahan, yg saya khawatirkan setelah jahitan dibuka luka masih terbuka. Apakah luka pada gusi bisa menutup kembali apa musti dijahit kembali?

    BalasHapus
  82. Salam,malam dok saya baru saja cabut gigi geraham dua sekaligus tapi masih tersisa satu akar dokternya gk sanggup karena sulit sekali dicabut jadi besok dirujuk ke rs hanya saya trauma dok kesakitan sekalipun di suntik keram tapi terasa sakitnya ampun ,dikasi obat antibiotik clindamycil dan catflam ,sakitnya sdh sampai pada bawah dagu ,telinga dan kepala besok saya harus cabut akar yg sisa tp masih ndk kuat dok ,dokter bilang harus dicabut akarnya cuman trauma sekali kembali mana masih ada 3gigi geraham kiri dan satu geraham atas harus dicabut ,dok ada cara lain kau selain cabut gigi ��������

    BalasHapus
  83. 4 hari lalu saya cabut 4 gigi bungsu (2 gigi bawah impaksi horizontal). Yang kanan sudah enakan. Tapi yang kiri, ada benjolan keras seperti kelereng di pipi, yang sakit kalau tersentuh. Kalau pake mukena atau kerudung juga sakit. Dipegang keras sekali dan sensasinya berat, seperti tulang (bukan bengkak biasa). Apa itu normal? Gimana mengatasinya.

    BalasHapus
  84. Selamat pagi dok, senang menemukan blog dokter. Saya ingin bertanya dok, 2 buan lalu saya cabut gigi kiri bawah, dan menambal gigi kiri bawah paling ujung. Tapi minggu ini tambalan tersebut retak, kemarin saat ke drg, beliau menyarankan untuk dicabut lagi saja karna katanya sudah dibawah gusi (saya kurang ngerti) dan beliau bilang gigi ujung itu akan tergantikan dengan gigi bungsu yang masih mendem agar tidak miring nantinya. Namun mengingat ada gigi yg sudah dicabut dulu, saya masih enggan untuk melakukannya. Kira2 bagaimana ya dok baiknya. Mengingat kita tidak bisa menjamin berapa lama gigi bungsu itu akan tumbuh menggantikan gigi ini. Sejujurnya saya minder jika giginya sudah ompong 2 diruas kiri bawah. Mohon maaf dok jika terlalu rumit. Terima Kasih sebelumnya

    BalasHapus
  85. Dok, saya habis cabut gigi geraham atas 2 hari yg lalu,sehari setelahnya tdk terjadi apa2 tp kok sekarang malahan pipi saya bengkak,apa itu hal yg normal? Mohon penjelasannya dok,terima kasih..

    BalasHapus
  86. Dok saya mau tanya semalam baru saja copot gigi geraham.. setelah itu kan ada gumpalan darah di lubang nya . Bsk paginya saya makan. Pas saya lihat lagi kaya ada bekas makanannya nyempil. Itu gimana bersihinnya ya dok. Apa dibiarkan saja.

    BalasHapus
  87. Slmat mlm doc. Sy cabut gigi geraham bawah no3 sebelah kiri 2 bulan lepas. Tapi sampai skrg gusi ditempat cabutan sakit. Kadang2 membengkak. Apakah pnyebabnya doc ? Tq

    BalasHapus
  88. Halo dokter saya perempuan 20 tahun , saya baru saja melakukan pencabutan gigi yg dibelakang taring minggu lalu (12 agustus) dan gigi geraham bungsu (18 agustus) dua2nya bagian atas. tapi di kedua gusi yg bekas dicabut ada tulang gusi keluar yg mengganggu. Pencabutannya memang agak sulit dan sebelumnya pada rongga pencabutan gigi di belakang gigi taring terbentuk nanah dan sakit tapi sudah sembuh karena diberi antibiotik dan saya kpnsumsi tablet vit. C. Tapi tulang gusi masih menyembul. Apakah tulang gusi akan sembuh sendiri? Lalu saya akan pasang gigi palsu apakah tidak apa2 jika kondisi gusi saya masih demikian? Terima kasih :)

    BalasHapus
  89. Dok, saya mau tanya .. 12 hari lalu saya cabut gigi graham atas setelah 5 hari pencabutan tiba2 bekuan darahnya lepas .. awalnya tidak ada rasa sakit, tapi di hari ke12 setelah pencabutan malah timbul rasa sakit sampai kepala .. apakah ini dampak dari bekuan darah yg terlalu cepat lepas dok, dan saya harus bagaimana ?

