Rabu, 10 Februari 2016

Mau coba merontokkan karang gigi dengan cara simpel banget?

Belakangan ini banyak netizen menyebarkan link "Wah Ternyata Simpel Banget Merontokkan Karang Gigi Kalau Tahu Caranya" Termasuk warungku saat ini. Tingggal klik link ini, langsung terbaca. Silakan klik dan baca, tapi jangan lupa balik lagi ke sini ya. Link ini salah satu tulisan dari kliping artikel di blog Informasi Kesehatan Indonesia Online. Ada banyak artikel di blog ini. Semuanya menarik, sebagian menghibur karena pembacanya tidak perlu ke dokter kalau sakit. 



Dalam artikel ini disebutkan tentang baking soda, garam dapur, air hangat, sikat gigi dan dental pick sebagai alat dan bahan untuk merontokkan karang gigi. Karang gigi memang harus dibersihkan dengan kekuatan mekanis, karena itu sikat gigi memang diperlukan. Begitu juga dental pick. Dengan bantuan sikat gigi, baking soda dapat menghilangkan  lapisan terluar karang gigi yang berwarna coklat atau hitam. Ini adalah pewarnaan akibat minuman atau makanan yang melekat pada karang gigi. Fungsi baking soda di sini sama seperti pasta gigi. Dental pick dapat membersihkan karang gigi halus yang berada di sela-sela gigi. Sementara garam dapur dan air hangat bersifat antiseptik. Entah apa manfaatnya bagi perontokan karang gigi.



Memang ada karang gigi yang akan rontok dengan baking soda dan lain-lain. Namun  tidak sesimpel itu. Karang gigi bukan hanya sekedar warna coklat dan hitam yang menempel. Bukan sekedar yang terlihat di sela-sela gigi. Apalagi bagi yang mempunyai karang gigi dan tidak pernah ke dokter gigi. Karang gigi yang berwarna coklat dan hitam sudah dapat dilihat sendiri dan membuat minder. Saya yakin, sebagian besar netizen yang membaca artikel itu mempunyai masalah dengan karang gigi. 

Karang gigi yang sudah menimbun selama bertahun-tahun, strukturnya seperti tembok yang berlapi-lapis. Karang gigi bisa rontok sendiri  waktu menggigit makanan keras atau saat menyikat gigi. Atau kena asam atau bahan lain yang tingkat keasamannya berbeda dgn tingkat keasaman air liur, termasuk pasta yang mengandung baking soda. Tapi yg rontok hanya lapisan karang gigi terluar. 

Bagian terkuat  karang gigi berada di bagian yang melekat langsung pada gigi. Bagian ini yang paling sulit dibersihkan, termasuk dengan  ultrasonic scaler. Ada karang gigi di sela gigi dan di balik gusi  yang tidak dapat dicapai oleh sikat gigi tapi alat ini mampu melakukannya. Dokter gigi saja harus bekerja keras menggunakan ultrasonic scaler untuk membersihkan karang gigi yang membandel ini.   Apalagi baking soda! Tidak cukup hanya dengan menggosokkannya 5 menit pada permukaan karang gigi.

Permukaan karang gigi yang sudah dibersihkan oleh baking soda tidak licin, tapi penuh pori-pori halus. Pori-pori ini akan menjadi retensi yang bagus bagi plak. Plak ini  akan menjadi benih karang gigi lagi. Hanya dalam beberapa hari karang gigi akan tumbuh lagi. Warna coklat atau hitam dari teh dan kopi akan melekat lagi pada karang gigi. Seberapa sering peralatan dan bahan simpel ini akan digunakan untuk membersihkannya? Sementara karang gigi tidak pernah tuntas dirontokkan?

Ada  masalah lain lagi. Karang gigi bukan hanya masalah kotor dan bau mulut, tapi juga kerusakan jaringan penyangga gigi yang diakibatkannya. Selama karang gigi masih tersisa, proses kerusakan jaringan penyangga gigi akan terjadi terus. Baking soda adalah bahan yang memiliki tingkat keasaman berbeda dengan rongga mulut. Jadi bersifat iritatif terhadap jaringan lunak di dalam mulut. Kalau baking soda setiap kali dipakai untuk merontokkan karang gigi, bahan ini akan mengiritasi jaringan penyangga gigi juga....


Jadi, mau coba merontokkan karang gigi dengan cara simpel banget? Tidak ada yang lebih simpel daripada ke dokter gigi, duduk manis sambil buka mulut. Biarkan dokter gigi yang bekerja keras. Dokter gigi akan membersihkannya hingga tuntas tanpa menimbulkan masalah baru. Biarkan BPJS yang menanggung biayanya, karena pembersihan karang gigi 2x setahun merupakan tanggungan BPJS.


Ada pertanyaan? Silakan baca dulu sebelum bertanya di kolom komentar.
Kalau tulisan ini belum menjawab pertanyaan Anda, masih ada beberapa tulisan lain di warung ini yang berhubungan dengan karang gigi :



Silakan dibaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bersabarlah. Pertanyaanmu tidak akan muncul sekarang. Tidak perlu mengetik ulang pertanyaanmu. Kalau saya tidak sibuk, dalam beberapa jam pertanyaanmu berikut jawabannya akan muncul. Kalau saya sibuk atau cuti, mungkin perlu waktu sekitar 7 hingga 10 hari. Silakan beri tanda centang di kotak di depan "Beri tahu saya". Kalau IDmu jelas, akan ada email notifikasi saat komentarmu dan jawaban saya muncul.