Senin, 22 Desember 2014

OBAT SAKIT GIGI

Sudah lama tidak menulis di sini. Kebetulan tadi ada teman di facebook yang membagikan tautan tentang 6 obat alami atasi sakit gigi ini. Memang sekarang mudah sekali mencari informasi lewat internet. Masalahnya adalah lebih banyak informasi yang menyesatkan daripada yang berguna dan pengguna internet tampaknya lebih menyukai informasi yang menyesatkan. Tulisanku di bawah ini kupersembahkan untuk teman-temanku yang terlanjur tersesat di tautan ini.

Penyebab sakit gigi bermacam-macam. Rasa sakitpun bervariasi mulai dari linu, berdenyut-denyut hingga rasa sakit yang lebih sakit daripada sakit hati. Munculnyapun berbeda-beda. Bisa tanpa sebab atau rangsangan tertentu, bisa hanya saat malam hari, saat berbaring, saat beraktivitas, saat menggigit, saat tersentuh makanan panas atau sebaliknya, dingin. Bisa berkepanjangan atau muncul sesekali. Tidak semua sakit gigi dapat diatasi dengan obat-obat alami yang disebutkan di tautan ini.

Yang pasti, minyak cengkeh dan air garam seperti yang disebutkan di tautan ini memang dapat mengatasi rasa sakit gigi. Tapi sifatnya sementara. Seperti rasa sakit pada bagian-bagian tubuh lainnya, rasa sakit pada gigi hanyalah gejala. Artinya ada kerusakan pada gigi atau jaringan di sekitar gigi. Penggunaan obat penghilang rasa sakit kimiawi maupun alami hanya menghilangkan gejala, tidak menyembuhkan penyakit atau kerusakan penyebab rasa sakit. Jadi setelah rasa sakit hilang, pergilah ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan pada kerusakan gigi sebelum kerusakan meluas dan menimbulkan rasa sakit yaang lebih parah.

Artikel pada tautan ini merekomendasikan beberapa bahan yang disebut mengandung antibiotik alami untuk menghilangkan sakit gigi, yaitu bayam, daun jambu biji, bawang putih. Terlepas dari ada atau tidaknya kandungan antibiotika alami (lebih tepat disebut antiseptik) dalam bahan-bahan tersebut, sebagian besar sakit gigi sesungguhnya tidak memerlukan antibiotika. Antibiotika adalah bahan yang dapat membunuh bakteri. Memang kerusakan gigi (karies) disebabkan oleh bakteri. Namun bakteri penyebab karies adalah organisme normal dalam rongga mulut. Ada organisme lain yang tinggal dalam rongga mulut dan hidup dalam keseimbangan. Penggunaan antibiotika untuk mematikan bakteri akan menyebabkan terganggunya keseimbangan organisme-organisme dalam mulut. Jumlah jamur dalam rongga mulut akan meningkat dan menimbulkan penyakit lain. Demikian juga akibat penggunaan antiseptik.

Bakteri penyebab karies gigi adalah bakteri yang tidak perlu dibasmi. Secara alamiah, proses mengunyah dan menelan makanan akan menyeimbangkan kehidupan normal organisme-organisme dalam mulut. Bakteri hanya dapat merusak gigi jika ada makanan (khususnya karbohidrat) yang menempel pada gigi. Karbohidrat akan diurai oleh bakteri  menjadi golongan asam yang akan melarutkan materi pembentuk gigi. Jadi yang perlu dicegah adalah menempelnya karbohidrat pada permukaan gigi dengan cara menyikat gigi setelah makan.

Kalau bakteri sudah terlanjur merusak gigi, solusinya adalah menghentikan proses kerusakan dengan pertolongan dokter gigi. Tergantung besar kerusakannya, gigi dapat direstorasi dengan berbagai cara. Bila sudah terlalu besar kerusakannya, terpaksa gigi dicabut. Setelah itu, yang harus dilakukan adalah menjaga supaya tidak muncul kerusakan baru dengan perawatan setiap hari. Banyak masalah penyakit dalam rongga mulut yang dapat dicegah hanya dengan menyikat gigi dengan cara yang benar dan dilakukan pada saat yang tepat.

Masih tentang tulisan di tautan ini, tentang es batu. Memang es batu menyebabkan mati rasa, namun tidak semua rasa sakit gigi dapat diatasi dengan es batu. Ada rasa sakit yang justru akan muncul akibat rangsangan dingin es batu. Di bagian tengah gigi terdapat ruang pulpa yang berisi syaraf dan pembuluh darah. Lubang yang dalam pada gigi akan menyebabkan ruang pulpa tak terlindungi jaringan keras gigi. Akibatnya rangsangan panas dan dingin akan diterima langsung oleh ujung-ujung syaraf di ruang pulpa. Pemberian es batu justru akan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Tidak semua rasa sakit pada gigi kan hilang dengan es batu.

Jadi, kalau sakit gigi? Silakan mencoba obat-obat alami yang disebutkan di sini. Setelah itu, keputusan ada di tangan Anda. Mau terus tersesat di jalan yang kelihatannya mudah dilalui atau banting setir ke jalan yang logis dan mungkin menakutkan, berobat ke dokter gigi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bersabarlah. Pertanyaanmu tidak akan muncul sekarang. Tidak perlu mengetik ulang pertanyaanmu. Kalau saya tidak sibuk, dalam beberapa jam pertanyaanmu berikut jawabannya akan muncul. Kalau saya sibuk atau cuti, mungkin perlu waktu sekitar 7 hingga 10 hari. Silakan beri tanda centang di kotak di depan "Beri tahu saya". Kalau IDmu jelas, akan ada email notifikasi saat komentarmu dan jawaban saya muncul.