    BalasHapus
  90. Halo ibu dokter,

    Dok, hampir 2 minggu yang lalu saya cabut gigi geraham bawah di puskesmas. Proses pencabutan tergolong cepat dan tidak terlalu sakit. Sampai saat ini luka bolong bekas pencabutan tidak ada rasa sakit/infeksi.
    Tapi justru masalah nya ada pada luka bekas suntikan bius nya dok. Awalnya hanya luka titik bekas suntikan.. Lama lama terjadi putih2 seperti sariawan di sekeliling luka suntik, dan sampai saat ini putih nya meluas.. Tapi sepertinya sudah ukuran maksimal karena tidak meluas lagi. Di tengah2 nya masih terlihat jelas titik bekas suntikan. Sebenarnya apa yg terjadi pada gusi saya dok? Putih2 itu apakah infeksi atau sariawan? Tapi kenapa sampai saat ini belum hilang2. Terimakasih sebelumnya atas perhatian dan jawaban nya ibu dokter

    BalasHapus
  91. Selamat pagi dok, saya mau nanya dong.
    saya kan abis cabut gigi gusi kanan bawah 2 minggu lalu sampe lubang bekas gigi gede banget, sekarang malah ada benjolan di samping gigi yg bekas dicabut dok sampe saya enggak bisa nelen, nelen air ,makan itu sampe sakit banget dok itu kenapa yah?

    BalasHapus
  92. Dok saya sudah cabut gigi 2 minggu lalu,tp gusi sy tidak tertutup masih bolong dok tp tdk sakit,apakah akan tertutup lubang gusi saya dok,trims

    BalasHapus
  93. Siang dok, maaf dok saya mau bertanya..
    Kebetulan pacar saya dua hari yang lalu mencabut gigi geraham yg letaknya horizontal sehingga menyebabkan pusing..
    Setelah dicabut, yg dirasakan sampai saat ini adalah wajah dan bibir masih terasa tebal..
    Apakah ini wajar dan apa yg sebaiknya harus dilakukan?
    Terima kasih

    BalasHapus
  94. Malam dok, saya kemaren habis cabut gigi graham bawah kiri, sekarang gusi di tempat gigi tsb dicabut berwarna putih keabu"an, saya perokok apakah ini akibat dari asap roko ? Apakah ini berbahaya dok ?

    BalasHapus
  95. Dok saya aqiel umur 16 tahun, baru kemarin siang gigi saya di cabut, setelah di cabut saya di kasih ksrtas prosedur bahwa kapas di gigi itu boleh di buang setelah sejam, nah setelah sejam lebih akhir nya saya lepas, dan saya langsung makan bubur, akan tetapi setelah saya makam bubur, ada irisan ayam yg nyelip, karena sebelum nya gusi saya hanya berlubang tidak satu pun sesuatu yg di berlubang itu, nah sampai sekarang irisan ayam putih itu masih ada, gimana cara nanganin hal tersebut dok, terima kasih

    BalasHapus
  96. Dok, saya kemarin cabut gigi graham, tp pas proses cabut nya agak susah , dkternya smpe kecapek an krna gk bsa d cabut, tp akhirnya setelah d apain saya juga gk tau, gigi nya kecabut juga, nah pas mau pulang saya berkaca, bibir atas saya mencong kalo senyum, saya pikir krna efek bius, tp setelah 4 jam, bius nya udh abis, darah juga gk ada lgi, tp bibir atas msh ttep mencong pas lg senyum, itu aman gk ya dok, apa kira2 gra2 dcabut paksa? Bisa balik lagi gk dok, saya cemas soalnya,

    BalasHapus
  97. Selamat malam dokter.
    Seminggu yang lalu gigi geraham bawah paling belakang dicabut, karena sudah menghitam dan terdesak oleh gigi geraham bungsu yang tumbuhnya miring(belum keluar tp sdh terlihat di hasil rontgen) apakah bekas gigi yg dicabut perlu dibuatkan gigi palsu?mengingat posisi geraham bungsu yang miring ke depan? Terimakasih

    BalasHapus
  98. malam bu dr...maaf mau tanya...td siang saya habis cabut gigi molar1...stelah sampe rumah saya coba periksa dan terkejut da sperti siaa akar gigi,dan saya langsung kmbali ke drg saya.tp tdk jumpa..jumpa dg perawat aja,dan dicek (dibilang itu tulang bukan gigi)tp saya yakin itu sisa akar...apa yg harus sya lkukan dok...besok pagi rncana saya mau kembali lg ke drg saya..thankZ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rencanamu untuk kembali ke drg sudah tepat. Untuk memastikan apakah itu sisa akar atau tulang memang memerlukan pemeriksaan. Saya juga tidak bisa memastikan hanya berdasarkan penjelasanmu.

