Kamis, 12 April 2012

Gigi sensitif

Akhir-akhir ini banyak produsen pasta gigi mengklaim pasta giginya mampu mengatasi masalah gigi sensitif. Berikut ini adalah beberapa penjelasan yang dipublikasikan oleh produsen pasta gigi kepada masyarakat :
Penjelasan-penjelasan tersebut disampaikan sedemikian rupa, seolah-oleh bersifat ilmiah. Ada fakta-fakta yang tidak bisa dipungkiri dalam penjelasan-penjelasan di atas, yaitu :
  • Penyebab utama gigi sensitif adalah terbukanya saluran-saluran kecil pada dentin gigi (= tubuli dentin) 
  • Tubuli dentin berhubungan langsung dengan syaraf gigi
  • Terbukanya tubuli dentin bisa disebabkan oleh terkikisnya sensitif, juga akibat terbukanya akar gigi dan terkikisnya email oleh asam pada makanan dn minuman
  • Kandungan pasta gigi penghilang gigi sensitif adalah hydroxyapatite, potassium citrate, zinc citrate dan fluoride
  • Hydroxyapatite merupakan mineral pembentuk gigi
Namun, ada kalimat-kalimat yang perlu disusun ulang agar tidak menimbulkan salah persepsi  :
  • Email yang terkikis memang menyebabkan gigi menjadi sensitif, tapi tidak ada hubungannya dengan penurunan gusi. Email terkikis dan penurunan gusi adalah 2 hal  berbeda yang sama-sama menyebabkan gigi sensitif. Email merupakan lapisan luar pelindung mahkota gigi, yaitu bagian gigi yang secara fisik terlihat di rongga mulut. Email tidak ada pada akar gigi, karena itu akar gigi dilindungi oleh gusi dan jaringan penyangga gigi lain. Bila gusi dan jaringan penyangga gigi lain menyusut, akar gigi akan terbuka. Akibatnya gigi menjadi sensitif. 
  • Penurunan gusi memang bisa disebabkan oleh penyakit gusi dan kebiasaan menyikat gigi yang salah, namun tidak karena erosi makanan dan minuman asam. Munculnya gigi sensitif oleh makanan dan minuman yang asam disebabkan oleh proses demineralisasi struktur gigi oleh asam (= erosi) 
Selain kalimat-kalimat yang tidak tepat, ada beberapa fakta yang tidak disebutkan :
  • Terbukanya tubuli dentin tidak hanya disebabkan oleh penurunan gusi dan terkikisnya email oleh asam dalam makanan dan minuman
  • Sebagian besar penyebab gigi sensitif pada orang Indonesia adalah karies gigi
  • Sensitif pada gigi dengan karies tidak dapat diatasi dengan pasta gigi, tapi dengan penambalan bagian gigi yang berlubang
Jadi kalau gigi Anda sensitif, pastikan dulu apa penyebabnya. Teliti sebelum membeli!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bersabarlah. Pertanyaanmu tidak akan muncul sekarang. Tidak perlu mengetik ulang pertanyaanmu. Kalau saya tidak sibuk, dalam beberapa jam pertanyaanmu berikut jawabannya akan muncul. Kalau saya sibuk atau cuti, mungkin perlu waktu sekitar 7 hingga 10 hari. Silakan beri tanda centang di kotak di depan "Beri tahu saya". Kalau IDmu jelas, akan ada email notifikasi saat komentarmu dan jawaban saya muncul.