      Hapus
  99. Dok mw tanya... Setelah 3 hari pencabutan gigi geraham atas masih terasa sakit dan ngilu. Serasa ad g yg tertinggal, ada bengkak sedikit di gusi dlam gigi yg di cabut, n gigi sekitar jg terasa sakit bela beradu. Gmana solusinya dok ?? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa sakit dan ngilu hingga 3 hari setelah pencabutan, bisa disebabkan karena proses pencabutan yang bersifat traumatik yang biaa hilang sendiri dengan pemberian antibiotik dan analgetik. Bisa juga karena ada gigi atau jaringan radang yang tertinggal. Untuk memastikan, pergilah kontrol ke drg yang mencabut gigi.

      Hapus
  100. Halo dok. Saya mau tanya. Kemarin 8 april 2017 sekitar pukul 1 siang,saya melakukan pencabutan gigi graham karna adanya polip. Sang dokter agak kesusahan, namun alhamdulillah terangkat semua bersama polipnya katanya. Setelah saya pulang, satu jam-an berlangsung, tidak ada masalah apapun. Pendarahan sudah membeku dan ada rasa sakit sedikit dan lgsg saya minumkan asam metanafat itu. Namun pada pukul 10 pagi tgl 9 april 2017,entah saya terhisab atau kenapa, terjadi lagi pendarahan di lobang cabutan tsb. Saya sempat panik, saya tutup dgn kasa yg diberikan dokter kemarin. Hilang. Setelah saya makan, darah lagi. Saya tutup lg, hilang,darah lagi. Saya tutup lg dan saya ke dokter, katanya tidak apa" kalau tidak ngocor darahnya, saya bilang tdny ngocor, katanya tidak apa" jgn saya berludah jeras trs. Dan sampai rumah hilang, diberinya kapas dgn betadine. Setelah itu saya makan dan tidak ada darah lagi. Kemudian saya tidur sejenak malamnya agar bisa bangun tengah malam, saat saya bangun adaya byk gumpalan melayang dan bekas darah mengalir di bibir" saya. Skrg saya malam ini tdk busa tidur dok, saya tutup dgn tisu, mau saya tunggu hingga 1 jam dulu. Tp td tdk berhenti. Skrg sdg saya coba lagi 1 jam, mau saya lepas br saya bergegas tidur rencananya. Bagaimana ini dok. Ini berulang" dr jam 10 pagi tadi smpai malam ini. Apa saya bkal kehabisan darah dan akan terjadi hal yg menakutkan yg tdk saya inginkan? Bantu saya dok. Saya sepertinya blm ad wkt kalau periksa lg ke dokter gigi dlm wkt dekat. Semoga dokter memberi saran yg bs lgsg saya lakukan. Makasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Polip pada gigi menandakan adanya infeksi dan peradangan kronis pada gigi. Kemungkinan ada sisa jaringan radang yang tertinggal saat pencabutan. Satu-satunya jalan keluarnya adalah mengangkat jaringan radang tersebut. Hal ini hanya boleh dilakukan oleh drg. Kalau didiamkan, jaringan radang ini dapat berkembang menjafi kista. Jadi harus ke drg. Maaf saya tidak punya saran lain.

      Hapus
  101. siang dok. Salah satu gigi geraham saya dicabut sekitar 3 minggu yang lalu. Setelah 2 minggu, saya merasa gusi masih sedikit bengkak dan ada bagian putih yang keras di daerah gusi yang dicabut giginya. Menurut dokter gigi yang menangani saya itu tulang dari gusi yang belum tertutup sempurna dan kelamaan akan menutup sendiri. Apakah ini hal yang biasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya tidak melihat sendiri kondisi bekas pencabutannya, saya tidak dapat memastikan apakah ini hal biasa atau bukan. Kalau bagian putih keras pada gusi benar tulang, maka serpihan tulang ini akan sedikit mengganggu proses penutupan luka. Ini akan menjadi benda asing yang ditolak oleh tubuh dan lama kelamaan akan hilang, bisa hancur sendiri, bisa juga keluar sendiri.

      Hapus
  102. dok rabu kemarin saya cabut gigi graham, pas cabut gigi terasa sakit dan pendarahan sangat banyak, disuruh gigit kasa dan ga boleh berkumur, besoknya ada gumpalan hitam besar dan dari cabut gigi sampe sekarang darahnya blm brenti walaupun minum obat yg diresepin dokter tsb, wajar kah pendarahan banyak ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perdarahan yang berkepanjangan setelah pencabutan gigi bukanlah hal yang wajar. Segeralah ke drg untuk mendapat penanganan yang tepat.

      Hapus
  103. Dok, 3 hari yg lalu gigi saya dicabut. Awalnya pasca pencabutan merasa sakit biasa tp sekarang merasa lebih sakit dan agak bengkak. Pas saya cek sendiri sepertinya gumpalan darah hilang, apa itu bahaya dan apa yg harus saya lakuin dok ??
    Karna yg saya baca gumpalan darah itu harus dan bagus untuk pasca pencabutan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gumpalan darah merupakan awal proses penyembuhan alami. Kalau setelah 3 hari, gumpalan darah hilang bukan masalah karena masa penutupan luka sudah selesai. Bengkak dan sakit yang muncul setelah 3 hari memang perlu dicurigai. Periksakanlah ke drg

      Hapus
  104. Dokter 3 hari yang lalu saya cabut gigi belakang dan sekarang ada gumpalan putih diatas gigi yg telah d cabut dan sangat lunak tp tidak sakit apakah itu normal dok dan berapa lama biasanya gumpalan itu akan hilang terima kasih sebelumnya atas jawaban nya dokter

    BalasHapus
  105. Selamat malam dok, saya mau tanya 5 hari yang lalu saya mencabut gigi graham bawah sebelah kanan saya, 24 jam setelah itu tidak ada masalah karena saya fikir rasa sakit setelah anastesi habis adalah hal yang lumrah, namun setelah 2-3 hari di bagian gigi yang d cabut itu saya merasakan sakit yg luar biasa disertai bengkak. Dan ketika saya meraba gusi bagian dalam itu terasa seperti ada sesuatu yg keras, mungkinkah itu merp. Akar gigi yg tertinggal akibat pencabutan tidak sempurna? Dan dari dalam lubah bekas pencabutan ketika saya bersihkan itu memiliki bau yang kurang sedap dok.. apa yg harus saya lakukan? Apakah jika benar itu akar gigi yang tertinggal akan ada pencabutan ulang?

    BalasHapus
  106. Selamat pagi dok..
    Saya habis cabut gigi sabtu, 29 April 2017.. Sekarang dibekas gigi yg dicabut ada semacam gumpalan berwarna putih keabuan.. Saya mau berkumur takut dok.. Gumpalan itu normal ga dok? Kalau itu normal proses penyembuhan akan berapa hari akan ada gumpalan dibekas gigi saya itu dok?
    Terimakasih
    Alin

    BalasHapus
  107. Selamat siang dok,
    Saya hari Sabtu, 29 April 2017 cabut gigi pukul 13.30, dan setelah cabut gigi di suruh mengigit semacam kapas untuk menghentikan pendaharan. selama kurang lebih saya gigit 1jam. setelah dilepas saya minum obat dari resep, dan tidur di pukul 16.40, ketika saya bangun pukul 18.00 saya sudah mendapati gusi yang bekas gigi dicabut ada semacam gumpalan, sekarang 2 Mei 2017 gumpalan tersebut masih ada berwarna putih, bagaimana cara menghilangkannya? dan apakah itu berbahaya. kondisi gusi tidak sakit tapi ketika dipakai mengunyah makannan terasa enut-enut gatal dok. apa yang harus dilakukan ?

    BalasHapus
  108. Dok saya kemarin cabut gigi untuk d behel.. Sya harus cabut 4 gigi dan baru 2 gigi.. Setelah cabut gigi kedua.. Gigi kanan atas, pencabutan.ny agak susah.. Karna gigi saya melingkar.. Masalahnya setelah cabut.. Bibir atas sya seperti ketarik kekiri bibir bawah ke ketarik k kanan.. Jd tidak sejajar bila saya menutup mulut.. Itu knpa ya dok? Apa kena syaraf ato bgmna? Trimakasih

    BalasHapus
  109. Malam dok. Kemarin saya barengan temen cabut gigi. Saya lihat proses cabut gigi temen. Ada kaya serabut hitam jumlah sedikit disiapkan perawatnya. Itu namanya apa ya? Gunanya untuk apa?
    Terima kasih

    BalasHapus
  110. Dok, tahun lalu saya melakukan pencabutan ke2 gigi bungsu saya yg bwh. yang pertma kanan dan yg k2 kiri. yg kanan tidak ada masalah apapun hanya bentuk gusi yang menggumpal seperti bentol dan yg kiri ternyata menyisakan kepingan gigi yg tajam yg tertinggal d samping gigi geraham dpn gigi bungsu. sudah dapat perawatan untuk pencabutan pecahan gigi bungsu tsb dan pengerokan plak (kalo gak salah namanya) yg dsebabkan karena terlambat mengetahui infeksi oleh pecahan gigi yang tertinggal. tpi 3 bulan k dpn atw lebih (kira-kira) tersa kembali rasa nyeri seperti ngilu pada gigi graham depannya gigi bungsu bagian kiri (gigi bungsu sudah dcabut keduanya) saya mengobatinya dgn minum obat anti nyeri. dan 5 bulan atw lebih (kira-kira) kemudian muncul lagi nyerinya. nyerinya terasa saat mengunyah atau dtekan. awalnya saya pikir goyang ternyata bukan, giginya tetap kuat hanya saja terasa ngilu sekali. memang k2 gigi graham dpn gigi bungsu saya dlu prnh bolong parah karena wktu kecil kurng menjaga kebersihan gigi tpi sudah datasi dgn tambal sejak dlu dan jika tambalannya lepas dperbaiki lgi. apakah itu mempengaruhi dok? apakah penyebab yg saya alami sekarang dok?

    BalasHapus
  111. Dok saya mau nanya kan saya habis dri dokter gigi trus gigi yang lubang itu cma di tambal sama dokternya krna saya merasa sakit yang terus menerus saya akhirnya mencabut gigi itu di tukang cabut gigi , dan ini hari pertama setelah cabut gigi tpi saya merasa di dalam gusi itu seperti ada gigi yang masih menempel di gigi yang sampingnya jadi saya harus gimna dok?

    BalasHapus
  112. Dok, Rabu kemaren saya cabut gigi graham bawah. Yg mau saya tanyakan, lepasnya gumpalan kehitaman dan putih di atas gusi yg luka normalnya berapa hari ya dok?
    lalu dibawah gusi bekas cabutan dan gusi samping gigi yg dcabut ada luka kecil, tidak sakit tapi gusi jdi terasa menebal itu kenapa ya, apakah normal? apakah kemungkinan karena bekas suntikan bius?
    Sebelumnya terima kasih banyak dok��

    BalasHapus
  113. Dok mau tanya sayu hark yg lalu saya cabut gigi graham yg paling belakang stlh pencabutan masaih terasa sakit nyut2tan sampek skrng dan ada gumpalan hitam dk gusi bekas penvabutan gigi itw gmna ya dok

    BalasHapus
  114. Dok, 5 hari yg lalu saya habis melakukan operasi geraham bungsu di kiri bawah 1 gigi. Sampai saat ini giginya sepertinya sudah normal. Tp satu yg tidak normal yaitu bibir kiri dan dagu kiri saya masih berasa tebal, baal dan seperti kesemutan. Serta muncul seperti sariawan di bibir kiri saya. Sangat tidak nyaman dan nyeri di bibir.
    apakah bisa normal kembali dok? Kira2 brp lama?

    Terimakasih dok, semoga sehat selalu :)

    BalasHapus
  115. Dok, 2 hari yg lalu saya cabut 2 gigi geraham dan ternyata ada kista namun sudah terangkat. Setelah pencabutan ada bercak putih dibekas area pencabutan, apakah itu tidak apa2? Tapi tidak ada rasa sakit. Saya tanyakan ke drg saya, katanya itu emang jaringan dan normal. Betul begitu, dok? Berapa lama waktu normal bercak putih itu hilang ya dok?

    BalasHapus

Bersabarlah. Pertanyaanmu tidak akan muncul sekarang. Tidak perlu mengetik ulang pertanyaanmu. Kalau saya tidak sibuk, dalam beberapa jam pertanyaanmu berikut jawabannya akan muncul. Kalau saya sibuk atau cuti, mungkin perlu waktu sekitar 7 hingga 10 hari. Silakan beri tanda centang di kotak di depan "Beri tahu saya". Kalau IDmu jelas, akan ada email notifikasi saat komentarmu dan jawaban saya muncul.